Manfaat Buah Jeruk Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat buah jeruk untuk ibu hamil - Pada saat tanda kehamilan telah datang dan testpack telah menunjukkan positif hamil, pasangan suami istri akan tersenyum lebar karena calon buah hati sang penerus keturunan yang telah lama diidam - idamkan sudah berada dalam kandungan istri. Demi menjaga kesehatan janin ibu hamil hendaknya berusaha membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari semua makanan yang menjadi pantangan ibu hamil. Kesehatan ibu hamil adalah hal yang paling dominan dalam menjaga kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

Pola makan yang sehat adalah pola makan yang tidak luput dari adanya buah - buahan, sayur mayur, susu, daging dan ikan, serta menghindari makanan kurang sehat seperti alkohol, makanan berlemak jahat dan lain -lain. Dari sekian banyak buah - buahan, tidak semuanya baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena memilki kandungan yang membahayakan kandungan ibu serta membahayakan janin, bahkan bisa memicu terjadinya keguguran.
(baca : Makanan Penyebab Keguguran Kandungan yang Wajib Anda Ketahui)

Lalu bagaimana dengan jeruk ? apakah jeruk termasuk makanan yang sehat bagi ibu hamil, ataukah termasuk buah yang membahayakan ibu hamil ?
Temukan jawabannya di dalam artikel ini.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Buah Jeruk Untuk Ibu Hamil


Jeruk adalah buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C cukup tinggi, sehingga jeruk termasuk dalam kategori buah yang baik dan sehat untuk ibu hamil. Selain itu jeruk juga mengandung vitamin yang lain yang diperlukan oleh ibu hamil. Secara rinci, manfaat buah jeruk untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :

1. Kaya Vitamin C

Seperti yang telah diterangkan diatas bahwa, jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Dengan demikian jeruk sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh ibu hamil. Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk selain mampu menjaga kekebalan tubuh, juga mampu menjaga bayi untuk tetap sehat. Namun demikian Anda jangan sampai salah memilih jeruk, karena ada jeruk yang dijual dipasaran telah terkontaminasi oleh bakteri yang membahayakan kandunagan. Belilah jeruk yang segar dan benar - benar steril serta terbebas dari kontaminasi bakteri.

2. Mengurangi Reaksi Alergi

Wanita hamil sebaiknya mengkonsumsi 85mg vitamin C setiap hari. Kebutuhan vitamin c tersebut bisa diperoleh dengan buah - buahan, salah satunya adalah buah jeruk. Manfaat buah jeruk bagi ibu hamil salah satunya adalah mengurangi resiko terkena elergi serta membantu perkembangan otak janin dan menjaga kesehatan janin.

3. Kandungan Folat Sangat bermanfaat untuk Ibu Hamil

Folat adalah nutrisi yang sangat diperlukan oleh janin untuk menciptakan jaringan sel serta membantu pertumbuhan sel - sel baru. Kekurangan folat bisa mengakibatkan bayi lahir dengan berat dibawah rata - rata serta lahir cacat. Buah jeruk memiliki kandungan folat yang cukup banyak, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengingat saking pentingnya folat untuk janin, ibu hamil jangan sampai kekurangan folat dan perlu mendapat panduan dari para ahli kandungan.

4. Kulit Jeruk

Kulit jeruk ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak serta antioksidan, oleh karena itu, jika memungkinkan untuk mengkonsumsi jeruk bersama dengan kulitnya maka akan lebih baik.

Meskipun manfaat buah jeruk bagi ibu hamil sangat banyak, namun Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam mengkonsumsinya. Jika salah dalam mengkonsumsi buah jeruk, bukannya kebaikan yang diperoleh tapi justru bisa membahayakan kesehatan.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memanfaatkan Buah Jeruk Untuk Ibu Hamil


Manfaat buah jeruk untuk ibu hamil akan diperoleh dengan sempurna jika Anda memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Buah jeruk merupakan jenis buah sitrun yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan flu selama menjalani masa kehamilan. Oleh karena itu, jangan mengkonsumsi buah jeruk dengan berlebihan. Makanlah secukupnya saja dan jangan terlalu banyak
  2. Berhati - hatilah dengan jeruk kemasan yang dijual secara umum di pasaran, karena sangat rentan terkena bakteri berbahaya. Jika kekebalan tubuh ibu hamil lemah, maka akan mudah terserang penyakit dari bakteri yang hinggap di makanan. 
  3. Jus  buah jeruk dengan label " dingin" sebaiknya juga dihindari karena besar kemungkinan telah terkontaminasi oleh bakteri.
  4. Jika Anda harus memilih jus jeruk kemasan, maka pilih jus jeruk dengan label "dipasteurisasi". Tulisan "dipasteurisasi" maksudnya adalah jus jeruk yang telah diperkaya dengan kalsium dan mineral sehingga baik untuk ibu hamil.

Itulah manfaat buah jeruk untuk ibu hamil yang patut Anda ketahui. Bagikan artikel ini pada orang lain jika menurut Anda bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya

2 komentar

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top