Cara Menjaga Kehamilan Muda agar tidak Keguguran dan Bayi Normal

Cara menjaga kehamilan muda agar tidak keguguran - Kehamilan merupakan sesuatu yang menggembirakan dan paling ditunggu - tunggu oleh pasangan suami istri, mengingat calon penerus keluarga telah berada didalam rahim sang ibu. Mengetahui perkembangan janin, tentu menjadi hal yang sangat menarik dan menyenangkan hati pasangan suami istri.

Kehamilan yang dialami oleh seorang istri bisa segera diketahui dengan tanda kehamilan yang biasa muncul di awal kehamilan. Setelah tanda kehamilan muncul, barulah pasangan suami istri segera melakukan perawatan kehamilan dengan benar dan menjaga kehamilan agar tumbuh kembang bayi normal serta tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, seperti bayi lahir abnormal, bayi tidak berkembang, bahkan keguguran. Namun demikian, masih banyak pasangan suami istri yang belum tahu bagaimana cara menjaga kehamilan dengan benar agar bayi tidak keguguran. Oleh sebab itu, akan kami jelaskan secara singkat beberapa cara untuk menjaga kehamilan muda.

Cara Menjaga Kehamilan Muda agar tidak Keguguran

Tips Cara Menjaga Kehamilan Muda agar tidak Keguguran


Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kehamilan muda agar tumbuh kembang bayi bisa berjalan normal dan menghindari berbagai macam masalah kehamilan :

1. Hindari Melakukan Aktifitas yang Berat saat Hamil


Ibu hamil muda jangan kaget jika mengalami kondisi tubuh yang terasa mudah lelah bahkan sampai pingsan, karena hal itu umum dialami oleh ibu hamil sebab darah rendah. Ibu hamil, terutama saat hamil muda sangat dianjurkan untuk menghindari segala aktifitas yang berat. Selain itu jangan berdiri atau duduk terlalu lama, sebab duduk atau berdiri dalam waktu lama sama dengan melakukan aktifitas yang berat, sehingga ibu hamil merasa tambah cepat lelah. Usahkan beristirahat yang cukup, baik diwaktu siang maupun malam agar tubuh terasa lebih fress dan nyaman.

2. Kendalikan Emosi Saat Hamil


Pada saat menjalani masa kehamilan, biasanya ibu hamil lebih mudah terbawa emosi. Tidak ada sebab yang pasti tentang perubahan emosi ibu hamil yang semakin meningkat, namun banyak pendapat yang mengatakan bahwa perubahan emosi yang dialami oleh ibu hamil itu diakibatkan oleh perubahan hormone kehamilan. Emosi yang tak terkontrol bisa mempengaruhi tingkat stress ibu hamil sehingga membahayakan kesehatan janin. Untuk mengendalikan emosi, ibu hamil bisa melakukan beberapa cara, misalnya :
  1. Semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta
  2. Bercengkerama dengan suami 
  3. Dan cara lainnya
Perlu diketahui bahwa pengendalian emosi ini sangat penting dilakukan oleh ibu hamil, terutama bagi mereka yang mengalami riwayat hipertensi / tekanan darah tinggi.

3. Asupan Nutrisi ibu hamil yang Cukup


Untuk menjaga kehamilan muda agar tidak keguguran, ibu hamil perlu menjaga asupan gizi kedalam tubuh. Biasanya ibu hamil mengalami rasa mual dan muntah saat hamil muda, sehingga selera makan menjadi menurun. Jika asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kurang, maka bisa berakibat buruk bagi kesehatan janin. Resiko terjadi keguguran pun meningkat.
[baca : Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda]

4. Hindari Kebiasaan yang Buruk selama kehamilan


Ada beberapa kebiasaan buruk yang perlu dihindari saat menjalani masa kehamilan, seperti merokok, minum minuman keras, menggunakan obat obatan terlarang (narkoba), menghindari kafein, menghindari alkohol dan lain - lain. Kebiasaan tersebt perlu dihindari karena bisa menghambat pertumbuhan bayi dan membahayakan kesehatan bayi. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa ibu hamil yang masih merokok mempunyai peluang besar bayinya terlahir cacat dan atau keguguran. Kafein juga harus dihindari saat hamil, karena bisa mengurangi zat besi sehingga memperparah anemia.

5. Konsultasi Kehamilan ke Bidan atau Dokter Kandungan


Mengkonsultasikan kehamilan secara rutin ke bidan atau dokter kandungan merupakan hal penting dilakukan oleh ibu hamil guna memperoleh keterangan tentang tumbuh kembang serta kesehatan bayi. Jangan lupa untuk selalu membawa buku laporan kehamilan berwarna pink untuk mencatat secara lengkap riwayat kehamilan Anda. Jangan sungkan untuk menyampaikan segala keluhan kehamilan yang Anda alami, mulai dari pusing, mual, mules, ingin muntah, lemes dan lain - lain. Dengan demikian bidan atau dokter mudah dalam mengetahui tumbuh kembang bayi, normal atau tidak. Jika keluhan yang dialami berupa pendarahan hebat yang disertai kram perut yang tak kunjung henti serta muncul keputihan yang tak biasa, sebaiknya segera konsultasikan hal itu ke dokter guna memastikan keadaan kehamilan.
[baca : Tanda Keguguran Hamil Muda yang Wajib Anda Tahu]

7. Hindari Stress selama kehamilan berlangsung


Perlu diketahui bahwa janin yang masih dalam kandungan sebenarnya bisa merespons apa yang sedang dialami oleh ibu hamil. Ibu hamil yang sering mengalami stress besar kemungkinan bayi terlahir prematur dan lahir dengan berat badan yang ringan. Keguguran juga menghantui mereka yang sering stress saat menjalani masa kehamilan. Adapun cara untuk menghilangkan stress adalah dengan melakukan aktifitas - aktifitas yang menyenangkan, refreshing, bercengkerama bersama keluarga, olahraga ringan dan lain - lain.

8. Menghindari Makanan dan Minuman Tertentu Untuk Menjaga Kehamilan


Ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan ibu hamil karena bisa memicu terjadinya keguguran. Jangan sembarangan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif.

Itulah cara menjaga kehamilan muda agar tidak keguguran. Kehamilan adalah anugerah dari Alloh SWT dan menjaga kehamilan adalah wujud kesyukuran atas anugerah tersebut.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top