Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil yang Sering Diabaikan

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil memang sudah sangat populer. Ketika Anda sedang menjalani masa kehamilan, banyak orang yang menyarankan untuk mengkonsumsi buah alpukat. Kabar tentang manfaat buah alpukat tersebut juga banyak diinformasikan lewat media cetak, elektronik maupun internet. Dokter dan bidan yang memeriksa kandungan, biasanya juga memberikan saran agar ibu hamil banyak mengkonsumsi buah alpukat.

Alpukat, merupakan buah yang terkenal dengan kandungan lemak yang cukup tinggi. Lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, alias lemak baik yang diperlukan oleh tubuh. Buah alpukat merupakan sumber nutrisi seimbang bagi manusia sejak masih dalam kandungan. Buah ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan tidak memicu terjadinya kelainan kehamilan, kecuali jika mengkonsumsinya dengan dipadu es dan gula yang berlebihan.

Buah alpukat yang biasanya dinikmati dengan cara dijus itu memang memiliki banyak kandungan manfaat dan termasuk buah yang baik untuk ibu hamil . Kandungan protein yang cukup tinggi dalam alpukat sangat cocok bila dikonsumsi oleh ibu hamil, mengingat besarnya kebutuhan ibu hamil akan protein. Secara rinci, kami akan coba tuliskan beberapa kandungan buah alpukat yang bermanfaat untuk ibu hamil pada artikel ini.

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil


Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi jus alpukat, karena di dalamnya mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi dalam buah alpukat begitu banyak, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Berprotein Tinggi

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa, protein sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk kebutuhan diri dan janinnya. Mengkonsumsi buah alpukat merupakan salah satu cara yang tepat untuk mensuply kebutuhan protein tersebut. Namun demikian, usahakan untuk membuat jus alpukat yang aman untuk ibu hamil, yaitu jangan pakai es dan jangan mengggunakan terlalu banyak gula. Jika alpukat yang dikonsumsi itu salah dalam penyajian seperti itu, justru malah bisa membahayakan kandungan,
(baca : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Sehat)

2. Asam Folat (folid Acid)

Selain berprotein tinggi, alpukat juga mengandung asam folat. Asam folat ini bisa dikatakan sebagai nutrisi wajib bagi janin yang harus dipenuhi sejak usia kandungan muda sampai menjelang persalinan. Asam folat sangat penting bagi janin, salah satunya adalah untuk menghindari cacat otak pada bayi, menghindari kerusakan sumsum tulang belakang dan mencegah terjadinya spina bifida (keluarnya jaringan saraf tulang belakang janin). Asam folat (folid Acid) menurut dr. Riyani Limoa SpOG merupakan senyawa yang gampang larut di dalam air dan sangat diperlukan oleh janin untuk menghindari bayi lahir dengan kondisi cacat. Untuk mencegah terjadinya cacat lahir,  beliau mempunyai tips - tips yang sangat perlu diketahui oleh pasangan suami istri, terutama pasutri yang masih awam dalam menjalani masa kehamilan.

3. Mengandung Vitamin B Kompleks

Vitamin B yang terkandung dalam buah alpukat sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil dan menjaga stamina. Dengan demikian, konsumsi buah alpukat untuk ibu hamil bisa mencukupi kebutuhan energi dan menjaga tubuh tetap fit. Seorang wanita yang sedang menjalani masa kehamilan akan lebih cepat kehilangan nutrisi dan cairan tubuh sebab diserap oleh janin yang dikandungnya. Oleh karena itu, konsumsi buah alpukat sangat baik untuk ibu hamil.

4. Kalsium

Alpukat juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium sangat dibutuhkan oleh janin untuk membantu pertumbuhan tulangnya. Perlu difahami bahwa, kalsium yang diperlukan oleh ibu hamil itu cukup banyak, mengingat yang butuh kalsium bukan hanya ibu hamil, tetapi janin dalam kandungan juga butuh kalsium. Jika kebutuhan kalsium janin tidak terpenuhi, maka janin akan mengambil kalsium dari ibunya, sehingga ibu hamil bisa kekurangan kalsium. Ibu hamil yang kekurangan kalsium bisa mengalami pengeroposan tulang di kemudian hari.

5. Mengandung Vitamin C

Selain kandungan diatas, alpukat juga mengandung vitamin C. Vitamin ini diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Penyerapan zat besi yang baik, akan berdampak baik pada janin, yaitu bisa menghindarkan resiko terjadinya cacat pertumbuhan tulang serta membantu menormalkan tumbuh kembang janin. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah berbagai macam penyakit dan sebagai antioksidan.

6. Mengandung Vitamin E dan Vitamin K

Vitamin E diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga keseimbangan psikologi dan menjaga metabolisme tubuh. Hal ini sangat penting, mengingat ketidak seimbangan emosi ibu hamil menjadi kacau karena pengaruh perubahan hormon dalam tubuhnya. Selain itu, buah alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit ibu hamil yang biasanya mengalami kulit sensitif akibat perubahan hormon. Sedangkan vitamin K diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu pembentukan sel darah merah, sehingga ibu hamil tidak drop pada saat menjalani persalinan.

7. Mengandung Lemak tak Jenuh Tunggal

Buah alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sering diistilahkan dengan lemak baik. Lemak ini diperlukan oleh tubuh untuk membantu menurunkan kolesterol dan mencukupi senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil untuk mengembangkan sistem syaraf, mata dan otak bayi. Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara teratur, ibu hamil akan mendapatkan manfaat yang cukup banyak.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari buah alpukat. Namun, perlu saya ingatkan sekali lagi bahwa buah yang kaya akan manfaat tersebut bisa menjadi sebuah ancaman yang membahayakan jika penyajiannya salah. The American Pregnancy Association pernah memberikan sebuah peringatan kepada ibu hamil agar tidak mengkonsumsi buah yang diberi campuran keju impor karena besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya. Ibu hamil hendaknya tidak mengkonsumsi alpukat dengan dicampur makanan yang membahayakan kandungan dan memicu terjadinya keguguran. Untuk lebih jelasnya silahkan baca : MAKANAN PENYEBAB KEGUGURAN KANDUNGAN YANG WAJIB ANDA KETAHUI

Manfaat alpukat untuk ibu hamil memang banyak, namun tetap waspadalah. Sebarkan artikel sederhana ini kepada orang lain agar mereka tahu tentang info bermanfaat ini. Terima kasih telah mampir ke blog kami..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top