Bercak Darah Tanda Kehamilan Berapa Lama dan Berapa Banyak ?

Bercak darah tanda kehamilan - Bercak darah yang keluar dari jalan lahir bisa jadi merupakan sebuah tanda kehamilan. Namun demikian, masih banyak wanita yang belum tahu tentang hal itu, dan menganggapnya sebagai menstruasi. Selain itu munculnya bercak darah juga bisa menjadi pertanda masalah kehamilan, bahkan sebagai tanda keguguran. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan kami sajikan informasi tentang bercak darah yang muncul saat hamil muda yang, berapa banyak, berapa lama, penyebabnya apa dan juga informasi mengenai ciri bercak darah yang berbahaya bagi ibu hamil.

Bercak Darah Tanda Kehamilan Berapa Lama ?


Keluarnya bercak darah yang sering diistilahkan dengan pendarahan implantasi atau implantation bleeding merupakan salah satu dari beberapa tanda kehamilan yang banyak dialami oleh ibu hamil. Bercak darah ini biasanya muncul 6 sampai 12 hari setelah terjadinya ovulasi atau pembuahan. Pada umumnya, bercak darah tersebut keluar selama satu sampai tiga hari saja. Hampir 1/3 dari wanita hamil mengalami pendarahan implantasi pada awal kehamilannya.

Pendarahan ini terjadi karena sel telur yang telah dibuahi akan berjalan menuju ke dalam rahim dan disitu sebagian implan menempel di lapisan rahim. Pada saat itulah tofroblas ( jaringan yang terbentuk disekitar sel telur ) dapat merusak pembuluh darah di dalam rahim sehingga dinding rahim mengalami pendarahan kecil yang akhirnya dikeluarkan melalui jalan lahir. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari lebih lanjut mengenai pendarahan implantasi yang merupakan tanda awal kehamilan.


Bercak Darah Tanda Kehamilan Berapa Lama dan Berapa Banyak ?

Kenali Bercak Darah Tanda Kehamilan ( Implantation Bleeding )


Untuk menentukan apakah bercak darah yang keluar termasuk implantation bleeding atau bukan, Anda bisa melakukan beberapa langkah sebagai berikut :

1. Perkirakan Kapan Pendarahan Terjadi


Implantation bleeding yang merupakan tanda kehamilan biasanya terjadi 6 sampai 12 hari setelah bercinta sampai dengan mendekati masa menstruasi. Pendarahan implantasi terkadang membuat bingung ibu hamil mengenai usia kandungannya, karena merasa siklus haidnya menjadi tidak normal. Pendarahan implantasi terkadang membuat ragu ibu  hamil, karena masih dikira sebagai darah haid. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa langsung memeriksakan usia kehamilan ke dokter terdekat, karena dokter biasanya memiliki cara khusus untuk menentukan usia kehamilan.

2. Periksa Warna Darah


Untuk bisa menyimpulkan darah yang keluar dari jalan lahir adalah darah Implantation bleeding  atau darah haid, Anda bisa memeriksa warna darah. Warna darah Implantation bleeding  biasanya adalah merah muda atau kecoklatan, sedangkan darah haid berwarna merah kehitaman. Akan tetapi perbedaan warna tersebut bukan untuk menyimpulkan sebuah kepastian, karena ada darah Implantation bleeding  yang justru lebih gelap dari pada darah haid. Hal ini terjadi karena, darah akibat Implantation bleeding  itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengalir dari dinding rahim ke jalan lahir.

3. Rasa Sakit Saat Muncul Bercak Darah


Pada awal menstruasi umumnya wanita mengalami kram yang cukup menyakitkan, berbeda dengan pendarahan implantasi. Bercak darah yang keluar akibat implantasi juga diiringi kram perut, namun terasa lebih ringan jika dbandingkan dengan kram perut di awal masa haid. Rasa sakit yang dirasakan pada saat mengalami Implantation bleeding itu disebabkan karena implan telur dan rahim berubah untuk mengakomodasi embrio.

Dengan pemahaman yang Anda peroleh dari tiga poin diatas, Anda akan bisa menyimpulkan apakah pendarahan yang sedang dialami itu karena haid atau karena menjalani masa kehamilan. Untuk lebih jelas mengenai ciri kehamilan, silakan
(baca : Ciri Orang Hamil 1 Minggu Pertama)

Bercak Darah Tanda Kehamilan Berapa Banyak ?


Banyak wanita yang bertanya mengenai, berapa banyak kah bercak darah yang dikeluarkan saat menjalani hamil muda ? Perlu diketahui bahwa, darah yang dikeluarkan oleh wanita pada saat mengalami pendarahan implantasi pada umumnya hanyalah sedikit atau hanya berupa flek darah. Pendarahan tersebut pada umumnya, hanya terjadi dalam waktu yang singkat, yaitu antara satu sampai tiga hari. Hal ini sangat jauh berbeda dengan keluarnya darah haid yang cenderung lebih lama dan lebih banyak.

