Ciri Ciri Hamil Anggur dan Penyebabnya, Waspadai Sebelum Menyesal

Ciri ciri hamil anggur - Ciri dan tanda kehamilan anggur bisa terdeteksi secara akurat dengan melakukan pemeriksaan medis, sedangkan pendeteksian hamil anggur dari luar terasa cukup sulit. Meskipun demikian, ciri hamil anggur sebenarnya bisa dirasakan oleh ibu hamil walau terkadang ibu hamil tidak menyadarinya. Hamil anggur merupakan kehamilan yang sangat tidak diharapkan oleh ibu hamil karena hamil anggur merupakan tumor jinak yang disebabkan oleh gagalnya pembuahan yang akhirnya menggumpal dan membentuk benjolan kecil seperti buah anggur.

Hamil anggur tidak bisa dianggap sepele karena jika tidak segera mendapatkan perawatan bisa berakibat perkembangan tumor yang berbahaya. Mengingat betapa besarnya resiko yang diakibatkan oleh hamil anggur jika tidak segera ditangani, maka pengenalan ciri hamil anggur perlu diketahui oleh pasangan suami istri sejak sedini mungkin.

Ciri Ciri Hamil Anggur dan Penyebabnya,

Macam dan Ciri Hamil Anggur


Ciri hamil anggur sekilas hampir sama dengan ciri dan gejala hamil normal, yaitu mengalami mual disertai muntah (morning sickness), telat datang bulan, hasil testpack positif hamil dan lain - lain.
[baca : Ciri - ciri Orang Hamil Muda 1 Minggu Pertama]

Lalu apa yang membedakan hamil anggur dengan hamil normal ?
Secara umum ciri hamil anggur dengan hamil normal itu mirip, namun gejala yang ditimbulkan oleh hamil anggur terasa lebih berat daripada hamil normal. Selain itu, kehamilan anggur bisa ditengarai dengan tidak adanya gerakan yang dirasakan meskipun usia kandungan sudah beberapa bulan. Wanita yang mengalami hamil anggur terkadang mengalami pendarahan dan keluar gelembung cairan dari vagina yang terlihat mirip dengan buah anggur.

Sebelum pembahasan tentang ciri hamil anggur dilanjutkan, akan lebih baik jika Anda ketahui lebih dulu beberapa macam hamil anggur atau mola hidatidosa. Hamil anggur terbagi menjadi 2 macam, yaitu complite mole dan partial mole. Berikut penjelasannya :

1. Complete Mole

Complete mole adalah kehamilan palsu secara keseluruhan, maksudnya adalah kehamilan yang secara fisik perut terlihat membuncit seperti orang hamil namun sebenarnya perut buncit tersebut bukan karena adanya janin dalam rahim, melainkan adanya jenis tumor jinak yang berada di dalam perut. Melihat kasus kehamilan anggur yang begitu mirip dengan kehamilan normal, maka penting kiranya untuk selalu memeriksakan kehamilan secara rutin ke bidan atau dokter kandungan minimal sebulan sekali.

2. Partial Mole

Portial mole adalah jenis kehamilan anggur yang berbeda dengan complete mole. Hamil anggur jenis ini pada awalnya merupakan kehamilan normal yang mana janin benar - benar ada dalam rahim ibu. Akan tetapi, semakin lama usia kandungan, janin tidak bisa berkembang dengan normal sehingga mengakibatkan janin cacat atau ketidak lengkapan anggota tubuh. Hal ini tentu sangat ditakuti oleh ibu hamil dan membuatnya trauma akan kehamilan.
[baca : Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar tidak Keguguran]

Untuk mengenali ciri hamil anggur baik complete mole maupun partial mole adalah seperti yang telah dibahas diatas, yaitu pada mulanya ibu hamil keliahatan mengalami kehamilan normal, bahkan ketika ditest menggunkan testpack hasilnya positif hamil. Hamil anggur juga bisa diketahui dengan mengamati ukuran perut yang terlihat tidak sesuai dengan usia kehamilan. Jelasnya, ukuran perut hamil anggur akan lebih cepat membesar daripada hamil normal karena hamil anggur perkembangannya lebih cepat daripada hamil normal. Ciri lain hamil anggur adalah sering terjadinya pendarahan dan morning sickness (mual muntah) yang tak kunjung henti.

Apabila anda mengalami gejala seperti tersebut diatas, sebaiknya segera periksakan kehamilan ke dokter guna meyakinkan kondisi kehamilan Anda. Perlu Anda ketahui bahwa, pada saat wanita mengalami gejala hamil anggur biasanya tekanan darah meningkat, kadar tiroid darah meningkat dan engalami gangguan kesehatan lain. Selain itu, wanita yang mengalami kehamilan anggur wajahnya akan terlihat pucat dan berwarna kekuningan.

Penyebab Hamil Anggur


Hamil anggur bisa terjadi karena banyak faktor, bahkan ada beberapa kehamilan anggur yang penyebabnya tidak jelas dan tidak bisa dipastikan secara medis. Ada beberapa penyebab umum hamil anggur yang perlu diwaspadai diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Kekurangan nutrisi penting seperti karoten, protein dan asam folat
  2. Kondisi ovum yang sudah mati
  3. Terjadi imunoselektif dari trofoblas
  4. Terkena infeksi virus
[baca : Makanan yang Mengandung Asam Folat]

Itulah ciri hamil anggur serta beberapa penyebab umum kehamilan anggur yang perlu diwaspadai. Setelah Anda mengetahui penjelasan mengenai hamil anggur, semoga semakin menjadikan Anda lebih waspada, hati - hati dan lebih menjaga kesehatan. Semoga informasi singkat ini bermanfaat...

2 komentar

sy rina usia 23 th. sudah telat haid sminggu.. tp sy tdk mrsa mual atau muntah trhdap. mkanan trtntu..dan jg tdk mrsa pusing hanya mudah mngantuk. tp pD sy trasa berat dan pnuh.. kdg prut nyeri kdg hilang nyeri ny.. sy tespek hasilny garis 2. stelah cek. ke. bidan tkanan darah sy 90. apakah normal sprti itu?

hamil muda terkadang memang begitu mbak,,
Jika ragu, silakan periksa ke dokter

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top