Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi Untuk Ibu Hamil

Makanan yang mengandung asam folat - Sebelum kita membahas tentang makanan apa saja yang banyak mengandung asam folat, akan lebih baik jika kita ulas dulu secara singkat tentang manfaat asam folat, terutama bagi ibu hamil. Pada intinya, asam folat sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu menghasilkan DNA dan RNA yang berguna untuk membentuk hemoglobin dengan bantuan zat besi. Asam folat juga diperlukan oleh tubuh untuk mencegah serangan penyakit jantung karena asam folat bisa mengontrol kadar homosistein plasma. Tidak hanya itu, asam folat juga diperlukan oleh tubuh untuk menjaga dan memelihara sel sel baru pada saat awal kehamilan. Secara singkat itulah manfaat asam folat bagi manusia terutanya ibu hamil.

Ibu hamil adalah orang yang sangat membutuhkan asam folat untuk membuat darah selama masa kehamilan. Ibu hamil membutuhkan asam folat 600 mcg per hari. Kekurangan asam folat bisa mengakibatkan kelainan pada bayi, cacat lahir, berat badan tidak normal dan bahkan janin tidak berkembang. Oleh karena itu sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat dan jika kesulitan mendapatkannya bisa ditambah dengan mengkonsumsi suplemen yang dikonsumsi dengan resep dokter. Untuk lebih jelas, inilah makanan yang banyak mengandung asam folat

Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Makanan yang Mengandung Asam Folat


Berikut ini adalah beberapa makanan yang banyak mengandung asam folat. Silahkan dibaca dengan seksama agar setiap poin bisa difahami dengan jelas

1. Telur

Telur adalah sumber makanan yang banyak mengandung asam folat dan cukup mudah didapat. Selain mengandung asam folat, telur juga tinggi kandungan protein, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh wanita selama menjalani masa kehamilan. Akan tetapi ibu hamil harus memasak telur yang akan dikonsumsinya sampai benar - benar matang, sebab telur yang dimasak setengah matang atau dimakan mentah bisa berakibat buruk bagi ibu hamil. Hal ini disebabkan telur mentah besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri yang membahayakan janin.
(baca : Makanan Penyebab Keguguran yang Perlu Anda Waspadai)

2. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan nutrisi seperti vitamin, serat, mineral, asam folat, protein dan antioksidan, meskipun anak - anak banyak orang yang kurang menyukainya. Selama menjalani masa kehamilan, konsumsi sayur ini sangat baik karena hampir semua kebutuhan nutrisi ibu hamil terkandung di dalamnya.

3. Hati sapi

Hati sapi juga tergolong sebagai makanan yang banyak mengandung asam folat. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh "Dietary Supplements" setiap 3 ons hati sapi mengandung asam folat hingga 215 mikogram. Kandungan asam folat pada hati sapi yang begitu besar mampu mensuply kebutuhan asam folat ibu hamil. Namun, hati sapi jangan dikonsumsi terlalu banyak, karena hati sapi termasuk makanan yang kaya akan lemak, sehingga kurang baik jika terlalu banyak dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Jagung

Jagung juga termasuk makanan yang baik untuk ibu hamil karena kendungan asam folat didalamnya. Kandungan asam folat pada biji jagung tergolong cukup banyak, yaitu setiap satu cangkir jagung yang telah dimasak mengandung 76 mikogram asam folat. Jagung juga termasuk makanan yang rendah gula dan tinggi karbohidrat sehingga sangat baik untuk makanan pokok penderita diabetes.

5. Seledri

Seledri yang biasa digunakan sebagai bahan pelengkap sayur bening ternyata juga mengandung banyak asam folat. Satu cangkir seledri bisa mengandung asam folat hingga 34 mikrogram. Oleh karena itu, ibu hamil yang suka sayur sup dan atau sayur bening, jangan ragu untuk menambahkan seledri guna mendapat kemanfaatan dari asam folat yang terkandung di dalamnya.

6. Alpukat

Manfaat alpukat untuk ibu hamil sudah tidak diragukan lagi. Buah yang satu ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, antara lain : protein, vitamin, asam folat, tinggi serat dan mengandung lemak baik. Selain itu alpukat juga mengandung omega3 yang sangat bermanfaat untuk kecerdasan calon bayi yang masih ada di dalam kandungan. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca : MANFAAT ALPUKAT UNTUK IBU HAMIL)

7. Buah pepaya

Pepaya juga masuk dalam kategori buah yang mengandung asam folat, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Satu buah pepeya ukuran kecil bisa mengandung asam folat hingga 57 mikrogram. Selain asam folat, buah pepaya juga mengandung banyak vitamin C yang sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga kekebalan tubuh dan melancarkan pencernaan. 

8. Buah pisang

Buah pisang terkenal dengan kandungan kalsium yang begitu tinggi, sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain kalsium ternyata buah pisang juga mengandung asam folat, meskipun tidak terlalu banyak. Walaupun kandungan asam folatnya rendah tapi buah pisang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil karena kandungan kalsium, serat, mineral dan vitamin yang begitu banyak.

9. Asparagus

Asaparagus adalah salah satu sayuran yang kaya akan asam folat, bahkan secangkir asparagus bisa mengandung asam folat hingga 262 mcg. Selain itu, asparagus juga mengandung banyak vitamin, antara lain K,C, A. Oleh karena itulah asparagus tergolong makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

10. Kubis

Kubis termasuk sayuran yang mempunyai kandungan asam folat tinggi. Selain itu kobis juga mengandung vitamin C,A dan K serta kalsium. Semua kandungan tersebut merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Bagi Anda yang suka dengan sayur kubis, tunggu apalagi, silahkan konsumsi sayur kubis sesuka hati.

11. Bayam

Bayam memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Setengah cangkir dari air rebusan bayam bisa mengandung asam folat hingga 130 mcg. Bayam juga termasuk sayur yang padat zat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah anemia atau kurang darah. Konsumsi bayam bisa dilakukan dengan cara dibuat sayur atau diolah menjadi makanan lain.

12. Biji bunga matahari


Siapa sangka biji bunga matahari baik untuk ibu hamil ? Kebanyakan orang mengabaikan biji bunga matahari, karena terlihat seperti tidak ada kandungan nutrisinya. Padahal biji bunga matahari itu sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena banyak mengandung asam folat dan juga vitamin E.

13. Paprika merah

Paprika adalah bahan pelengkap sayuran yang biasa digunakan oleh tukang masak untuk mempersedap masakannya. Paprika memilki kandungan asam folat 65 mcg/ons sehingga baik untuk ibu hamil.

14. Kacang polong

Ibu hamil juga direkomendasikan mengkonsumsi kacang polong karena mengandung asam folat yang cukup tinggi. Setiap cangkir kacang polong mampu menghasilkan asam folat hingga  104 mcg. Namun bagi ibu hamil yang mempunyai asam urat tinggi atau sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi kacang polong.

Itulah beberapa makanan yang mengandung asam folat. Terima kasih atas kunjungannya, dan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top