Makanan Penyebab Keguguran Kandungan yang Harus Anda Waspadai

Makanan penyebab keguguran - Keguguran adalah salah satu hal yang sangat ditakutkan oleh hampir semua ibu hamil di dunia ini. Keinginan untuk memiliki buah hati sebagai generasi penerus keluarga akan hilang jika sampai terjadi keguguran. Keguguran terjadi bukan tanpa sebab, tapi keguguran terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah makanan. Makanan yang memicu terjadinya keguguran hendaknya dihindari dulu selama menjalani masa kehamilan, baru setelah bayi lahir silahkan dikonsumsi sesuka hati.

Pengunjung blog tandalagihamil.com yang yang budiman...
Sebelum Kita membahas tentang apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, ada baiknya kita bahas dulu apa saja yang menjadi faktor terjadinya keguguran.

Makanan Penyebab Keguguran Kandungan

Penyebab Keguguran Kandungan


Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan keguguran, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Infeksi yang diakibatkan oleh bahayanya lingkungan sekitar, seperti pancaran radiasi, makanan dan minuman yang tidak sehat dan sebagainya
  2.  Terjadinya kelainan pada rahim ibu hamil
  3.  Masalah hormonal yang dialami oleh ibu hamil
  4.  Gaya hidup yang tidak sehat, misalnya minum alkohol, merokok, memakai narkoba dan lain - lain
  5. Serviks atau leher rahim yang melebar dan membuka terlalu dini dimasa kehamilan
  6.  Lemahnya sistem kekebalan tubuh
  7. Terserang penyakit tertentu seperti : jantung, penyakit ginjal,diabetes, tiroid dan lain - lain
  8.  Mengkonsumsi obat generik tanpa resep dokter
  9.  Kekurangan supan gizi
  10. Tubuh terkena guncangan keras
  11. Mengkonsumsi makanan yang dilarang untuk ibu hamil
  12.  Dan lain - lain 

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya keguguran. Dari sekian nomor diatas, faktor  yang sering diremehkan oleh ibu hamil adalah nomor 11, yaitu meremehkan urusan makanan. Ada beberapa makanan yang sangat tidak dianjurkan bahkan dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil.
(baca : MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL AGAR BAYI SEHAT)

Makanan Penyebab Keguguran Kandungan


Selama menjalani masa kehamilan sebaiknya ibu hamil lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan, jangan hanya nuruti keinginan. Berikut ini adalah makanan yang bisa memicu terjadinya keguguran :

A.  Nanas Sebagai Makanan Penyebab Keguguran


Nanas adalah buah yang menjadi pantangan bagi ibu hamil, apalagi nanas muda, karena buah ini bisa mengakibatkan terjadinya keguguran. Hal ini disebabkan karena nanas itu mempunyai kandungan enzim bromealin dan protease yang bisa menaikkan suhu air ketuban, akibatnya tumbuh kembang janin menjadi terhambat, bahkan hal terburuk pun bisa terjadi yaitu keguguran. Tidak ada batasan aman bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah nanas, apalagi nanas muda. Jika Anda hobi makan buah nanas, sebaiknya tahan dulu sampai melahirkan.

B.  Kepiting Termasuk Makanan Penyebab Keguguran


Jika dilihat dari kandungan gizi, memang kepiting adalah makanan yang kaya akan protein dan mengandung banyak omega 3. Protein dan omega 3 sebenarnya sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin, namun perlu Anda ketahui bahwa kepiting itu mengandung merkuri dan beberapa logam berat yang bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan janin. Jika ibu hamil muda nekad mengkonsumsi kepiting dalam porsi banyak, maka besar kemungkinan akan mengalami penyusutan ukuran rahim dan pendarahan hebat. Menurut penelitian kedokteran, konsumsi kepiting juga berefek pada deportasi tumor sehingga memicu terjadinya lahir prematur atau keguguran. Bagi ibu hamil yang memiliki sistem pencernaan yang lemah, konsumsi kepiting terlalu banyak juga bisa mengakibatkan sakit flu, diare dan elergi dingin.

