Kehamilan di Usia 40 Keatas Amankah ? Bahaya atau Tidak ?

Kehamilan di usia 40 tahun- Apakah Anda termasuk orang yang ingin punya anak di atas usia 40 tahun ? Jika iya, Anda tidak sendirian, banyak orang yang sudah berusia tua tapi masih ingin menimang anak, bahkan ada sebagian orang yang sengaja menunda kehamilan sampai usia tua. Akan tetapi kehamilan yang dialami pada usia tua terkadang membuat susah pasangan suami istri karena diselimuti rasa ketakutan jangan - jangan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Wanita yang hamil diusia tua, 40 tahun keatas tidak perlu susah dan khawatir, karena banyak diantara mereka yang melahirkan anak di usia tua dengan lancar dan tanpa masalah. Akan tetapi wanita yang hamil di usia tua juga jangan lengah alias kurang berhati - hati, karena ada juga ibu hamil di usia tua yang mengalami beberapa masalah kesehatan setelah menjalani persalinan. Hamil di usia tua, bukanlah hal yang menakutkan apabila ibu hamil tahu tentang tindakan prefentif sejak dini. Dengan melakukan tindakan yang tepat dalam menjalani masa kehamilan, diharapkan bayi bisa lahir dengan aman dan sempurna serta ibu tidak terkena resiko yang berat.
(baca juga : Pantangan Hamil Muda Agar Tidak Keguguran

Kehamilan di Usia 40 Keatas Amankah

Kenali Resiko Kehamilan Di Usia 40 Tahun Keatas


Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kehamilan yang terjadi di usia tua, Anda perlu mengenali lebih dulu apa saja resiko yang bisa terjadi. Hal ini menjadi penting, karena pengenalan terhadap resiko ini bisa membuat ibu hamil menjadi semakin berhati - hati dalam menjalani masa kehamilannya. Resiko kehamilan pada usia tua antara lain adalah sebagai berikut :
  • Di usia tua wanita akan sulit hamil, karena di usia itu kualitas sel telur cenderung berkurang.
  • Kehamilan di usia tua juga beresiko pada kelainan kromosom bayi, yang memungkinkan bayi lahir dengan cacat
  • Kemungkinan terjadi keguguran sangat tinggi
  • Hamil di usia tua sangat beresiko terkena diabetes gestational
  • Tinggi kemungkinan bayi lahir dengan caesar
  • Ada satu pendapat yang menyatakan bahwa hamil di usia tua berpotensi besar untuk melahirkan bayi kembar
Sedikit ulasan mengenai kehamilan usia tua diatas semoga bisa memberi gambaran positif bagi Anda yang sedang mengalami. Adapun cara penanganan kehamilan tersebt bisa dilakukan dengan banyak cara. Disini akan saya singgung tentang beberapa tips untuk memperkecil resiko berat bagi ibu hamil 40 tahun keatas

Tips Sehat Kehamilan Di Usia 40 Tahun Keatas


Ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan oleh ibu hamil diusia tua guna menjaga kesehatan dan keselamatan janin dan ibunya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak baik - baik penjelasan di bawah ini:

Konsultasi ke Dokter Sebelum Memrogramkan Kehamilan


Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum memutuskan program kehamilan. Dokter akan membantu Anda untuk memberikan saran - saran terbaik mengenai keadaan kesehatan tubuh Anda, apakah masih layak untuk hamil lagi atau ada kemungkinan bahaya jika sampai hamil. Dengan demikian Anda bisa mantap dalam menjalani masa kehamilan dan tidak ada perasaan was - was jangan jangan terjadi sesuatu yang membahayakan.

Makan Makanan Seimbang selama Hamil


Seorang wanita yang menjalani masa kehamilan di usia tua, 40 tahun keatas sebaiknya menjaga pola makan yang seimbang, kaya gizi dan tidak makanan makanan yang membahayakan kandungan. Konsumsi makanan yang tingg asam folat, kalsium, protein dan zat besi sangat disarankan bagi mereka yang menjalani kehamilan beresiko. Apa saja makanan yang banyak mengandung asam folat, kalsium, protein dan zat besi itu ? (baca : Makanan yang Banyak Mengandung Asam Folat Tinggi)

Menjaga Berat Badan untuk Memperkecil Resiko Keguguran


Bukan hanya wanita yang hamil di usia tua, semua ibu hamil juga perlu menjaga berat badan agar kehamilannya sehat. Ibu hamil yang mengalami obesitas, apalagi ibu hamil dengan usia tua akan beresiko terkena diabetes gestational. Anda bisa menjaga berat badan dengan mengatur pola makan yang baik, olah raga ringan cukup, cukup istirahat dan bila perlu konsultasikan ke dokter.

Tes Kesehatan kehamilan


Dalam menjalani masa kehamilan, Anda juga perlu mengetes kesehatan kehamilan. Pilihlah dokter spesialis kandungan yang paling bagus lalu coba untuk mengetes kehamilan, apakah bayi dalam kandungan sehat atau bermasalah. Untuk hal ini, Anda perlu berhati - hati karena ada sebagian kecil tes kehamilan yang malah berujung pada keguguran.

Hindari Penggunaan Zat Berbahaya saat Hamil


Semua wanita hamil wajib menghindari zat - zat yang berbahaya, seperti narkoba, merokok dan minum alkohol, karena zat tersebut bisa menjadi penyebab keguguran. Selain itu, obat generik yang dijual di warung - warung, seperti obat batuk, obat mual, obat flu, obat pusing dan lain - lain juga perlu diwaspadai. Tanyakan dulu kepada dokter tentang penggunaan obat tersebut, apakah berbahaya atau tidak.

Ibu Hamil Supaya Hindari Stress


Biasakan hidup sehat, mengatur pola makan sehat, istirahat dan hindari pikiran - pikiran yang membuat stress. Menghindari stress bisa mengurangi resiko terjadinya keguguran. Untuk menghindari stress Anda bisa melakukan aktifitas yang santai, bercengkerama dengan keluarga, melakukan senam yoga dan lain - lain.

Kehamilan di usia 40 tahun bahaya atau tidak ? jawabannya bisa Anda simpulkan sendiri dari artikel yang saya tulis diatas. Sebarkan artikel ini dan terima kasih atas kunjungannya.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top