Menu Sehat Ibu Hamil Muda Paling Cocok

Menu sehat ibu hamil - Pada saat pasangan suami istri diberi anugerah oleh Sang Maha Pencipta berupa kehamilan, hati terasa berbunga - bunga penuh kebahagiaan. Demi menjaga kesehatan dan tumbuh kembang sang buah hati, mereka menebak - nebak pantangan selama masa kehamilan dan selalu berhati - hati dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Makanan sehat pun sangat diperlukan ibu hamil guna menjaga kesehatan dan tumbuh kembang janin serta menghindari terjadinya keguguran, apalagi pada masa kehamilan trimester pertama yang sering kali ibu hamil mengalami mual, muntah dan kehilangan nafsu makan.
[baca : Pantangan Ibu Hamil agar tidak Keguguran]

Apakah makanan sehat itu adalah makanan yang dikonsumsi dengan porsi banyak ?
Jawabnya adalah tidak. Makanan sehat bukanlah porsi makan yang lebih banyak dari biasanya, tetapi kualitas makanan yang kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam masa kehamilan, ibu hamil hendaknya mengkonsumsi makanan yang tepat sasaran serta disesuaikan dengan usia kandungan. Pada awal kehamilan biasanya ibu hamil mengalami morning sickness ( mual muntah ) yang membuat tubuh terasa lemes dan mudah lelah, sehingga pada masa itu sangat perlu asupan nutrisi yang cukup agar tubuh tetap fit.

Menu Sehat Ibu Hamil Muda Paling Cocok

Menu Sehat Ibu Hamil Muda


Berikut ini adalah beberapa makanan yang banyak mengandung gizi serta sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil, silahkan disimak baik - baik :

1. Sereal

Saat wanita telah mengalami gejala kehamilan yaitu morning sickness, masalah akan muncul saat mengkonsumsi makanan sarapan. Betapa tidak, sarapan yang baru saja masuk ke dalam perut terasa ingin keluar sehingga menjadi malas makan, bahkan ada beberapa kasus dimana ibu hamil terasa mual pada saat mencium aroma makanan. Melihat keadaan itu, sareal merupakan makanan yang sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama di pagi hari. Sareal cocok dikonsumsi ibu hamil karena memiliki aneka rasa dan mengandung banyak mineral, karbohidrat, vitamin B dan kalsium.

2. Produk susu

Susu merupakan salah satu minuman yang sangat baik untuk ibu hamil karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu dapat membantu pertumbuhan jaringan baru janin, membentuk otot janin, memperbaiki jaringan yang rusak serta memperlancar transportasi oksigen ke janin. Susu selain kaya akan kalsium juga mengandung protein dan mineral yang cukup tinggi sehingga mampu menunjang pertumbuhan serta perkembangan bayi. Susu kedelai juga termasuk produk susu yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi dan memiliki rasa yang enak.
[baca : Susu Ibu Hamil yang Bagus]

3. Buah dan Sayur

Buah dan sayur sangat diperlukan oleh ibu hamil karena kandungan nutrisi didalamnya begitu dibutuhkan untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Vitamin C yang banyak terdapat pada buah jeruk diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga kekebalan tubuh dan menghindarkan janin dari infeksi tetentu. Zat besi yang banyak terkandung dalam sayur bayam juga diperlukan oleh ibu hamil untuk meningkatkan hemoglobin sehingga mencegah anemia atau kurang darah.

4. Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung protein dan omega3 yang sangat diperlukan oleh janin. Akan tetapi perlu kiranya Anda berhati - hati dalam mengkonsumsi ikan, karena ada ikan tertentu yang mengandung merkuri sehingga mengganggu perkembangan janin. Ikan boleh dimakan oleh ibu hamil dalam keadaan matang, jangan mengkonsumsi ikan mentah sebab bisa meningkatkan kadar lemak jahat dalam tubuh. 

5. Kacang-kacangan

Kacang - kacangan diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu pekembangan sistem syaraf janin, karena banyak kacang - kacangan yang kaya akan asam folat. Asam folat sangat diperlukan oleh janin guna membentuk sistem syaraf dan menghindari bayi cacat. Kekurangan asam folat bisa mengakibatkan gangguan kehamilan seperti bayi cacat lahir, berat badan tidak normal dan lain - lain. Selain kaya akan asam folat kacang - kacangan juga bermanfaat sebagai sumber energi
[baca : Makanan yang Mengandung Asam Folat Banyak]

6. Air dan Vitamin


Air dan vitamin diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan menangkal berbagai macam penyakit. Di awal kehamilan, ibu hamil biasanya mengalami mual muntah yang berakibat pada hilangnya banyak cairan tubuh. Oleh karena itu perbanyak minum dan makan makanan kaya vitamin. Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi air putih yang diberi sari bah asli tanpa diberi gula.

Hal terpenting saat Anda mau menambah vitamin pendukung kehamilan adalah dengan berkonsultasi dulu dengan dokter. Mengapa demikian ? karena dokter lebih tahu tentang kondisi tubuh Anda dan lebih tahu tentang vitamin apa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Contoh Menu Sehat Ibu Hamil


Berikut ini merupakan contoh menu sehat ibu hamil yang bisa Anda praktekkan dan Anda kembangkan sendiri :
 
Sarapan

  • Nasi goreng
  • Telur goreng
  • Susu Kehamilan
  • Jus buah sebagai penyegar
Makan siang
  • Nasi putih
  • Sayur bening
  • Ikan goreng
  • Tempe tahu goreng
  • Buah jeruk atau lainnya
Makan Malam
  • Nasi putih
  • Perkedel jagung
  • Olahan daging
  • Selada buah
  • Minum susu menjelang tidur

Demikianlah Menu sehat ibu hamil yang bisa Anda praktekkan dengan mudah. Jaga kesehatan agar kehamilan normal dan tanpa masalah sampai persalinan...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top