Bagaimana jika bercak darah itu keluar dalam waktu lebih dari 3 hari ? Jika keluarnya bercak darah  lebih dari 3 hari, maka saya sarankan Anda untuk cepat periksa ke dokter untuk memastikan apa yang sedang terjadi pada diri Anda.

Penyebab Bercak Darah Tanda Kehamilan


Hamil muda yang diawali dengan pendarahan membuat sebagian ibu hamil merasa khawatir. Kekhawatiran tersebut muncul sebab ketidak tahuaanya mengenai pendarahan implantasi atau  Implantation bleeding. Selain itu, ada juga pendarahan yang dialami oleh ibu hamil karena sebab - sebab yang lain. Oleh karena itu perlu kiranya Anda ketahui tentang bercak darah tanda awal kehamilan tersebut serta apa saja penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya bercak darah saat hamil muda trimester pertama :

A. Rahim Membesar

Ketika wanita menjalani masa kehamilan, maka secara otomatis rahim akan semakin membesar sesuai dengan perkembangan janin. Rahim yang kian membesar itulah yang terkadang menjadi penyebab keluarnya bercak darah.

B. Kantung Kehamilan

Kantung kehamilan juga bisa menjadi sebab munculnya bercak darah pada ibu hamil. Kantung kehamilan itulah yang membuat rahim membesar dan semakin terdesak.

C. Implantation bleeding 

Pendarahan implantasi atau Implantation bleeding  juga menjadi salah satu sebab keluarnya bercak darah di awal masa kehamilan. Hal ini disebabkan karena embrio melekat pada dinding rahim yang membentuk sebuah jaringan disekitar sel telur sehingga mengakibatkan sebagian pembuluh darah pada rahim menjadi rusak. Hal itulah yang membuat pendarahan terjadi.

D. Perubahan Hormon

Peningkatan hormon pada wanita hamil cukup signifikan. Hal inilah yang bisa menyebabkan perubahan mood pada ibu hamil dan terkadang menyebabkan keluarnya flek atau bercak darah.

Kenali Bercak Darah Tanda Kehamilan Bermasalah


Bercak darah yang ciri dan penyebabnya tertulis diatas adalah bercak darah yang tidak berbahaya dan umum dialami wanita saat menjalani masa kehamilan. Selain pendarahan diatas terkadang ibu hamil juga mengalami pendarahan lain sebagai tanda terjadinya masalah kehamilan. Bercak darah itu terkadang menjadi suatu tanda yang membahayakan janin, bahkan menjadi tanda akan terjadinya keguguran. Adapun bercak darah tersebut adalah sebagai berikut :

1. BO ( Hamil kosong )

Bercak darah yang muncul lebih dari satu minggu perlu diwaspadai, karena bercak darah tersebut bisa jadi sebagai tanda kehamilan kosong atau BO. Bercak darah ini mirip dengan pendarahan implantasi, hanya saja berlangsung lebih lama.

2. Kehamilan ektopik (Hamil diluar kandungan)

Kehamilan ini biasanya terjadi dengan rasa nyeri yang tak tertahankan serta dibarengi dengan keluarnya bercak darah yang tak kunjung henti. Jika ibu hamil mengalami ciri tersebut, hendaknya segera ke dokter untuk segera mendapatkan perawatan yang benar.

3. Hamil anggur

Kehamilan ini juga ditandai dengan keluarnya bercak darah dari jalan lahir. Keluarnya bercak darah ini bukan bukan karena plasenta yang menempel pada rahim, tapi karena plasenta tidak terbentuk dengan normal.
baca :  ciri hamil anggur dan penyebabnya
 4. Luka leher rahim

Pendarahan yang keluar saat hamil terkadang diakibatkan karena luka pada leher rahim.  Luka ini bisa terjadi karena beberapa sebab, termasuk karena habis bercinta saat hamil dengan posisi yang salah.

5. Infeksi Rahim

Infeksi rahim bisa dikategorikan menjadi 3 macam, yaitu ringan, sedang dan parah / berat. Tanda dari masing - masing tingkatan berbeda - beda. Ada yang mengalami infeksi rahim dengan tanda nyeri panggul, sulit hamil dan lain - lain. Wanita hamil terkadang mengeluarkan bercak darah dari jalan lahir sebagai efek dari infeksi rahim. Oleh sebab itu, penting kiranya bagi wanita untuk selalu menjaga organ genitalnya agar rahim tidak terinfeksi oleh virus, parasit maupun bakteri.

6. Miom

Miom merupakan suatu keadaan dimana ada pertumbuhan disekitar uterus (rahim) yang tidak bersifat ganas seperti kanker. Miom ini disebabkan oleh sel otot rahim yang tumbuh secara tidak normal. Hampir 75 % wanita mengalami miom tapi tidak merasa karena tidak muncul gejala. Pada saat menjalani masa kehamilan miom membuat rahim mengeluarkan bercak darah yang dikarenakan terdesaknya miom oleh kantung kehamilan. Bercak darah yang muncul karena miom perlu Anda waspadai karena bisa memicu terjadinya keguguran.

