Gejala Hamil Muda Minggu Pertama yang Perlu Anda Ketahui

Gejala hamil muda minggu pertama bisa dilihat dari beberapa tanda yang muncul saat mengalami masa kehamilan di minggu minggu awal. Tanda kehamilan bisa Anda ketahui dari beberapa ciri yang muncul secara fisik dan perubahan perilaku. Pada umumnya gejala kehamilan bisa dilihat pada minggu pertama setelah melakukan bercinta dengan suami. Di mingu kedua dan ketiga tanda kehamilan trsebut akan semakin terlihat jelas dan pada masa kehamilan satu bulan tanda kehamilan tersebut akan semakin jelas.
(baca :Tanda Hamil 1 Minggu Setelah Bercinta)

Gejala hamil muda perlu Anda ketahui sejak sedini mungkin untuk segera melakukan penanganan khusus bagi ibu hamil dan menjaga diri dari segala hal yang tidak boleh dilakukan ibu hamil. Untuk lebih jelasnya, dalam artikel ini akan kami tuliskan beberapa tanda dan gejala kehamilan yang umum terjadi pada ibu hamil. Untuk itu, silahkan baca sampai selesai dengan cermat dan teliti.

Gejala Hamil Muda Minggu Pertama

Gejala Hamil Muda Minggu Pertama
ilustrasi bumil
Gejala kehamilan di minggu pertama bisa dilihat dari beberapa perubahan fisik ibu hamil maupun sikap dan perilaku. Berikut ini adalah rincian dari tanda kehamilan tersebut :

Gejala Hamil Muda Secara Fisik


1. Nafas Terasa Pendek dan Mudah Lelah

Pada saat Anda mengalami masa kehamilan, segala aktifitas akan terasa lebih berat dari biasanya, dan nafas terasa pendek serta terengah - engah. Kondisi ini mungkin terjadi meskipun Anda hanya melakukan kegiatan ringan sekalipun, seperti jalan kaki dan olah raga ringan. Tidak berarti sebuah kepastian, bahwa jika Anda mengalami hal ini berarti positif hamil, tetapi kemungkinan kondisi tersebut merupakan gejala kehamilan.
Selain itu, gejala kehamilan juga bisa dirasakan dari keadaan tubuh yang terasa mudah sekali lelah. Hal ini terjadi karena terjadinya peningkatan hormon progesteron dalam tubuh ibu hamil. Menurunnya tekanan darah dan gula darah serta penyesuaian diri terhadap makhluk baru dalam perut juga menjadi penyebab mudah lelah. Biasanya rasa lelah tersebut akan hilang saat memasuki awal trimester kedua masa kehamilan

2. Kepala Terasa Pusing 

Ketika seorang wanita mengalami masa awal kehamilan, kepala terasa pusing cenut - cenut yang diakibatkan oleh perubahan horman dalam tubuhnya. Ibu hamil hendaknya tidak sembarangan dalam minum obat pereda pusing. Konsultasikan dulu obat pusing yang akan Anda konsumsi ke dokter, sebab konsumsi obat generik bisa membahayakan kesehatan janin, bahkan bisa membuat janin tidak berkembang jika konsumsinya terlalu sering.
(baca : Tanda Janin Tidak Berkembang 3 Minggu)

3. Sering Buang Air Kecil

Jangan kaget jika Anda menjadi sering pipis menjalani masa kehamilan, karena ibu hamil biasanya lebih sering kebelet pipis. Hal ini disebabkan karena janin yang tumbuh di rahim akan menekan kandung kemih, sehingga kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine, walhasil sebentar sebentar ingin buang air kecil.

4. Kram Perut

Sebagai tanda hamil muda berikutnya adalah kram perut. Memang sulit membedakan kram perut akibat PMS atau kehamilan, namun kram perut merupakan salah satu tanda wanita sedang mengalami kehamilan. Kram perut ini terjadi akibat melebarnya rahim sebagai tempat pertumbuhan janin.

