Makanan yang tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil - Selama menjalani masa kehamilan, ibu hamil perlu menjaga pola makan yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil beserta janinnya. Perlu diketahui bahwa tidak semua makanan aman dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan perlu dijauhi guna menjaga kesehatan janin. Artikel berikut ini berisi rangkuman singkat tentang beberapa makanan yang tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil, sehingga bisa menjadi pedoman bagi ibu hamil dalam mengkonsumsi makanan sehat.

Diet sehat selama hamil serta menerapkan pola makan sehat sangat diperlukan untuk membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya. Sayur, buah, daging dan suplemen makanan juga diperlukan selama kehamilan karena banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, namun ada beberapa buah, daging dan sayur tertentu yang perlu dihindari selama hamil. Lebih jelasnya silahkan baca uraian berikut ini

Makanan yang tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

Makanan yang tidak Boleh dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil memang memerlukan banyak asupan nutrisi selama menjalani masa kehamilan, namun jangan sembarangan dalam mengkonsumsi makanan  karena ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil meskipun makanan tersebut sebenarnya banyak mengandung gizi. Hal itu disebabkan karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat - zat  yang terkandung di dalam makanan. Beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Buah dan Sayuran yang tidak dicuci


Buah dan sayur yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil harus dicuci terlebih dahulu karena sayur dan buah yang tidak dicuci besar kemungkinan mengandung parasit berbahaya yang bisa mengganggu kehamilan. Toxoplasma merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh parasit. Oleh sebab itulah, sayur dan buah yang akan dikonsumsi sebaiknya dicuci terlebih dahulu.

2. Pepaya Mentah atau Setengah Matang


Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa buah pepaya mentah atau setengah matang tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena getah pepaya yang terkandung didalamnya  bisa menyebabkan kontraksi rahim. Adapun buah pepaya yang sudah matang justru baik dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu untuk melancarkan pencernaan.

3. Hati hati konsumsi buah Nanas


Buah nanas memiliki kandungan bromelain yang bisa menyebabkan terjadinya peyakit perut dan reaksi alergi sehingga buah ini sangat tidak anjurkan untuk ibu hamil, lebih - lebih buah nanas muda. Nanas muda merupakan salah satu buah yang cukup membahayakan kelangsungan hidup janin dalam rahim, karena dengan mengkonsumsi buah nanas muda perut menjadi panas dan bisa berakibat pada keguguran kandungan.
[baca : Makanan Penyebab Keguguran Kandungan]

4. Keju Lunak atau Keju Impor


Keju lunak atau keju impor yang terbuat dari susu tidak dipasteurisasi,  kemungkinan besar mengandung bakteri listeria sehingga membahayakan kesehatan janin. Bakteri ini bisa menyebabkan masalah kehamilan seperti kerusakan fisik bayi dan bisa menyebabkan keguguran. Mengingat begitu besar masalah yang diakibatkan oleh bakteri tersebut, sebaiknya ibu hamil menghindari konsumsi keju lunak atau keju impor selama hamil.

5. Minuman Beralkohol


Pola hidup sehat saat hamil perlu dilakukan, termasuk menghindari minuman beralkohol. Mengkonsumsi alkohol saat hamil bisa membahaykan janin, yaitu dapat merusak otak dan menyebabkan sindrom alkohol yang berpengaruh pada kemampuan belajar serta perilaku anak.

6. Jus yang tidak Steril


Konsumsi jus buah sebenarnya baik untuk ibu hamil, namun jus yang belum tidak steril kemungkinan mengandung bakteri coli, bakteri salmonella dan bakteri - bakteri lain yang membahayakan kandungan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari jus segar restaurant saat hamil guna menghindari ancaman bakteri berbahaya tersebut.
[baca : Jus Buah yang Baik untuk Ibu Hamil]

7. Minuman Berkafein


Ibu hamil setiap hari dibatasi mengkonsumsi makanan berkafein maksimal 200mg per hari. Terlalu banyak minum minuman berkafein bisa mempengaruhi pertumbuhan bayi. Adapun minuman yang banyak mengandung kafein antara lain : kopi, teh, minuman cola dan coklat. Ibu hamil akan lebih baik jika minum susu, air putih atau jus daripada minum minuman berkafein.

8. Susu yang tidak dipasteurisasi


Minum susu adalah pola hidup sehat bagi ibu hamil mengingat kebutuhan kalsium yang sangat banyak. Namun demikian ibu hamil supaya tepat dalam memilih produk susu kehamilan, yaitu susu yang telah dipasteurisasi. Susu yang tidak dipasteurisasi kemungkinan besar terkontaminasi oleh bakteri listeria yang membahayakan kandungan, bahkan bisa menyebabkan keguguran.
[baca : Susu Ibu Hamil yang Baik]

9. Telur Mentah atau Setengah Matang


Telur merupakan sumber protein yang sangat baik oleh ibu hamil dengan syarat dimasak sampai matang, misalnya dibuat telur goreng atau telur orak - arik.  Telur yang dimasak setengah matang atau tidak dimasak sama sekali sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena bisa membahayakan kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

10. Konsumsi Tape


Tape ketan hitam, tape singkong dan semua jenis tape merupakan makanan yang tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung alkohol meskipun sedikit. Mengkonsumsi tape dalam jumlah terlalu banyak bisa menyebabkan kerusakan otak bayi serta gangguan perilaku.

11. Daging Mentah


Daging mentah tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena ada kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya seperti coliform, salmonella, toksoplasma dan bakteri lain yang membahayakan kehamilan. Ibu hamil boleh bahkan dianjurkan untuk mengkonsumsi daging dengan syarat harus dimasak hingga benar - benar matang.

12. Ikan Tertentu


Ikan merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung protein dan omega3 sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Akan tetapi ada jenis ikan tertentu yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung merkuri. Adapun jenis ikan yang banyak mengandung merkuri adalah ikan tengiri dan ikan todak.

13 Seafood Mentah

Ibu hamil tidak boleh makan seafood dalam keadaan masih mentah atau setengah matang. Jika seafood telah dimasak sampai benar - benar matang, tidak ada masalah jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Kerang yang dikonsumsi dalam keadaan masih mentah juga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung virus dan bakteri berbahaya penyebab keracunan.

14. Madu

Madu merupakan salah satu makanan dengan rasa manis dan cocok digunakan sebagai penambah stamina. Akan tetapi, madu bisa saja terkontaminasi oleh clostridia spora yang bisa mengakibatkan terjadinya kelumpuhan pada bayi. Oleh karena itu, ibu hamil hendaknya menghindari konsumsi madu selama menjalani masa kehamilan.

15. Kecambah Mentah

Kandungan nutrisi dalam kecambah sebenarnya sangat banyak, namun kecambah mentah bisa saja terkontaminasi oleh bakteri berbahaya seperti salmonella. Oleh sebab itu kecambah mentah juga termasuk makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain 15 jenis makanan tersebut diatas, ibu hamil jika membeli makanan untuk dikonsumsi hendaknya memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Jangan makan makanan yang telah melewati tanggal kadaluarsa
  • Jangan mengkonsumsi makanan dengan kemasan dalam kaleng atau kemasan rusak
  • Hindari produk beku yang tidak solid

Itulah makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top