7. Kelainan plasenta

Kelainan plasenta juga bisa mengakibatkan munculnya bercak darah. Kelainan tersebut ada beberapa macam, antara lain :

a. Plasenta Previa
Kelainan jenis ini terjadi karena plasenta terletak di rahim bagian bawah sehingga leher rahim menjadi tertutup.

b. Abrupsio plasenta
Abrupsio plasenta adalah suatu keadaan dimana plasenta terlepas dari dinding rahim. Dalam kasus ini, pendarahan yang dialami oleh ibu hamil disertai dengan kram perut yang sangat sakit.  

c. Partus permatur
Partus permatur adalah kelainan plasenta yang timbul akibat pelebaran serviks.

Ciri Bercak Darah yang Berbahaya

  • Keluar bercak darah yang dibarengi dengan kram perut yang sangat sakit
  • Bercak darah dengan rasa mules saat hamil muda
  • Bercak darah keluar saat hamil muda dengan rasa pegal
  • Terjadi pendarahan dengan volume yang banyak seperti haid
Itulah info seputar Bercak Darah Tanda Kehamilan dan bercak darah yang berbahaya. Jangan lupa sebarkan artikel ini kepada orang lain agar mereka bisa mengambil manfaat dari artikel ini.

98 komentar

Jika bercak darahnya sangat sedikit. Mungkin hanya satu garis dan itu tipis dan pendek. Warnanya dominan putih apakah itu tanda hamil?

Jika warna darahnya dominan putih dan itu sangat sedikit dan tipis apakah tanda kehamilan?

bercak darah yang keluar dari jalan lahir itu banyak penyebabnya mbak seperti yang telah kami jelaskan pada artikel di atas..
Untuk memastikan apakah keluarnya bercak darah yang Anda alami itu tanda hamil atau bukan silakan uji dengan testpack, dan jika keluarnya bercak darah itu dibarengi dengan sakit perut yang tak kunjung henti langsung aja konsultasikan ke dokter

Bagaimana ya,saya dah berhenti mbik ubat suntik perancang punya,selepas itu saya xda datang haid selama 2bulan,selepas tu,bulan yang seterusnya,dalam pertengahan bulan macam tu,ada darah keluar bercampur dengan kram perut,seperti datang bulan,tapi saya xpasti saya hamil or x. Darah yang keluar pn xjga bnyak mcam period pnya,darah nya berwarna merah2 muda dan seperti ada coklat2 sedikit.so saya nak minta pendapat tentang saya ni....harap dok dpat jwab ya..

bunda hatter yang budiman..
untuk memastikan apakah bercak darah tersebut sebgai tanda kehamilan atau bukan sebaiknya Anda lihat apakah ada tanda tanda kehamilan yang lain seperti mual disertai muntah, mudah capek ==> Selengkapnya silakan baca pada artikel kami dengan judul "tanda hamil 1 minggu"
Jika tanda tanda hamil tersebut Anda jumpai pada diri Anda silakan uji kehamilan dengan testpack agar lebih yakin..
Namun jika Anda mencurigai adanya sesuatu yang tidak beres, kami sarankan untuk langsung periksa ke dokter terdekat

Mau tanya, klu keluar darah lumyan bnyak trus lebih dari 1 hari, itu bagaimana y, tp saya udah pergi k dokter, kata dokter tidak apa" tp saya masih merasa takut, dan cara istirahat yang baik bagaimana tolong penjelasan nya

Bunda Zeti sebaiknya tidak perlu takut karena hasil pemeriksaan dokter insy@ akurat kok bun...
Mengenai cara istirahat yang baik itu bebas bun, yang penting nyaman, dan pastikan bunda tidak membebani fikiran terlalu berat karena bisa membuat istirahat menjadi kacau,,
Saran kami ==> jika dalam beberapa hari keluhan Anda masih belum juga hilang, periksakan lagi ke dokter spesialis kandungan..

Bunda, kalau stlah masa subur berhubungan apa itu lgsung hamil ? Terus ciri2 perut org hamil gimana ya ? Trma kasih

Jika dilakukan setelah masa subur kemungkinan hamil kecil mbak, yang potensi kehamilannya tinggi jika dilakukan saat masa subur...
Adapun ciri perut hamil bisa Anda baca pada artikel yang kami tulis dengan judul "bentuk perut ibu hamil 1 minggu"

assalamualaikum saya mau nanya...darah sy sih kluar sebelum wktunya mens, dan darah nya kluar wrna merah muda dan cuman bentar aja..esok hari nya drh nggak kluar..apa kah itu gejala hamil?

waalaikumsalam..
keluarnya bercak darah itu tidak semata - mata karena hamil mbak, sebaiknya mbak perhatikan apakah ada gejala kehamilan yang lain seperti mual, muntah, pusing dll,,

Apa mungkin saat sudah 4 bln tidak melakukan hubungan pasutri bisa hamil??

Kemungkinan hamil sangat keciil banget mbak, karena kehamilan umumnya diawali dengan bercinta...

