Manfaat Buah Anggur Bagi Ibu Hamil Muda yang Jarang Diketahui

Manfaat buah anggur bagi ibu hamil- Banyak orang yang menyukai buah anggur karena rasanya yang manis serta menyegarkan. Rasa manis pada buah anggur yang begitu dominan disebabkan karena kandungan glukosa yang tinggi. Anggur juga memiliki cukup banyak kandungan alkohol, sehingga ibu hamil perlu membatasi diri dalam mengkonsumsi buah anggur meskipun sebenarnya mengandung banyak manfaat. Menurut beberapa sumber ibu hamil hanya boleh mengkonsumsi buah anggur maksimal 50 gram per hari. Larangan tidak boleh mengkonsumsi buah anggur dengan berlebihan ini dikarenakan kandungan alkohol yang terlalu tinggi, sehingga dapat membahayakan janin. Selain anggur, masih ada buah lain yang banyak mengandung alkohol dan menjadi pantangan bagi ibu hamil, seperti nangka dan durian. (baca : Pantangan Hamil Muda Agar Tidak Keguguran)

Konsumsi buah anggur yang tidak terlalu berlebihan dan masih batas wajar bagi ibu hamil akan banyak manfaatnya, karena kandungan buah anggur sangatlah banyak. Kandungan tersebut antara lain adalh sebagai berikut :
  • Mengandung banyak vitamin, yaitu vitamin A, C dan B1
  • Kalsium
  • Beta karoten
  • Magnesium
  • Beta karoten
  • Serat
  • Zat besi
  • Asam folat
  • Omega 3 dan DHA
Informasi yang banyak tersebar di masyarakat umumnya hanyalah efek negatif dari buah anggur, sehingga banyak ibu hamil yang merasa takut untuk mengkonsumsi buah anggur. Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas tentang manfaat buah anggur bagi ibu hamil yang dikonsumsi sesui batas kewajaran, yaitu maksimal 50 gram per hari.

Manfaat Buah Anggur Bagi Ibu Hamil Muda

Manfaat Buah Anggur Bagi Ibu Hamil


Agar ibu hamil tidak hanya memandang buah anggur dari sisi negatifnya saja, berikut kami tuliskan beberapa manfaatnya:

1. Membantu Perkembangan Otak Janin

Seperti yang telah saya tuliskan diatas bahwa salah satu kandungan buah anggur adalah asam folat. Asam folat sangatlah diperlukan oleh janin untuk membantu menyempurnakan sistem jaringan tubuh yang dibentuknya. Kekurangan asam folat, bisa berakibat bayi lahir cacat atau bahkan meninggal dalam kandungan. Asam folat dalam buah anggur berguna untuk :
  • Mengurangi resiko kelahiran cacat pada bayi
  • Membentuk syaraf otak bayi
  • Membantu dalam pembentukan tabung otak bayi
  • Membantu pembentukan sumsum tulang belakang

2. Membentuk Tulang Bayi

Buah anggur juga bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang bayi dengan kandungan kalsium didalamnya. Tidak hanya bermanfaat bagi janin, ibu hamil juga mendapat banyak kemanfaatan dari kalsium yang terkandung dalam buah anggur, sebab kebutuhan ibu hamil akan kalsium itu cukup banyak.

3. Pembentukan Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang janin yang terletak pada tulang belakang atau tulang punggung merupakan salah satu organ janin yang sangat penting. Dikatakan penting karena tanpa adanya sumsum tulang belakang, bayi tidak bisa berkembang dengan normal dan mengalami kelainan. Saat sudah lahir pun, bayi tersebut tidak akan mampu untuk duduk dan berdiri, hanya mampu berbaring diatas tempat tidur. Kandungan asam folat dalam buah anggur sangat bermanfaat untuk membantu dalam membentuk sumsum tulang belakang.

4. Mencegah Anemia (kurang darah)

Ketika ibu hamil memasuki trimester kedua maka rawan terkena anemia. Hal itu terjadi kerena pada saat itu janin telah berkembang dengan cukup cepat sehingga membutuhkan sel darah merah yang cukup banyak. Buah anggur adalah salah satu buah yang memiliki kandungan zat besi cukup banyak sehingga efektif untuk mencegah terjadinya anemia. Namun tetap perlu diingat bahwa konsumsi buah anggur itu harus tetap dalam porsi yang wajar. 

5. Membantu dalam Pembentukan Syaraf Pusat

DHA dan omega 3 adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan syaraf pusat janin. DHA dan omega3 ternyata bisa dijumpai pada buah anggur yang dikonsumsi dengan sewajarnya. Selain anggur omega3 dan DHA juga bisa dijumpai pada makanan yang lain.
(baca : Makanan Sehat Ibu Hamil agar Bayi Sehat )

6. Pembersih Toksin

Buah anggur juga mampu membebaskan ibu hamil dari toksin dengan kandungan seratnya. Perlu diketahui bahwa toksin yang menumpuk pada tubuh ibu hamil akan memberikan pengaruh jelek pada kesehatan janin. Kandungan serat pada buah anggur mempunyai peran besar dalam :
  • Melancarkan pencernaan ibu hamil
  • Membersihkan toksin yang menempel di usus dan dikeluarkan bersama dengan BAB

7. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Pada saat seorang wanita sedang hamil, biasanya mereka mengalami sembelit dan masalah pada pencernaan yang lain. Hal ini adalah wajar dan umum dialami oleh ibu hamil, bahkan keadaan ini bisa dijadikan sebagai pertanda kehamilan jika dibarengi dengan tanda kehamilan yang lain.
Buah anggur yang kaya akan kandungan magnesium sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan yang dialami oleh ibu hamil, yaitu sembelit dan atau masalah pencernaan yang lain.