C. Buah Delima Masuk

Buah delima memang kaya akan vitamin, namun tidak baik dikonsumsi ibu hamil. Daging buah delima dan bijinya bisa membuat rahim mengalami kontraksi hebat. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Harvard memang benar keterangan tersebut, bukan hanya omong kosong. Saat trimester pertama kehamilan, pastikan tidak mengkonsumsi buah dan biji delima.

D. Ikan Laut Adalah Salah Satu Makanan Penyebab Keguguran


Ikan laut yang banyak mengandung protein dan omega 3 sebenarnya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Akan tetapi, ikan juga mengandung merkuri dan beberapa logam berat sebagaimana kepiting, sehingga bisa membahayakan kehamilan. Ikan laut yang paling berbahaya dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jenis ikan laut predator, seperti kakap, tongkol dan sejenisnya. Ikan laut yang sudah diolah menjadi ikan kaleng dan ikan asin itu juga berbahaya, karena mengandung pengawet dan garam yang tinggi sehingga bisa memiu tekanan darah tinggi.

E. Pepaya Muda Makanan Penyebab Keguguran


Hindari mengkonsumsi makanan berbahan pepaya muda saat Anda hamil muda. Pepaya muda terkadang digunakan sebagai bahan pelengkap petisan bersama dengan kedondong dan mangga muda yang disukai ibu hamil saat ngidam. Pepaya termasuk dalam daftar makanan yang bisa menyebabkan keguguran, karena pepaya itu memiliki getah yang cukup banyak. Sebenarnya pepaya muda itu aman dikonsumsi ibu hamil asalkan getahnya bisa dikeluarkan. Untuk itu, ada sebuah trik ampuh untuk menghilangkan getah pepaya muda, yaitu dengan merendam pakai air garam. Walau demikian, sebagai langkah hati - hati sebaiknya jangan sering mengkonsumsi pepaya muda meskipun sudah dikeluarkan getahnya.

F.  Durian

Durian adalah buah yang nikmat dan lezat namun berbahaya bagi ibu hamil. Kandungan asam arachidonat dan alkohol pada buah ini sangat tinggi, sehingga memicu terbentuknya prostaglandin yang mengakibatkan terjadinya kontraksi rahim. kandungan alkohol pada buah ini juga kurang baik untuk ibu hamil, bahkan bisa membuat bayi lahir secara tidak normal atau prematur.

G.  Daging dan Telur Mentah

Daginga dan telur yang dimasak dengan baik merupakan menu makanan sumber protein yang diperlukan oleh ibu hamil. Akan tetapi jika daging dan telur dikonsumsi oleh ibu hamil tanpa dimasak atau dimasak setengah matang bisa memicu terjadinya keguguran kandungan. Hal ini terjadi kerena daging yang dikonsumsi tanpa dimasak banyak terkontaminasi oleh bakteri berbahaya, antara lain :

  • Daging kambing terkontaminasi bakteri toksoplasma
  • Daging sapi dan unggas terkontaminasi bakteri coliform, toksoplasmosis, dan salmonella
  • Telur terkontaminasi bakteri listeria yang mampu melewati plasenta dan dapat menginfeksi bayi

Bakteri - bakteri tersebut bisa mati dengan cara dimasak pada suhu tinggi.

H. Keju dan Susu Termasuk Makanan Penyebab Keguguran


Keju dan susu yang membahayakan kehamilan adalah yang belum diolah melalui proses pasteurisasi, karena keju dan susu yang belum dimasak itu mengandung banyak mikroorganisme yang membahayakan janin. Salah satu bakteri dalam keju dan susu yang berbahaya adalah Listeria, karena listeria ini mampu bekerja dengan cepat untuk mengahambat tumbuh kembang janin. Oleh karena itu,Ibu hamil hendaknya lebih teliti dalam mengkonsumsi produk keju dan susu. Pastikan keju dan susu yang akan Anda konsumsi ada tulisan “dipasteurisasi” dalam kemasannya.

I. Seafood yang Dimasak dengan Diasapi
Seafood juga masuk dalam daftar makanan yang membahayakan kehamilan, jika dimasak dengan cara diasapi. Seafood yang diasapi bisa terkontaminasi dengan bakteri listeria yang sangat membahayakan kesehatan janin.