Assalamualaikum...mbak saya mau tanya ttg abortus imminens..saya keluar flek pada masa kehamilan 5 minggu..melalui usg obgyn nya bilang baru ada kantung janin,dan di diagnosa abortus imminens...pertanyaan saya,kira2 ada kemungkinan gak dokternya salah diagnosa?flek saya itu keluar saat saya melakukan aktivitas berat saja...sampai skrg(kurleb 10 hari) kadang keluarnya tdk setiap hari,n tidak banyak

waalaikumsalam bunda lady..
abortus imminens itu adalah pendarahan yang keluar dari rahim sebelum usia kehamilan 20 minggu,, biasanya dokter memberikan obat - obatan penguat rahim serta menyarankan untuk istirahat total untuk menjaga fetus tetap bertahan dalam rahim dan bayi lahir dengan selamat saat sudah tiba waktunya...
Entah benar atau tidak diagnosa dokter, saya sarankan bunda untuk banyak istirahat dan tidak melakukan aktivitas berat, bila perlu badres (istirahat total)..

Bulan lepas sy dtg priod.tak tahu la priod ke bercak.wrna koko 3hari je.sikit sgt.lpas 2hari lepas pun dtg jugk wrna koko 3hari je pun sikit2 tu tandanye apa ye?

maaf banget mbak,,
kami gagal faham dengan pertanyaan yang Anda ajukan..
Sekali lagi maaf

Assalamualaikum..
Bun mau tanya, kalo sya datang bulan gak tentu, dan sekarang sangat beda hari pertama dan kdua sangat sedikit dan berwarna coklat datang nya juga gk tntu, pagi2 ada ntar siang udh gk pndrhn lagi, dan sekarang hari ke 3 warna nya beda jadi ada merah merah ama coklat, dn aga bnyk dikit dri pda hri prtama ama kdua, dan keluar ny juga gak tentu, napsu makan saya jadi bertambah, kadang pgn banget makan yg asem2 dan gampang kesinggung, apa itu ciri2 nya saya sedang hamil ??
Makasih :-)

waalaikumsalam,
Memang itu mirip sekali dengan gejala kehamilan bun..
Coba aja bunda cek pake testpack untuk memastikan cz awal kehamilan biasanya mual2,,

Tpi saya baca d atas terjadinya implantasi 1sampai 2 hari,skarang saya udah hari ke 4masih aja bun. Dan masih ttep sedikit dan jarang2 juga dateng nya..

Assalamualaikum
Saya udah TP positif hamil, ini kehamilan ke-2 saya. Saya tidak ada riwayat keguguran. Kehamilan pertama lancar. Saya periksakan ke dokter baru terlihat kantong kehamilan usia baru sekitar 6w. Sudah 3 hari ini saya keluar flek dan pendarahan. Tp saya tidak merasakan nyeri/sakit perut sama sekali. Hari ke-1 sedikit sekali keluar pagi dan sore warna coklat muda. Hari ke-2 cuma flek coklat tua itupun kadang keluar kadang gak. Dihari ke-3 agak banyak fleknya wrna coklat tua kemerahan. Agak banyak mirip seperti darah haid. Saya sudah minum vitamin dan penguat rahim dari dokter. Apakah ini normal di usia hamil muda? Atau berbahaya?

terkadang bercak darah muncul karena faktor lain bun, apalagi kalau keluarnya dalam waktu lama..
Sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter aja biar lebih jelas apa penyebabnya

waalaikumsalam..
bisa berbahaya bisa tidak, tinggal apa penyebabnya,,
Adapun penyebab dari kasus yang Anda alami bisa diketahui setelah bunda menjalani pemerikasaan ke dokter, tidak bisa hanya dengan dikira2..
Kami sarankan Anda lakukan pemeriksaan lagi ke dokter spesialis kandungan..

Saya biasa dtg bulan tgl 13.
Stlah trlmbt bbrapa hr d tgl 22 saya flek sdikit.. sampai thl 29 saya mngalami flek d tgl 24 bukn flek lg tapi smpai ganti pembalut sampai 2x.. wrna darah dr merah pekat.. agak pink... merah k.coklatan smpai yg hr ini coklat pekat.. sudah testpek hsil ny positif.. apakh ini normal..????

terkadang memang seperti itu mbak,, namun jika keluarnya darah berkelanjutan atau dibarengi kram perut berlebih saya sarankan untuk periksa ke dokter

Assalamu'alaikum dok, mohon maaf saya mau tanya, barusan istri saya mengalami pendarahan padahal masa haidnya sudah berakhir 10 hari yg lalu. apakah istri saya hamil dok ?

Waalaikumsalam..
coba aja dicek pake testpack mas

punteun Mau tanya,, saya keluar darah lagi pas masa subur hari ke 14. sampai sekarang sudah 6 harian.
dan Warna darahnyapun segar cerah dan tidak berbau seperti darah haid....
Kenapa ya......??
makasih.

