Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil sangat Banyak, Benarkah ?

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil tidak bisa dianggap remeh. Memang mudah mendapatkan buah yang satu ini, di pekarangan rumah pun terkadang ada. Jika di pekarangan rumah tidak ada, di pasar juga banyak, dan harganya relatif murah. Tidak hanya di pasar tradisional, jambu biji juga banyak dijual di toko buah dengan kemasan yang keren dan menarik hati. Jambu biji yang sudah masak memiliki rasa yang manis dan enak, apalagi kalau dijus, rasanya segar menggelegar. Selain rasa yang begitu menggoda, jambu biji juga memiliki banyak kandungan vitamin C, bahkan melebihi kandungan vitamin C pada buah jeruk.

Menurut para peneliti makanan, vitamin C pada jambu biji lebih banyak ditemui pada kulitnya. Oleh karena itu kalau Anda biasa makan buah jambu biji dengan dikupas kulitnya, maka akan lebih baik jika mengkonsumsinya dengan tanpa dikupas. Selain kaya akan vitamin C, jambu biji juga banyak mengandung vitamin A, B, E, K, fospor, thiamin, magnesium, kalsium dan zat besi sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini bukanlah sesuatu yang baru, tapi sudah sejak lama, bahkan nenek moyang kita pun menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi buah jambu biji, meskipun mereka belum tahu secara pasti apa saja kandungan buah tersebut.

Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Ibu Hamil


Untuk melengkapi daftar buah yang baik untuk ibu hamil, jambu biji hadir dengan memberikan segudang manfaat yang dibutuhkan oleh ibu hamil beserta janin dalam kandungannya. Manfaat tersebut akan kami uraiakan secara singkat pada artikel berikut ini dengan sederhana. Berikut ini adalah manfaat buah jambu biji untuk ibu hamil :

1. Mengontrol tekanan darah

Pada saat menjalani masa kehamilan, seorang wanita akan lebih mudah terkena serangan darah tinggi dari pada wanita yang tidak hamil. Tekanan darah tinggi yang dialami oleh ibu hamil, bisa membahayakan kesehatan janin dan ibu hamil itu sendiri. Oleh karena itu, penting kiranya bagi Anda untuk selalu menjaga tekanan darah termasuk dengan mengkonsumsi makanan - makanan yang bisa mengontrol tekanan darah. Jambu biji yang dikonsumsi oleh ibu hamil secara rutin 1 biji per hari dapat mengontrol tekanan darah tetap stabil.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh ibu hamil juga harus dijaga demi kesehatan sang buah hati yang masih berada di dalam perut. Kekebalan tubuh yang baik akan berdampak positif pada janin dan ibu hamil itu sendiri. Selain itu, kekebalan tubuh yang kuat juga mampu mencegah bahaya yang ditimbulkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jambu biji sangat cocok untuk ibu hamil guna menjaga kekebalan tubuh, apalagi jambu biji yang dikonsumsi tanpa dikupas.

3. Meningkatkan Indra Penglihatan Janin

Jambu biji, selain mengandung vitamin C juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk meningkatkan indra penglihatan janin. Vitamin A sangat diperlukan oleh bayi sejak masih berada dalam kandungan, karena vitamin A bisa meningkatkan fungsi kerja mata serta menghindarkan bayi dari kebutaaan sejak lahir.

4. Mengatasi Sembelit dan Melancarkan Pencernaan

Seperti yang telah saya tulis pada artikel sebelumnya mengenai gejala hamil muda minggu pertama, sembelit merupakan salah satu gejala kehamilan yang umum dialami oleh ibu hamil. Jambu biji merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat, sehingga mampu membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Selain bisa melancarkan pencernaan serat yang terkandung dalam buah jambu biji juga sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini menjadi penting ketika Anda menjalani masa kehamilan, karena obesitas / kegemukan saaat hamil juga kurang baik bagi kesehatan.

5. Kaya Asam folat

Manfaat asam folat bagi janin sudah tidak asing lagi, hampir semua ibu hamil mengetahuinya.  Asam folat merupakan nutrisi wajib untuk janin. Mengapa demikian ? karena kekurangan asam folat pada janin bisa berakibat buruk, yaitu bayi cacat lahir, berat badan tidak seimbang dan akibat buruk yang lain. Asam folat bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan atau buah - buahan yang banyak mengandung asam folat serta beberapa kapsul asam folat yang diberikan oleh bidan atau dokter. Mengingat kegunaan asam folat yang begitu besar serta akibat buruk yang menakutkan jika sampai janin kekurangan, maka ibu hamil perlu mempunyai buku panduan untuk merawat kehamilan serta panduan khusus dari dokter spesialis.

6. Membantu Pembentukan Tulang janin

Kandungan kalsium pada buah jambu biji sangat baik untuk membantu pembentukan tulang janin. Kalsium banyak diperlukan oleh ibu hamil, karena sebenarnya kalsium itu dibutuhkan oleh dua orang. Jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi dengan baik maka akan berakibat kurang baik pada tubuh ibu hamil. Kalsium juga banyak ditemui pada buah alpukat, sehingga alpukat juga sangat baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil
(baca : Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil)

7. Mencegah Anemia

Wanita yang mengalami anemia atau kurang darah bisa menjadi tantangan berat bagi ibu hamil sebab bisa berdampak kurang baik pada kesehatan tubuh. kandungan vitamin K, vitamin E, mangan, tembaga dan magnesium pada buah jambu biji sangat bagus untuk meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga bisa mengatasi masalah kurang darah saat hamil.

8. Mengurangi Kolesterol

Kolesterol yang tinggi membuat ibu hamil rentan akan serangan penyakit berbahaya. Kandungan serat yang tinggi serta pectin pada jambu biji sangat bermanfaat untuk menetralisir kadar kolesterol. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan jambu biji, konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang berlimpah.

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil diatas tentu harus dilakukan dengan hati - hati dan jangan berlebihan, karena kalau tidak tepat dalam penyajian dan takarannya justru bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan. Sebarkan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top