5. Mual Dan Muntah (Morning Sickness)

Hampir semua ibu hamil mengalami mual dan muntah saat hamil muda. Rasa mual ini biasaya muncul pad usia kehamilan minggu pertama sampai minggu keenam. Rasa mual tersebut terjadi sebab meningkatnya hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormon ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual. Jika ibu hamil tidak merasa mual bagaimana ? normalkah hal tersebut ? silahkan baca artikel di blog ini dengan judul " Hamil Muda Tidak Mual Sama Sekali Normalkah ? "

Munculnya flek atau bercak darah 
Munculnya bercak darah juga merupakan gejala hamil muda. Munculnya bercak darah ini disebabkan karena implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Masih banyak wanita yang awam dengan hal ini dan mengartikannya sebagai menstruasi.

6. Terlambat Haid

Gejala kehamilan yang paling jelas adalah terlambat datang bulan agi wanita yang memiliki keteraturan masa haid. Namun tidak berarti setiap terlambat datang bulan diartikan sebagai kehamilan, karena telat datang bulan itu juga bisa diakibatkan hal lain seperti gangguan hormonal dan stress.

7. Perubahan Bentuk tubuh

Saat wanita menjalani masa hamil, bentuk tubuh akan mengalami perubahan. Bukan hanya perut yang berubah menjadi besar, tapi anggota tubuh yang lain seperti paha, bokong, lengan dan dada juga mengalami perubahan menjadi lebih besar.

8. Sembelit dan Kembung

Sistem pencernaan ibu hamil menjadi lambat yang diakibatkan karena meningkatnya hormon progesteron, akibatnya Ibu hamil akan mengalami sembelit ( susah buang air besar ) dan perut kembung. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan kaya serat untuk melancarkan buang air besar, jangan mengkonsumsi obat pelancar BAB meskipun obat herbal.
(baca : Hamil Muda Perut Mules Seperti Mau BAB, Normalkah ?)

9. Sering meludah (hipersalivasi)

Gejala kehamilan ini biasanya terjadi pada masa kehamilan trimester pertama yang diakibatkan pengaruh perubahan hormon esterogen. Pada awal trimester kedua gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

10. Ngidam Makanan Tertentu

Entah disebabkan oleh apa, biasanya ibu hamil ngidam makanan tertentu. Biasanya mereka ngidam makanan yang kecut kecut, seperti mangga muda, dan sebangsanya.

Gejala Hamil Muda Secara Psikis


a. Perubahan Mood

Sebagaui gejala awal kehamilan, perubahan mood juga terjadi. Ibu hamil akan terasa lebih mudah emosi dibandingkan saat sebelum hamil. Selain mudah emosi, ibu hamil juga mudah untuk bahagia. Perubahan tersebut terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh, sedangkan tubuh ibu hamil masih beradaptasi dengan hormon barunya.

b. Indra Penciuman Lebih Sensitif

Pada masa kehamilan awal ada sebagian ibu hamil yang Indra penciumannya menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu. Dalam hal ini, tidak jarang ibu hamil yang mengalami mual dan muntah gara - gara mencium aroma makanan tertentu. Bahkan makanan yang dulunya favorit, setelah menjalani masa hamil menjadi makanan yang baunya meyakitkan. Sejumlah peneliti mengatakan bahwa, gejala ini terjadi biar ibu hamil tidak sembarangan makan makanan sehingga melindungi bayi dari racun yang berbahaya.


Itulah gejala hamil muda minggu pertama yang bisa saya tuliskan untuk Anda. Setelah mengetahui tandanya dan memastikannya dengan testpack atau periksa ke bidan, selanjutnya jaga kehamilan Anda dengan sebaik - baiknya. Hindari hal - hal yang membahayakan kandungan dan berpotensi membuat janin keguguran.  Semoga artikel singkat ini bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top