8. Meningkatkan Sistem Imun

Wanita yang sedang menjalani masa kehamilan biasanya rentan terhadap penyakit, entah itu demam, batuk, pilek dan penyakit yang lain. Hal ini dikarenakan peningkatan hormonal yang dialami oleh ibu hamil. Oleh sebab itu, ibu hamil harus pandai - pandai dalam menjaga kesehatan agar janin dalam kandungannya tidak terkena efek buruk. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk selalu menjaga kesehatan adalah mensuply tubuh dengan asupan vitamin C, karena salah satu manfaat vitamin C adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Buah anggur merupakan buah yang kaya akan vitamin, termasuk vitamin C, maka anggur sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dengan tetap mempertimbangkan batas kewajaran.

9. Meningkatkan Kinerja Ginjal

Ibu hamil biasanya sering kencing tapi sedikit - sedikit dan tidak bisa kencing seperti pada saat belum hamil, yaitu kencing dalam jumlah banyak. hal itu dipengaruhi oleh kerja ginjal sedikit terganggu. Buah anggur dengan sifat alkaline forming mampu bekerja untuk membantu meningkatkan kinerja ginjal. Dengan demikian, buah anggur baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk meningkatkan kinerja ginjal.

10. Membersihkan Lemak Jahat

Sifat alkaline forming pada buah anggur juga bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh lemak jahat, seperti jantung, penyempitan pembuluh darah, hipertensi dan lain - lain. Penyakit tersebut bisa muncul akibat dari banyaknya lemak jahat yang menempel pada pembuluh darah. Sifat alkaline forming dalam buah anggur membuat ibu hamil mengalami pelebaran pembuluh darah sehingga bisa terhindar dari penyakit tersebut.

11. Mengatasi Kolesterol Tinggi

Hamil bukan suatu jaminan untuk bisa terhindar dari kolesterol. Bahkan tingginya kolesterol tubuh bisa mengakibatkan macam - macam penyakit berbahaya, termasuk darah tinggi. Darah tinggi bagi ibu hamil termasuk masalah yang harus segera diselesaikan, karena bisa mengakibatkan hal yang tidak baik bagi diri ibu hamil dan janin. Dengan mengkonsumsi anggur, masalah kolesterol akan bisa teratasi, tentunya dengan dibarengi melakukan tips - tips mengatasi kolesterol yang lain.

12. Mengurangi Pembengkakan Kaki

Pada umumnya ibu hamil mudah mengalami pembengkakan pada anggota tubuh, terutama kaki. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan gerakan - gerakan, seperti senam hamil dan gerakan lainnya. Penyembuhan masalah tersebut bisa dibantu dengan mengkonsumsi buah anggur. Hal ini bisa terjadi karena buah anggur mempunyai kandunagan magnesium dan kalsium yang sangat efektif untuk mengatasi masalah Pembengkakan tersebut.

13. Membuat Kulit Lebih Elastis

Inilah masalah yang biasa dikeluhkan oleh ibu hamil, yaitu munculnya stretch mark  pada bagian anggota tubuh tertentu. Stretch mark ini akan lebih kelihatan pada saat setelah melahirkan. Anggur merupakan buah yang bermanfaat untuk membuat kulit menjadi elastis. Dengan demikian, stretch mark yang dikuatirkan oleh ibu hamil bisa diminimalisir. 

14. Menstabilkan Metabolisme Tubuh

Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil membuat sistem metabolisme tidak stabil sehingga berpengaruh pada kesehatan ibu hamil. Jika ibu hamil mengalami gangguan kesehatan, maka janin dalam kandungan pun akan memperoleh efek negatif. Untuk menstabilkan metabolisme tubuh bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah anggur dengan batas wajar, yaitu maksimal 50 gram per hari.

Bahaya Buah Anggur Bagi Ibu Hamil


Selain manfaat yang banyak, buah anggur juga bisa menjadi bencana bagi ibu hamil, yaitu jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Dikatakan bahaya karena buah anggur yang dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil bisa mengakibatkan efek negatif antara lain sebagai berikut :

a. Diare

Konsumsi buah anggur yang berlebihan bisa mengakibatkan diare, yang diakibatkan oleh rasa masam buah anggur tersebut. Diare yang dialami oleh ibu hamil tidak bisa dianggap masalah yang sepele karena, ibu hamil bisa mengalami kekurangan cairan. Kekurangan cairan bisa membuat ibu hamil menjadi lemes tak bertenaga yang berkepanjangan.

b. Magg

Ibu hamil yang punya penyakit magg bisa kambuh jika mengkonsumsi anggur dalam jumlah yang banyak. Rasa asam buah anggur bisa meningkatkan asam lambung tubuh, sehingga besar kemungkinan magg menjadi kambuh.

c. Kembung

Selain bahaya diatas, buah anggur juga bisa membuat perut ibu hamil menjadi kembung jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Hal itu terjadi karena buah anggur termasuk dalam kategori buah yang bisa menimbulkan gas dalam perut. Ibu hamil yang mengalami perut kembung biasanya merasa tidak nyaman dan menjadi malas makan.

d. Dan masih banyak masalah lain yang diakibatkan makan buah anggur dalam porsi yang banyak.

Itulah manfaat buah anggur bagi ibu hamil dan bahaya yang ditimbulkan jika dikonsumsi berlebihan. Berhubung buah anggur yang kaya akan manfaat itu juga dihantui dengan beberapa macam bahaya, maka saya sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung kepada dokter mengenai hal itu. Jika artikel ini bermanfaat tolong sebarkan kepada orang lain melalui tombol jejaring sosial dibawah ini. Dan jika artikel ini banyak kurangnya tolong dilengkapi dengan menulisnya dikolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top