Aslm. Dokter usia kehamilah saya sudah masuk 15 minggu. Dan seminggu terakhir ini keluar flek berwarna coklat tapi sedikit, dan tidak terasa sakit dibagian perut. Periksa ke bidan, perkembangan janin bagus. Lalu flek yg keluar itu apakah tidak apa2?

Penyebab keluarnya bercak darah itu banyak mbak,,
Jika dibarengi dengan keluhan lain sebaiknya diperiksakan ke dokter aja biar segera tahu penyebab pastinya..

Kalau pemerikasaan bidan hasilnya aman kemungkinan besar aman mbak,,
memang flek itu terkadang keluar saat hamil tanpa kenal waktu..
Tapi kalau Anda masih ragu alangkah baiknya diperiksakan ke dokter..

Memang yang Anda tanyakan itu mirip sekali dengan tanda kehamilan mas / mbak, tapi bercak darah tanda hamil itu biasanya muncul sebelum masa haid. Berhubung bercak darah yang Anda tanyakan itu keluarnya bersamaan dengan masa haid maka ada dua kemungkinan :
1. Mungkin cuma Haid ==> warna darahnya merah kehitaman
2. Mungkin hamil ==> warna darah merah muda / kecoklatan
Untuk memastikan silakan ditest atau periksa ke dokter

Dok ,, saya mau tanya ...saya sudh menikah selma 5 buln tpi belum ad tnda2 kehamilan menstruasi lancar bwrn merah ...tetapi d hri ini mens saya bwarna coklat apakah ini darah tanda hamil apa mens ...

kalau bercak darah nya keluar saat masa haid kemungkinan hamil kecil mbak,,
Coba aja lihat ada tanda kehamilan yang lain atau tidak

ass dok.. saya terakhir dtng bln tgl 26 september..tgl 30 oktober saya testpack hslny positif,, bbrp hr kmudian smp pagi td wlupun tdk setiap hr tanpa dsertai rsa sakit keluar sdkt flek kecoklatn n kdng dsertai sprti brkerak yg kdng klo saya maaf malas ganti pakaian dlm saya noda flek kdng hilang..pdhl kmrn saya dkasih etabion sma bu bidan n di sarankn usg.. tp saya ga' usg n positive thinking mudahn ga 'papa,,.. apakh itu normal dok..mohon pncerahnny krn kdng hati saya cemas,, mksh dok.. oiya ini kehamilan saya yg kedua..

bercak darah yang keluar saat hamil itu disebabkan oleh banyak faktor mbak, jadi banyak kemungkinannya,,
saya juga berharap kehamilan Anda normal sebab umumnya bercak darah yang berbahaya itu disertai dengan kram perut hebat dan atau terjadinya terus - terusan..
Akan tetapi jika Anda mengikuti saran bidan, saya rasa akan lebih baik karena beliau telah memeriksa Anda secara langsung

awalnya sya pake KB ,trus uda bbrpa hari ini sya gk KB lagi.
pagi tadi keluar bercak" darah apakah itu tanda"hamil?

coba lihat ada tanda kehamilan lainnya atau tidak,,

Mba mau nanya skr kakehamilanku memasuki 15 minggu kmrn saya CHEK up trs di usg katanya hasilnya janinya kecil trs gk bergerak apa janin saya ada masalah ya mba..soalnya saya sendiri TDK merasakan apa2 sprti kram,,TRS flek itu gk ada tolong donk apa ini bahaya dgn janinku mba....trmksh

Usia kehamilan 15 minggu umumnya janin memang sudah bergerak mbak, tapi kalau ada masalah pada kehamilan biasanya ada tanda2nya...
Coba aja mbak cek lagi ke dokter kandungan, semoga hasilnya baik2 saja

Malam dok . Saya mau tanya , kemarin saya baru selesai mens , trus setelah beberapa hari selesai . Tiba" keluah bercak coklat kehitaman . Ini sudah hari ke 3 dok . Apa itu hamil dok ?

Silakan perhatikan apa ada tanda kehamilan yang lain atau tidak,,

doc mhu tanya,tggal 13/10 sya pergi klinik chek up sebab perut saya sangat sakit dan docter bilang saya hamil,terus docter scan tpi belum kelihatan,habis tu docter suruh datang 2 mggu lgi,saya pun gak tahu usia kehamilan saya berapa.dari saya chek smpai sekarang darahnya masih keluar doc,walaupun sedikit2?kadang2 juga perut saya sakit banget,gimana menurut docter??

Jika terus ada keluhan sebaiknya mbak periksa lagi ke dokter kandungan

Dok istri sya haid tgl 13/10 nah kmren tgl 15/11 dia haid lagi tapi bercak warna coklat selama 2 hari ..tespek tapi negatif itu gmna dok..

Dok istri sya tgl 13/10 haid normal selanjutnya tgl 15/11 haid lagi hanya bercak coklat selama 2 hari ..tespek pun hasilnya negatif ..itu gmna dok

kalau testpack menunjukkan negatif kemungkinan hamil kecil, mungkin bercak darah yang keluar disebabkan oleh faktor lain..

mom.. darah tanda kehamilan bisa datang setelah 2 minggu gak.. trus klw darah kehamilan bedanya gimana ya??

