Susah Tidur Saat Hamil Muda, Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Susah tidur saat hamil muda - Kehamilan merupakan hal sangat ditunggu - tunggu oleh pasangan suami istri, apalagi pasutri yang telah lama belum dikaruniai anak. Ketika istri mulai merasakan tanda -  tanda kehamilan, hari - hari pasutri tersebut seakan dipenuhi dengan bunga - bunga kebahagiaan yang tak terkira. Namun dalam perjalanan, terkadang ibu hamil mengalami hal - hal aneh yang tidak pernah dialami pada saat sebelum hamil. Misalnya, pada saat hamil muda umumnya wanita mengalami yang namanya "ngidam". Ini adalah hal aneh yang umum dirasakan oleh ibu hamil tanpa sebab yang jelas. Mereka minta buah yang aneh - aneh, bahkan minta makanan yang dulu paling dibencinya.

Terkadang wanita hamil juga mengalami kondisi yang menjengkelkan, misalnya : mual, muntah, sembelit, susah tidur dan lain - lain. Keadaan tersebut adalah hal yang wajar dan umum dialami oleh ibu hamil, namun jika tidak segera diatasi bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan. Contoh : Mual dan muntah itu umum dan wajar terjadi pada wanita hamil, tapi jika tidak segera diatasi bisa berakibat buruk pada kondisi badan, yaitu menjadi lemes, loyo dan bahkan mudah terkena penyakit.
(baca : Cara Mengatasi Mual Saat hamil Muda)

Susah tidur, juga tidak bisa dianggap sepele, karena ibu hamil yang kurang tidur bisa berakibat kurang baik pada kesehatan, apalagi bagi ibu hamil dengan tensi rendah. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, blog "tandalagihamil" akan membahas tentang susah tidur saat hamil, yaitu mengenai penyebab dan beberapa tips sederhana untuk mengatasinya.

Susah Tidur Saat Hamil Muda

Penyebab Susah Tidur Saat Hamil


Ada beberapa penyebab yang membuat ibu hamil susah tidur, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Perut mual dan mules
  • Badan terasa pegal dan letih
  • Sering pipis
  • Posisi tidur terasa tidak nyaman
  • Perut sudah mulai membesar
  • Gerakan bayi dalam perut
  • dan lain - lain
Sebab tersebut biasa muncul ketika seorang wanita mulai mengandung janin dalam rahimnya. Tidak semua wanita hamil mengalami susah tidur, namun sebagian besar mengalaminya, bahkan sampai menjengkelkan. Untuk itu, langkah awal yang harus dilakukan untuk mengatasi susah tidur adalah berusaha mengatasi sebab - sebab diatas. Sebagai contoh ibu hamil yang susah tidur karena perutnya terasa mules, maka berusahalah untuk mengatsi rasa mules itu, meskipun dengan tips - tips sederhana.  (baca : Mules Saat Hamil Muda dan Tips Mengatasinya)

Setelah penyebab - penyebab tersebut diatasi, selanjutnya Anda bisa mempraktekkan beberapa cara agar bisa tidur dengan nyaman yang saya tulis di artikel ini.

Tips Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Muda


Pada saat seorang wanita menjalani masa kehamilan muda, susah tidur sudah mulai membayanginya, dan pada masa kehamilan tua yaitu trimester kedua dan ketiga susah tidur yang dialami oleh ibu hamil akan terasa semakin parah karena perut sudah mulai membesar dan bayi dalam kandungan sudah mulai bergerak - gerak. Keadaan itu, jika dibiarkan bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan ibu hamil, maka perlu segera diatasi dengan melakukan tips - tips sederhana. Jangan mengkonsumsi obat penenang atau obat tidur , karena efek samping obat tersebut bisa berakibat buruk pada kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Untuk mengatasinya, Anda cuma perlu melakukan cara berikut ini :

1. Cari posisi tidur yang nyaman


Untuk mengatasi masalah susah tidur, hal pertama dan utama yang harus Anda lakukan adalah mencari posisi tidur yang paling nyaman. Menurut pendapat para ahli kesehatan, posisi tidur yang paling baik dan sangat dianjurkan untuk ibu hamil adalah posisi miring ke kiri, karena posisi tidur tersebut bisa membantu mengoptimalkan aliran nutrisi, darah dan oksigen ke plasenta. Untuk membantu menemukan posisi yang nyaman, Anda bisa menggunakan bantal untuk menyangga leher dan perut.

