Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Ternyata Luar Biasa

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil - Air kelapa muda yang sering disebut dengan air degan memang merupakan minuman yang sangat menyegarkan. Ternyata, selain menyegarkan air kelapa muda juga sangat baik untuk kesehatan, yaitu untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah melakukan aktifitas. Dibalik kemanfaatan yang banyak, air kelapa muda ternyata tidak sulit diperoleh terutama di daerah pedesaan dan pegunungan. Di daerah perkotaan pun air kelapa muda juga mudah didapat, asalkan punya uang untuk membelinya.

Air kelapa yang kaya akan manfaat dan segar ketik diminum adalah air kelapa yang masih benar - benar muda, yaitu kelapa yang daging buahnya masih tipis dan belum keras. Jenis kelapa yang banyak kita jumpai adalah jenis kelapa muda hijau dan kelapa muda biasa dengan warna agak kekuningan. Yang pasti, air kelapa muda jenis apapun rasanya tetap suegarr menggelegar.
Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil
source of pixabay

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil


Selain menggantikan cairan tubuh dan menyegarkan, ternyata air kelapa muda juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Orang di desa kami telah meyakini bahwa air kelapa muda sangat banyak manfaatnya untuk ibu hamil, terutama kelapa hijau. Kepercayaan tersebut telah ada sejak dulu dan turun temurun hingga sekarang, meskipun mereka belum tahu secara ilmiah tentang hal yang diyakini tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan tuliskan beberapa manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil sesuai dengan kandungan air degan tersebut. Apa saja manfaat dan khasiat dari air kelapa bagi ibu hamil itu ?
Berikut ini merupakan manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil :

1. Mengembalikan Cairan Tubuh

Kandungan elektrolit alami pada air kelapa muda dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah melakukan aktifitas. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh yang dialami oleh ibu hamil bisa menimbulkan demam, kram dan kejang otot serta sakit kepala. Oleh sebab itu, manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil sangat besar.

2. Menjadi diuretik alami Bagi tubuh

Air kelapa muda selain segar juga mempunyai sifat deuretik alami yang steril sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan kesterilan air kelapa muda tersebut, ibu hamil bisa memperoleh manfaat yang banyak jika mengkonsumsinya, antara lain :

  • Mencegah infeksi pada saluran kemih ibu hamil
  • Air kelapa muda mampu membantu membersihkan saluran kemih
  • Melancarkan proses pembuangan urine dari tubuh
  • Mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh

3. Mencegah Berbagai macam penyakit

Air kelapa juga mampu mencegah berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh karena air kelapa muda memiliki kandungan asam laurat. Asam laurat tersebut sangat bermanfaat untuk ibu hamil sebagai : Anti virus, anti bakteri serta menjaga kesehatan ibu dan bayi dari serangan macam - macam virus berbahaya.

4. Meningkatkan fungsi pencernaan

Ibu hamil biasanya mengalami sembelit atau susah buang air besar karena meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh (baca : GEJALA HAMIL MUDA MINGGU PERTAMA YANG HARUS ANDA KETAHUI). Air kelapa muda sangat cocok dikonsumsi ibu hamil untuk melancarkan sudah buang air besar, karena air kelapa muda terbukti mampu meningkatkan fungsi pencernaan.

5. Menurunkan tekanan darah

Seakan menjadi sebuah kewajiban bagi ibu hamil untuk menghindari tekanan darah tinggi, karena tekanan darah tinggi sangat berpengaruh pada kesehatan janin. Kandungan potassium dalam air kelapa muda sangat efektif untuk menurunkan darah tinggi, sehingga ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi bisa minum air kelapa muda untuk menurunkan tekanan darahnya. Bagi ibu hamil yang punya tekanan darah rendah, jangan minum air degan terlalu banyak yaa

6. Meningkatkan HDL / kolesterol baik

Tubuh manusia memerlukan HDL atau kolesterol baik untuk menekan tingginya kolesterol jahat di dalam tubuh, karena kolesterol jahat itu sangat mengerikan dan menimbulkan banyak penyakit kronis dalam tubuh. Ibu hamil yang memiliki kolesterol tinggi sangat beresiko terkena masalah kehamilan, sehingga tumbuh kembang janin menjadi terganggu. Oleh karena itu, air kelapa muda sangat cocok diminum oleh ibu hamil untuk menaikkan HDL dan menekan angka kolesterol jahat dalam tubuh.
(baca : TANDA TANDA KEGUGURAN HAMIL MUDA DAN TIPS PENCEGAHANNYA)

7. Sumber vitamin C

Air kelapa muda ternyata mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah daya tahan tubuh, sebagai antioksidan dan mencegah macam - macam penyakit. Kebutuhan vitamin C ibu hamil, bisa dicukupi dengan minum air kelapa muda setiap hari ditambah buah buahan yang lain.

8. Menjadi sumber energi

Kandungan glukosa yang cukup tinggi pada air kelapa muda bisa menjadi sember energi untuk ibu hamil. Ibu hamil sangat memerlukan banyak energi untuk melakukan aktivitas sehari - hari, maka air kelapa muda bisa diminum sebagai tambahan sumber energi selain makanan sehat yang dikonsumsi tiap hari.
(baca : MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL AGAR BAYI TUMBUH SEHAT)

9. Sumber vitamin B

Vitamin B sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengganti jaringan tubuh yang rusak. Ibu hamil bisa mendapat asupan vitamin B dari air kelapa muda, karena selain mengandung viatamin C, air kelapa muda juga banyak mengandung vitamin B.

10. Menjaga kesehatan jantung

Air kelapa muda ternyata juga mengandung kalium dan magnesium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ibu hamil perlu minum air kelapa muda untuk menjaga kesehatan jantungnya dan kesehatan jantung janin dalam kandungan.

Itulah 10 manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil yang bisa saya tulis. Perlu Anda tahu bahwa air kelapa muda tersebut sebaiknya diminum langsung tanpa adanya tambahan es, gula atau pemanis yang lain, karena bisa mengakibatkan sesuatu diluar harapan. Jika artikel ini bermanfaat tolong bantu share kepada orang lain lewat tombol berbagi yang kami sediakan dibawah artikel.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top