Dok mau tnya,saya sudah 4 hari selsai mens,lalu saya brhbngan dgn suami.stlah brhbngan esoknya ada bercak darah kluar dok.dan itu brlgsug selama 2 hari,,dan 4 hari kmdian kami brhbngan lagi dok.dan kyk kmren juga esoknya ada bercak darah kluar lagi dok.itu hamil apa tdk dok??mohon pencerahannya dok

Dok,saya mau nanya.seminggu yg lalu saya mengeluarkan flek berwarna coklat selama 3 hari dan tadi malam saya periksakan k dokter kandungan trus alhamdulillah setelah d usg janin nya kelihatan walaupun kecil.tapi yg saya heran kan kq flek nya keluar lagi ya tapi hanya sedikit.mohon penjelasan nya dok?

Aslm,dok sy mau tanya bln oktbr tgl 16 sy menstruasi,trus bln nov tgl14 sy mens tp darah mens sy cma sedikit slma 2hr stlh sy tes hasilnya negatif apakah sy blm hamil ya dok,terima kasih untk penjelasanya dok?dr ibu riami

bisa jadi mbak,
ciri darah kehamilan sudah kami tulis pada artikel di atas

coba lihat ada tanda kehamilan lainnya atau tidak..

kalau hanya sedikit dan tidak dibarengi keluhan apa2 gak masalah mbak..

coba lihat ada tanda kehamilan lainnya atau tidak karena flek darah itu tidak selamanya sebagai tanda kehamilan,,

Iya dok tidak d barengi rasa sakit.tiba2 flek nya udah kluar aja.tapi saya tadi malam periksa ke bidan nya kata nya rahim saya lemah 😢

Ass.
Mba dalam kehamilan 6 minggu mengalami satu kali pendarahan
Seperti flek apa itu berbahaya

Assalamualaikum dok,saya mau tanya,kalo flek bercampur cairan bening itu penyebabnya apa & bahaya tidak.

Mau bertanya dok, Sehari setelah berhubungan, istri saya ketika buang air kecil keluar darah, tetapi tidak banyak, dan juga tidak mengalami nyeri apapun cuman pearasaan lelah dan lemas saja.saat ini kandungannya telah memasuki minggu ke 13,apakah keluarnya darah itu dapat menimbulkan dampak yang negatif pada janin dan mohon saran dari dokter apa yang seharusnya kami lakukan agar kandungan istri saya tetap aman..terimakasih

selama tidak ada keluhan lain tidak bahaya, untuk memastikan sebaiknya periksakan ke dokter terdekat..

kalau terjadi pendarahan hebat dan disertai kram perut sebaiknya periksakan ke dokter untuk menghindari hal yang tak diinginkan

penyebabnya macam - macam mbak,, untuk mengetahui penyebab pasti harus lewat pemeriksaan..

Dokter , saya mau tanya , saya sudah telat haid 1 bulan dan setelah itu saya keluar bercak darah seperti haid tapi cuma sedikit dan cuma 2 hari aja dok , padahal dari dulu haid saya selalu lancar dan rutin tiap bulan , tapi pas saya cek testpack kok hasilnya negatif ya dok , itu kenapa ya dok? Masih normal atau ada masalah sama haid saya dok? Tolong beri jawaban ya dok . Makasih

kalau tidak disertai keluhan lain kemungkinan hanya karena kecapekan, banyak fikiran atau karena faktor lain yang tak berbahaya.. Namun jika dibarengi keluhan lain sebaiknya diperiksakan ke dokter saja

dok,saya mau tanya
tgl 2/12/2016 ini saya sedang haid , namun hingga 5 hari ini haid saya hanya berwarna coklat kehitaman yg tidak disertai rasa sakit atau kram perut apapun, apakah keadaan ini baik2 saja ? krn baru kali pertama saya mengalami haid yg seperti ini.
mohon shareing nya dok , terimakasih

kalau gak disertai keluhan apapun kemungkinan besar aman mbak,,

Assalamualaikum
Gini mbak, saya mengalami bercak darah kurang lebih 10 hari, dan dhari ke 10 saya mengalami bercak yg ckup banyak smpai mengotori celana tidur saya. Apakah itu tanda hamil saya baik baik saja atau saya mengalami keguguran? Mohon di jawab ya.
Terimakasih

Sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter mbak cz terjadinya sudah cukup lama..

Assalamualaikum..
Saya mau bertanya.
Saya sudah menikah 2 bulan yg lalu bulan 10 tgl 22... bulan 11 haid saya lancar ... bulan ini jadwal haid saya tgl 15.. tpi dari tgl 13 pagi keluar darah sedikit itupun di pagi hari saja malam tidak. Tgl 14 ini pun pgi juga sedikit.. saya pusing..mmerasa letih seperti mau pingsan tpi saya sudah tidak bekerja apapun sudah resign.. apa saya hamil ?, dan jika test itu menunggu sampai benar" sudah tidak kluar darah lagi apa saat ini pun bisa

silakan test sekarang aja mbak,,

Assalamualaikum dok
Dok sya sudah telat 5 hari dan selama telat itu sya merasa mual pusing dan tidak nafsu makan tapi hari ini ada bercak darah sedikit apa mungkin saya hamil tetapi saya tespek hasil nya negatif

waalaikumsalam,,
kalau dilihat dari tandanya kemungkinan hamil mbak, tapi bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti fikiran stress, terlalu capek dll..

