Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Sehat

Makanan sehat untuk ibu hamil muda - Makanan memang perlu diperhatikan oleh ibu hamil, terutama pada saat hamil muda, karena apabila makanan tidak diperhatikan oleh ibu hamil bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan janin dalam kandungan. Pada dasarnya makanan sehat bagi ibu hamil adalah makanan yang bernutrisi tinggi serta cukup nilai gizinya, bukan makanan yang enak atau bahkan makanan instan siap saji.

Sebenarnya ada banyak sekali makanan sehat yang baik untuk ibu hamil muda, namun kali ini saya hanya akan menuliskan beberapa makanan sehat ibu hamil yang saya anggap paling pokok.
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda
ilustrasi makanan sehat

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda


Makanan berikut ini adalah makan sehat yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil demi kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan.

1. Makanan bersareal sehat untuk ibu hamil


Makanan bersareal merupakan salah satu makanan sehat yang sangat baik untuk ibu hamil. Mengapa demikian ?? Karena makanan bersareal bisa menghilangkan rasa mual saat hamil muda dan mampu menambah nafsu makan ibu hamil. Selain itu makanan bersareal juga kaya akan karbohidrat, mineral, vitamin B serta kalsium yang kesemuanya sangat dibutuhkan oleh janin.

2. Daging tanpa lemak baik dikonsumsi ibu hamil


Mengkonsumsi daging tanpa lemak juga baik untuk kesehatan ibu hamil, karena makanan ini banyak mengandung protein. Pastikan daging yang akan anda konsumsi adalah daging segar yang telah dipisahkan dari lemaknya. Dan jangan memasak daging dengan cara dipanaskan dengan uap.
Anda juga bisa mengkonsumsi ikan salmon karena berprotein tinggi serta mengandung omega -3 yang sangat baik untuk janin. Akan tetapi jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya demi menghindari merkuri pada janin.

3. Jaga kesehatan ibu hamil dengan minum susu


Kandungan dalam susu sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang janin, membantu proses pembentukan otot, memperbaiki jaringan sel yang rusak serta melancarkan transportasi oksigen pada janin. Oleh karena itu susu sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Susu kedelei juga baik dikonsumsi ibu hamil karena banyak mengandung vitamin D yang sangat diperlukan oleh ibu hamil.

4. Agar sehat ibu hamil perlu konsumsi kacang - kacangan


Konsumsi kacang - kacangan sangat baik untuk ibu hamil karena zat yang terkandung pada kacang - kacangan membantu pembentukan sistem syaraf si janin. Selain itu, kacang - kacangan itu mengandung vitamin B yang sangat cocok untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

5. Ubi jalar sehat bagi ibu hamil


Warna orange pada ubi jalar terdiri dari karotenoid, pigmentanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh manusia. Ubi jalar juga banyak mengandung serat, folat dan vitamin C. Meskipun ubi jalar ini kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, namun konsumsi ubi jalar untuk ibu hamil muda tetap harus dibatasi karena vitamin A yang berlebih juga kurang baik untuk ibu hamil.

6. Konsumsi telur untuk menjaga kesehatan ibu hamil


Konsumsi telur juga sangat baik untuk ibu hamil, karena kandungan gizinya sangat tinggi. Ada seorang ahli gizi yang mengatakan bahwa telur adalah makanan yang menakjubkan karena manfaat dari sebutir telur sangat banyak hanya dengan 90 kalori. Telur mengandung lebih dari 12 vitamin, kaya mineral serta berprotein tinggi, sehingga sangat baik bagi ibu hamil.
Telur juga mengandung kolin yang berguna untuk menjaga kesehatan otak, mempercepat pertumbuhan bayi dan mencegah terjadinya cacat tabung syaraf. Selain itu, telur juga mengandung omega -3 yang berfungsi untuk pengembangan penglihatan dan perkembangan otak.

7. Tingkatkan kesehatan ibu hamil muda dengan buah - buahan


Buah segar juga sangat diperlukan oleh ibu hamil muda. Buah yang mengandung vitamin C sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh janin serta mampu mencegah infeksi pada janin.

8. Jangan abaikan minum air putih agar ibu hamil sehat


Ibu hamil muda sangat disarankan untuk banyak minum air putih dengan campuran sari buah segar untuk mengurangi rasa mules saat hamil muda. Konsumsi vitamin juga diperlukan oleh ibu hamil, namun konsultasikan dulu kepada dokter untuk mengetahui vitamin apa yang saat ini diperlukan oleh tubuh anda di masa kehamilan.

9. Biji - bijian merupakan makanan sehat untuk ibu hamil


Gandum merupakan biji - bijian yang sangat bagus untuk ibu hamil. Gandum mengandung banyak nutrisi, kaya serat serta mengandung vitamin E, selenium, dan fitonutrien . Makanan ini mampu melindungi sel - sel Anda.

10. Ibu hamil perlu sayur agar tetap sehat


Konsumsi sayuran juga merupakan makanan sehat bagi ibu hamil, terutama sayuran yang banyak mengandung zat besi seperti bayam dan sawi, karena sayuran ini bisa meningkatkan hemoglobin serta mencegah anemia. Sayuran juga banyak mengandung vitamin A, C, K dan folat  yang semuanya sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh.

Itulah makanan sehat untuk ibu hamil muda yang bisa saya cuplik pada kesempatan kali ini. Selain makan makanan sehat, sebaiknya ibu hamil juga menghindari pantangan untuk ibu hamil agar tidak keguguran. Semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top