Ciri Fisik Wanita Hamil Usia 1 Minggu Pertama

Ciri fisik wanita hamil- Ketika seorang wanita menjalani masa kehamilan, maka ciri fisiknya akan terlihat dengan segera, bahkan seminggu pertama usia kehamilan ciri tersebut sudah muncul. Pada saat janin telah menempel pada rahim, tubuh ibu hamil akan memproduksi hormon human gonadotrophin hormone (HCG) yang sering disebut sebut sebagai hormon kehamilan. Pada saat terjadi pembuahan hormon kehamilan tersebut diproduksi oleh tubuh hanya sedikit, namun seiring perkembangan janin dalam rahim hormon tersebut semakin banyak.

Jumlah hormon kehamilan yang semakin banyak inilah yang akhirnya mempengaruhi perubahan fisik ibu hamil yang sering diistilahkan sebagai ciri fisik ibu hamil. Pada awal kehamilan sekitar seminggu pertama, ciri fisik ibu hamil belum terlalu terlihat, namun jika dicermati dengan seksama akan akan bisa terlihat. [baca : Tanda Kehamilan asli atau palsu]

Pada usia kehamilan 3 minggu ke atas, ciri fisik ibu hamil semakin terlihat jelas seiring dengan meningkatnya hormon kehamilan tersebut. ciri fisik ibu hamil akan semakin terlihat jelas pada usia 5 minggu sampai 6 minggu karena produksi hormon HCG semakin banyak.

Ciri Fisik Wanita Hamil Usia 1 Minggu Pertama

Ciri Fisik Wanita Hamil


Ada beberapa ciri fisik yang muncul pada saat seorang wanita mengalami kehamilan. Ciri ini penting diketahui untuk mendeteksi kehamilan sejak sedini mungkin, guna melakukan penanganan kehamilan secara tepat. Perawatan kehamilan secara tepat sangatlah penting karena berpengaruh besar pada kesehatan dan tumbuh kembang janin. Kesalahan perawatan kehamilan bisa berakibat fatal, yang terparah yaitu kalau sampai terjadi keguguran. Untuk mendeteksi kehamilan sejak dini, berikut ini kami tuliskan beberapa ciri fisik ibu hamil yang umum dialami :

1. Ibu hamil sering buang air kecil


Saat menjalani masa kehamilan rahim semakin membesar sehingga menekan kandung kemih. Hal ini bisa membuat ibu hamil menjadi sering terasa ingin buang air kecil. Ciri kehamilan sering pipis ini bukanlah hal yang berbahaya, namun sedikit mengganggu karena membuat ibu hamil bolak - balik pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil. Ketika ibu hamil terasa ingin pipis sebaiknya segera saja pipis, jangan ditunda - tunda karena bisa mengakibatkan masalah kesehatan ibu hamil, seperti infeksi saluran kemih dan lain sebagainya.

2. Mudah lelah di awal kehamilan


Seorang wanita yang menjalani masa kehamilan akan terasa mudah lelah yang diakibatkan meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh. Selain perubahan hormon, mudah lelah yang dialami ibu hamil juga dikarenakan tubuh ibu hamil yang bekerja lebih keras seiring dengan perkembangan janin dalam rahim. Jika Anda merasa mudah lelah saat hamil, jangan khawatir, tenang saja, karena itu adalah hal yang wajar dialami oleh ibu hamil.

3. Ibu hamil mengalami mual (morning sickness)


Morning sickness adalah rasa mual yang dialami oleh ibu hamil. Umumnya Morning sickness terjadi di pagi hari, walaupun pada sebagian ibu hamil tidak hanya merasa mual di pagi hari saja. Penyebab dari morning sickness memang belum bisa dipastikan, namun banyak yang berpendapat bahwa morning sickness terjadi karena pengaruh hormon HCG atau hormon kehamilan yang meningkat. Morning sickness biasa terjadi pada minggu - minggu pertama kehamilan, yaitu minggu pertama sampai ketiga, dan akan hilang pada minggu berikutnya dengan sendirinya. Ada sebagian wanita yang mengalami morning sickness sangat parah sampai tubuh terasa lemas tak bertenaga, bahkan sampai harus mendapat perawatan khususdi Rumah Sakit. Oleh karena itu, silahkan [baca : Cara mengatasi Mual Saat Hamil Muda] untuk mencegah terjadinya Morning sickness yang terlalu berat.

4. Suhu tubuh ibu hamil meningkat


Ciri fisik ibu hamil berikutnya adalah suhu tubuh meningkat yang disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh  dan akibat melebarnya pembuluh darah akibat relaksasi otot. Peningkatan suhu tubuh ini tidak berbahaya dan umum dialami oleh ibu hamil, jadi jangan khawatir.

5. Gangguan pencernaan ibu hamil


Gangguan pencernaan yang dialmi oleh ibu hamil ini disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh. Gangguan pencernaan ini biasanya menimbulkan sembelit atau susah buang air besar. Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan atau buah yang banyak mengandung vitamin C. Daftar buah yang banyak mengandung vitamin C bisa Anda cari di internet dengan mengetikkan kata kunci "daftar buah yang mengandung vitamin C". Jeruk adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C dan sangat banyak manfaatnya untuk ibu hamil

6. Bercak Darah Kehamilan


Pendarahan yang dialami oleh ibu hamil sebenarnya ada dua macam, yaitu normal dan tidak normal. Bercak darah tanda kehamilan (bercak darah normal) diakibatkan oleh proses implantasi, yaitu menempelnya janin ke dinding rahim pada saat pembuahan. Sedangkan bercak darah tidak normal disebabkan oleh banyak hal dan terkadang bercak darah malah menjadi tanda keguguran. Untuk lebih jelasnya silahkan [baca : Bercak Darah Tanda Kehamilan].

Itulah ciri fisik Wanita Hamil yang perlu dikenali oleh pasangan suami istri untuk dapat segera melakukan perawatan dan penanganan kehamilan dengan tepat. Tolong sebarkan artikel ini kepada orang lain untuk berbagi info bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top