Pagi dokter, masa kehamilan saya 3 bulan kurang. Tadi pagi saat mau mandi siap2 kekantor tiba2 kelauar darah agak kecoklatan sepertinya flek cuma sedikit. Saya khawatir ada apa2 dengan janin saya. Diperut serasa keram. Apakah ini normal dokter? Terima kasih

Dok, tgl 11 juli 2016 sy operasi miom. Terakhir mens tgl 29 nov. Trus diberi obat penyubur trus hr ke-12 suntik pemecah telur. Tgl 22 tespack negatif. Perkiraan mens shrsnya tgl 25 des, tgl 27 (hr ini) keluar bercak tdk sebanyak mens. Apa ada kemungkinan hamil? Terasa pusing dan kram perut sdikit. Trimakasih

This comment has been removed by the author.

Mau tny, sy keluar flek sedikit sdh 2 hr ini tiap pagi saja setelah bangun tdr, hr pertama sy merasa baik2 saja, tetapi pas hr ke2 sy merasa agak demam tp tdk merasa nyeri atau kram apadi bag perut,hanya seperti sedang demam ringan dan disertai lemas, kira2 demam ini ada hub nya dg flek atau tdk ya?

munculnya bercak darah disebabkan oleh banyak faktor mbak,,
Terlalu capek dan pikiran stress terkadang membuat siklus mens kacau,,
jika Anda merasa gak nyaman dengan keadaan yang sekarang Anda alami silakan langsung konsultasikan ke dokter terdekat

Assalamualaikum dok,,
Mau tanya setlh 1 mnggu sya haid, sya bersma suami sering mlkukan hubungan krena perkiraan kmi skrng tu masa subur,dan hari ini tu tepat 1 mnggu kmi mlkukan hubungan, terus tadi pagi sya mersa hal yg aneh ga biasnya sering bak di tambah bak saya tu rada nyeri disertai plek2 darah segar itu pun klo pas lagi buang air kecil saja kluar nya, kira2 menurut dokter ini gejala hamil bulan yah?? Ada rasa mual tpi setlah makan itu pun ga stiap mkanan yg sya makan mnimbulkan rsa mual.

Saya mau tanya
Saya tespek positif hamil,
Setelah itu ada keluar darah warna nya pink kecoklatan dan darah beku sedikit itu cuma skali aja gak sampe 1 hari disertai kram perut.
Kram nya tidak tiap hari tapi sering terasa sakit di perut bagian bawah
Saat saya konsultasikan ke dokter dan di USG tidak tampak bayangan janin nya. Mohon informasi nya.

Terima kasih

Sebelumnya kami minta maaf kepada para pengunjung setia blog tandalagihamil.com
Karena keterbatasan tempat, kami tidak bisa langsung menjawab pertanyaan Anda di kolom komentar ini dan kami sarankan jika Anda menjumpai keluhan kehamilan yang terasa tidak nyaman silakan langsung periksakan kehamilan ke dokter atau bidan terdekat.
Sekali lagi kami mohon maaf yang sebanyak - banyaknya

Met pg mba...tgl mens aku biasa tgl 12...tgl 3 kmrin tes tpi negatif.tgl 5 ampe ni hri msih klr bercak darah..apa ni pertanda hamil ya bund???

Mau nanya, saya sudah melakukan hub suami istri dengan pasangan saya, dilihat dari masa haidnya kita berhubungan 13 hari setelah haid pertama, tetapi saya tidak mengeluarkan cairan/keluar di luar. Kemudian esok hari istri saya mengalami flek/bercak darah ringan selama 2 hari.. apakah itu bisa dikatakan pendarahan akibat implementasi?? Terimakasih, mohon pemcerahannya.

Asalamualaikum
Dokter mau tanya, saya hamil sdh 15 mgg. Pendarahan banyak sekali seperti orang haid hampir 1 harian. Pas priksa dokter spog, di USG kata dokter tidak apa bayinya sehat. Gerak2 juga. & dikasih obat penguat kandungan di srh istirahat. Tp setelah itu saya tetap saja keluar darah meakipun tdk sebanyak yg pertama setiap harinya. seminggu kemudian Saya akhirnya cb ke dokter SPOg lain untuk periksa. & kata dokternya juga sama. Bayinya tidak apa2, gerak2, detak jantung bagus & plasenta jg bagus. Sy di tambahi obat penguat lagi. Tp saya masih kepikiran dok, karena bercak darah saya kok tetap keluar smpai sekarang setiap hrnya mskipun cm sedikit2. Kadang jg ada rasa nyeri, tp kadang jg tidak?.. bagaimana cara bedrest yang benar sebenernya? Terima kasih, tolong pencerahanya dokter. Info lagi dok, ini anak calon anak kedua dr kehamilan ke 3, sebelum hamil ini sy pernah di kuret karena BO.

