Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Agar Bayi Sehat

Buah yang baik untuk ibu hamil - Wanita yang sedang menjalani masa kehamilan biasanya mencari - cari informasi tentang makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi, termasuk buah - buahan. Hal ini memang umum dilakukan oleh ibu hamil, mengingat kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil berbeda dengan wanita pada umumnya. Pada umumnya ibu hamil memiliki harapan bayi dikandungnya bisa terlahir dengan normal, sehat dan tidak kekurangan gizi. Salah satu cara yang ampuh untuk mewujudkan harapan tersebut adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dan menghindari makanan yang bisa menyebabkan masalah kehamilan dan keguguran.

Selain itu, ibu hamil juga memerlukan buah - buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Buah - buahan tersebut bukanlah sembarang buah, tapi perlu dipilih buah yang baik untuk ibu hamil. Jika buah yang dikonsumsi adalah buah yang salah, bisa - bisa membahayakan janin, membuat kerusakan sel janin, bahkan bisa terjadi keguguran. Sayuran juga masuk dalam kategori makanan yang baik untuk ibu hamil. Sayuran tersebut antara lain brokoli, wortel, paprika dan lain - lain.

Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda


Pada kesempatan kali ini, akan kita bahas tentang macam - macam buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Bersebut antara lain adalah sebagai berikut
[baca : makanan sehat untuk ibu hamil muda]

1. Buah Naga

Buah naga merupakan makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil kerana kandungan manfaat begitu melimpah. Buah naga yang sudah matang sangat efektif untuk mengeluarkan dahak yang biasanya diderita oleh ibu hamil. Buah naga juga aman dari penggunaan pestisida, karena kulit luarnya yang tebal, sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir dalam mengkonsumsinya. Selain manfaat dan kandungan gizi yang banyak, buah naga juga memiliki rasa yang nikmat sehingga banyak disukai orang, termasuk wanita hamil.

2. Buah Apel Baik Untuk Ibu Hamil


Apel merah dan hijau termasuk buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah apel mengandung banyak kandunggan vitamin diantaranya, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, B5, B6, B9 serta vitamin C. Ibu hamil yang sering mengalami gangguan perncernaan seperti diare dan sembelit, bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah apel. Buah apel juga mengandung tannin, asal malat dan serat lain yang banyak diperlukan oleh ibu hamil. Ibu hamil yang terlalu gemuk atau terlalu kurus itu kurang baik bagi tumbuh kembang janin, untuk menjaga berat badan agar tetap ideal ibu hamil bisa mengkonsumsi buah apel. Akan tetapi ibu hamil jangan salah pilih apel, karena ada apel yang tidak baik untuk ibu hamil, yaitu apel liar. Apel liar yang memiliki rasa sepet kecut itu biasanya disukai ibu hamil saat hamil muda, padahal sebenarnya apel liar itu bisa merangsang rahim serta membuat kontraksi uterus, bahkan bisa menyebabkan kegugugran.
[baca : makanan penyebab keguguran kandungan]


3. Buah Anggur

Anggur adalah buah yang kaya akan manfaat dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa vitamin dan kandungan nutrisi pada buah anggur tersebut antara lain : vitamin A, C,B1,Fosfor, Beta karoten,  Kalsium, Magnesium, Zat besi,  Asam folat,  Serat,  Omega 3 dan DHA. Asam folat yang terkandung dalam buah anggur sangat bermanfaat untuk janin, karena asam folat itu sangat berguna untuk membentuk syaraf otak, pembentukan tabung otak dan mengurangi resiko cacat saat bayi lahir. Fosfor dan kalsium juga diperlukan oleh janin untuk membentuk tulang dan gigi. Mengingat begitu banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari buah anggur, maka kami memasukkan buah anggur dalam kategori buah yang baik untuk ibu hamil, meskipun banyak orang yang berpendapat bahwa buah anggur berbahaya bagi ibu hamil, sebab bisa membuat diare dan keracunan. Memang konsumsi anggur dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan hal yang tidak baik bagi ibu hamil, namun konsumsi dalam jumlah wajar, konsumsi anggur aman dan baik bagi ibu hamil.

4. Buah Cherry Baik Untuk Ibu Hamil


Buah cherry yang dalam bahasa lain adalah buah kersen atau buah talok disebut - sebut sebagai buah yang memiliki kandungan nutrisi beberapa kali lipat dari buah jeruk dan apel. Buah cherry memiliki kandungan mineral zat besi, kalium, tembaga, mangan, dan lain - lain. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ibu hamil memerlukan zat besi untuk mengurangi resiko anemia, mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan tidak normal dan mengurangi pendarahan saat persalinan. Oleh karena itu, buah cherry merupakan salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil karena banyak mengandung zat besi.

5. Jambu Air
Jambu air banyak mengandung vitamin A, vitamin C dan air. Kandungan air dalam jambu tersebut mampu mencegah ibu hamil dari kekurangan cairan atau dehidrasi, melancarkan pencernaan dan mengoptimalkan kinerja sel darah putih. Selain memiliki kandungan tersebut, biasanya ibu hamil, terutama yang masih hamil muda, cukup menyukai buah ini.

6. Buah Strawberry

Strawberry adalah buah yang banyak mengandung vitamin vitamin C, vitamin K, vitamin B5, B6, magnesium, omega 3, dan lain - lain. Biasanya kaum hawa menggunakan buah ini untuk merawat kulit dan menjaga kecantikan. Berbeda dengan ibu hamil, buah ini ternyata sangat bermanfaat untuk ibu hamil untuk menambah nafsu makan, membakar lemak tubuh yang menumpuk dan mengurangi resiko bayi lahir prematur atau cacat lahir. Selain itu, omega 3 juga baik bagi kecerdasan janin.

7. Buah Alpukat  Baik untuk Ibu Hamil


Selain buah diatas, Alpukat juga termasuk buah yang baik untuk ibu hamil. Alpukat adalah buah yang banyak mengandung asam folat, vitamin B komplek, dan kalium. Dari ketiga kandungan tersebut, semuanya sangat baik untuk janin, yaitu membantu perkembangan otak janin serta membentuk tulang belakang janin. Ibu hamil muda yang mengalami mual - mual juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah alpukat ini.

8. Buah Kurma


Siapa yang tidak kenal dengan buah kurma ? pasti semua kenal, apalagi umat islam, sudah pasti hafal dengan buah yang satu ini, karena setiap bulan ramadhan tiba biasanya buah ini tersebar luas di negeri kita bahkan sampai ke pelosok - pelosok dan pedesaan. Kurma memiliki kandungan gula 60-70%, zat besi, kalium, dan vitamin B komplek. Kandungan buah kurma sangat baik untuk ibu hamil untuk mengatasi kram perut dan memperkuat dinding rahim. Kandungan gula yang tinggi juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai sumber energi.

Itulah beberapa buah yang baik baik untuk ibu hamil. Jangan lupa selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan olah raga, makan makanan sehat dan minum susu sebagai pelengkap [baca : susu ibu hamil muda yang bagus]. Sebarkan artikel ini kepada orang lain, jika menurut Anda bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya


==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top