2. Mandi air hangat agar tidur nyenyak

Anda juga bisa mengatasi masalah susah tidur dengan mandi air hangat. Pada sore hari, mandilah dengan menggunakan air hangat dan sabun beraroma wangi  yang paling Anda sukai. Hal ini mampu memberikan efek segar dan nyaman bagi ibu hamil sehingga masalah susah tidur yang dialami bisa teratasi. Disarankan untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas pada saat mandi air hangat.

3. Jangan Makan Banyak Menjelang Tidur


Di malam hari, ibu hamil terkadang ingin makan atau ngemil, karena perut terasa melilit - lilit.Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk makan di malam hari, tapi ibu hamil harus tetap hati -hati. Jangan makan terlalu banyak menjelang tidur karena bisa menyebabkan susah tidur. Betapa tidak, perut yang penuh, sebah pasti membuat ibu hamil semakin tidak nyaman dalam tidurnya. Untuk itu, ibu hamil yang terasa ingin makan saat malam hari, bisa diganti dengan minum segelas susu dan mengkonsumsi makanan ringan.

4. Minum segelas susu menjelang tidur


Susu merupakan minuman yang baik untuk ibu hamil karena mengandung banyak kalsium. Selain itu, susu juga mengandung asam amino trytophan yang dapat membantu meningkatkan serotonin otak dan bisa membuat cepat tidur. Menjelang tidur atau saat perut terasa melilit - lilit ingin makan di malam hari, segeralah untuk membuat segelas susu dan meminumnya ketika masih hangat.

5. Dengarkan musik sebagai penghantar tidur


Mendengarkan musik bagi orang tertentu bisa membuat pikiran terasa lebih tenang dan nyaman. Jika Anda tergolong orang yang menjadi tenang ketika mendengarkan alunan musik, maka Anda bisa dengarkan musik sebagai penghantar tidur. Pilihlah musik yang slow dan membuat rileks sehingga Anda bisa cepat tertidur.

6. Pijatan lembut saat mau tidur


Susah tidur yang dialami oleh ibu hamil juga bisa diatasi dengan pijatan - pijatan lembut. Mintalah suami untuk memijit tubuh Anda dengan lembut agar badan terasa enak dan pikiran menjadi lebih tenang / rileks sebab sentuhan perhatian suami. Pijatan tersebut bisa dilakukan pada saat menjelang tidur atau saat ibu hamil merasa susah tidur.

7. Tarik nafas panjang saat susah tidur


Saat Anda mengalami susah tidur, cobalah untuk menarik nafas panjang dan keluarkan pelan - pelan. Hal itu, bisa mengurangi ketegaangan otot dan membantu untuk cepat tidur. Tari nafas itu dilakukan dengan cara, tarik nafas melalui hidung sedalam - dalamnya, tahan sebentar lalu keluarkan melalu mulut pelan - pelan dan ulangi beberapa kali.

8. Jangan berbaring ketika sedang susah tidur


Pada saat sulit tidur, jangan berbaring di tempat tidur, tapi lakukan aktifitas, seperti membaca, menulis dan lain - lain. Berbaring di tempat tidur ketika susah tidur bukannya membuat semakin mudah tidur, justru membuat semakin sulit tidur. Istilah jawanya "kancilen"

9. Olah raga rutin membuat tidur nyenyak

Olah raga yang dilakukan dipagi hari bisa membantu ibu hamil untuk bisa tidur nyenyak di malam hari. Disamping itu, jangan terlalu lama tidur di siang hari, karena tidur terlalu lama di siang hari bisa membuat ibu hamil susah tidur di malam harinya.

Susah tidur saat hamil memang umum terjadi, tetapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Selamat mencoba tips diatas, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada orang lain agar mereka juga bisa mengambil manfaat. Terima kasih atas kunjungannya...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top