ikuti saja petunjuk dari dokter mbak, insy@ aman.. karena dokter telah melakukan pemeriksaan,,
Saran saya jangan terlalu banyak pikiran dan terlalu capek

Assalamualaikum
Dok mau nanya istri sya baru hamil 1 bulan keluar bercak darah segar dri jalan akhir udah 3 hari,d hari pertama sya udak ke dokter( USG )
kata nya sih mau keguguran,d kasih obat penguat kandungan klo gtu sya harus ngapain ya dok minta solusi nya trims

Dok jika bercak darah tanda kehamilan berlangsung lebih dari 3 hari apakah itu positif hamil ato ada masalah lain.? Istri saya mengalami bercak darah tapi lebih dari 3 hari.terimakasih

Dok, sy mau tanya .. stlh 3hristlh sy dtg bln, sy mlkukn hub suami istri dg suami sya .. nah 3 hari stelah itu paginya aku mnglmi bercak darah atau flek agk kcoklatan .. dan perut aku skt bngt.. bkn cmn itu aku ngrasa pusing disertai mual..smpe2 kringet aku kluar sking pusing sm mualnya .. tp flek itu cmn sehari .. itu knp ya dokk ??
Trmksh sblmnya

Dok, aq terakhir menstruasi tgl 27 Nov 2016, same skrng jadinya 2bulan telat, semper TP tapi hasilnya negatif, tgl 21 january Cek ke dokter di USG katanya kmungkinan ada kista, dikasi Obat Regimen sy minum kmarin sore Dan skrng kluar flek kecoklatan, apa sya Hamil ya dok?? Atau gmna? Karena usia khamilan dini kn masih belum trdeteksi USG, sebaiknya gmna ya???

Maaf,,mbak,
Kuartikan pertanyaan bunda afif
Bulan kemaren sya haid,gak tau itu darah hai atau bercak darah,dan warnanya (koko) cuma 3 hari dan itu sedikit bgt, stlh berhenti 2hari, lgi datang haid juga slama 3 hari dgn warna (koko) dan sdikit juga, itu pertanda apa ya???

Maaf setahu ku mksudnya bgitu

Maaf jika mengeluarkan bercak coklat selama dua hari lepas tu hanya keputihan yg berkepanjangan apakah itu tanda kehamilan juga?
Tapi kondisi badan juga suka cepat lelah,terkadang mual di pagi hari..

dok kan siangnya saya keram perut, trus mual, nah malemnya keluar bercak coklat apakah itu tanda kehamilan.?trs apakah kalo bercinta akan mengganggu? mohon petunjuk..
makasih

Assalamualaikum..
bun, saya sdah menikah 10'bulan dan belum karuniai momongan..
dan beberapa bulan belakangan saya swring telat haid 6-8 hari. dan setelah itu haid.
dan bulan ini sya sudah telat 2 minggu. dan pagi ini keluar darah tapi warnanya coklat dan dibarengi dengan kram perut seperti haid. apa saya hamil ya bun... trus ada kemungkinan gak sih saya bisa hamil karena sering telat datang bulan..?

assalamu allaikum..
saya mau nanya..saya terakhir menstruasi 27 april dan seharus nya saya mens pd tgl 20 mei tapi pada tgl 17 mei saya dpt flek coklat sedikit dan hanya 1 hari..,dan sampe skrg setiap bangun tidur kok merasa mual pgn muntah..,apakh saya hamil dr? kapan waktu yg tepat untuk menggunakan test pack?
terimakasih,mohon penjelasan nya ya dikter

Assalammuallaikum dok
Saya mau tanya,saya mengalami adanya bercak coklat tapi tidak di sertai mual maupun kram.
Itu gimana ya dok ???
Mohon penjelasannya dok

Ass dok , saya mau tanya , saya udah telat haid , saya tespeck hasilnya positif dok , tapi setelah 8 hari tbtb keluar bercak2 darah , awalnya bercak darah dok , tapi pas besoknya ada gumpalan darah yg keluar , lalu saya tespeck lagi hasilnya masih positif juga ,, tolong dijawab ya dok.. terimakasih

Assalamualaikum..
Saya mau tanya biasanya saya haid tanggal 27..,tanggal 17 perut saya kram dan keluar bercak warna kecoklatan selama 2hari dan mood sya naik turun..kemudian tanggal 19 pagi saya mencoba testpeck tapi masih negatif..
Apakah saya ada kemungkinan hamil?? Kapan harus Testpe lagi? Terimakasih

Malam donk sya mau tanya
Kan seharus nya q haid tnggl 16 bulan ini tapi ga haid ..trus skrg tgl 29 kluar darah coklat .. kira" kenpa ya

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top