J.  Kelengkeng

Kelengkeng merupakan buah yang banyak dijumpai dimusim panas. Rasanya yang sangat manis, membuat banyak orang suka dengan buah yang satu ini. Tapi ternyata kelengkeng tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena bisa mengakibatkan panas dalam. Panas dalam yang dialami oleh ibu hamil bisa mengakibatkan kekacauan janin, skit perut, keluar bercak darah, nyeri perut dan lain - lain. Keadaan ini bukan tidak mungkin bisa mengakibatkan terjadinya keguguran.

K. Kentang yang telah tumbuh tunas hijau

Kentang yang telah tumbuh tunas hijau itu mengandung racun yang berbahaya bagi semua orang, tidak hanya bagi ibu hamil. Kentang yang telah tumbuh tunas hijau bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin dan bisa menyebabkan keguguran. Jika Anda ingin mengkonsumsi kentang, pastikan kentang yang akan Anda olah adalah bukan kentang yang bertunas hijau.

L. Apel liar Makanan Penyebab Keguguran


Ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness biasanya suka makanan yang asem - asem seperti, mangga muda, jambu air, dondong dan sejenisnya, tidak terkecuali apel liar. Apel liar sebenarnya sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil, karena apel ini bisa merangsang rahim serta membuat kontraksi uterus, bahkan bisa menyebabkan kegugugran. Saat Anda sedang hamil, sebaiknya stop konsumsi apel liar.

M.  Jus kalengan

Buah segar dan jus buah segar merupakan jenis minuman yang dianjurkan untuk ibu hamil. Berbeda dengan jus kalengan, jus ini bisa berdampak buruk bagi janin jika jus tersebut dalam pembuatannya tidak dipasteurisasi. Terkadang, E. Coli juga ditemukan di jus kalengan, sehingga ibu hamil akan lebih aman jika tidak minum jus buah kalengan selama menjalani masa kehamilan.

N. Pegagan

Pegagan pada umumnya disajikan sebagai minuman dingin dan bahan makanan. Pegagan memang memiliki banyak manfaat, antara lain untuk menyembuhkan hipotensi, sebagai antipiretik dan mempunyai efek diuretik. Pegagan tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa membuat perut menjadi dingin dan kembung yang berakibat kuran baik bagi kesehatan janin.

O. Biji wijen campur madu Makanan Penyebab Keguguran


Mengkonsumsi wijen yang diampur dengan madu sangat berbahaya bagi janin. Makanan ini jika dikonsumsi oleh ibu hamil bisa menyebabkan keguguran secara spontan yang sering disebut dengan abortus spontan.
(baca : TANDA KEGUGURAN, JENIS KEGUGURAN DAN PENYEBABNYA)

P.  Lidah buaya harus dihindari

Lidah buaya adalah tumbuhan yang dipercaya sangat mujarab untuk perawatan tubuh, sebagai obat tradisional dan untuk menjaga kecantikan. Meskipun banyak manfaatnya, tapi ibu hamil tidak perlu mengkonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari bahan lidah buaya. Mengapa demikian ? karena mengkonsumsi lidah buaya itu bisa mengakibatkan pendarahan panggul bahkan bisa memicu terjadinya keguguran

Q. Sosis


Olahan daging seperti sosis dan sejenisnya adalah makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Menurut para peneliti kesehatan, daging olahan tersebut bisa membahayakan janin, karena janin bisa mengalami keracunan jika ibu hamil mengkonsumsinya dalam jumlah terlalu banyak. Untuk memastikan keamanan dan kesehatan janin, jika terpaksa harus makan daging olahan maka jangan terlalu banyak.

R.  Pare Makanan Penyebab Keguguran


Pare adalah salah satu bahan sayur yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin B, zat besi, seng, kalium, magnesium, dan mangan didalamnya. Namun demikian, ibu hamil jangan makan sayur pare, karena bisa mengakibatkan kontraksi rahim, pendarahan serta gangguan kesehatan pada janin.

Itulah makanan penyebab keguguran kandungan yang harus Anda waspadai. Jika artikel sederhana ini bermanfaat, silahkan sebarkan kepada orang lain. Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top