Mitos Ibu Hamil tidak Boleh Keluar Malam, Perlu takutkah ?

Mitos ibu hamil keluar malam - Banyak terdengar kabar larangan ibu haml tidak boleh keluar malam, dalam istilah jawa disebut "ora ilok". Perlukah kita takut dengan mitos itu ? Untuk menentukan sikap, perlu kiranya Anda ketahui beberapa alasan yang membuat mereka melarang ibu hamil untuk keluar malam. Kakek Nenek melarang keluar malam saat sedang hamil itu mempunyai beberapa alasan demi kesehatan dan keselamatan janin dalam kandungan.

Alasan yang dikemukakan oleh orang tua biasanya hanya seputar keyakinan hati, yaitu mereka meyakini kalau wanita hamil keluar di malam hari bisa berakibat buruk bagi janin. Kalau ditanya tentang alasan ilmiah, mereka tidak bisa menerangkan secara gamblang dan cukup mengatakan dengan simple "jangan banyak tanya, ora ilok". Untuk itu pada kesempatan kali ini akan diungkap tentang larangan keluar malam untuk ibu hamil, apakah hanya mitos belaka atau larangan yang perlu kita waspadai.
[baca juga : Mitos Ibu Hamil Potong Rambut]

Mitos Ibu Hamil tidak Boleh Keluar Malam

Penyebab Mitos Ibu Hamil tidak Boleh Keluar Malam


Ada dua sudut pandang yang menjadi dasar bagi mereka untuk melarang ibu hamil keluar malam, yaitu menurut kepercayaan dan menurut pendapat ilmuan. Lebih jelasnya adalah sebagai berikut :

Ibu Hamil Tidak Boleh Keluar Malam Menurut Kepercayaan


Sebenarnya mereka melarang wanita hamil keluar malam itu tidak sepenuhnya waktu malam, namun di awal malam saja (waktu maghrib). Mereka meyakini saat pergantian waktu siang dan malam tiba, jin dan syetan mulai berkeliaran sehingga mereka takut kalau wanita yang sedang hamil akan terkena dampak jelek dari ulah jin dan syetan tersebut.

Bagi umat islam alasan tersebut diperkuat dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi :
"Ketika permulaan malam telah tiba ( waktu sore ) maka tahanlah anak - anakmu dalam rumah, karena sesungguhnya syaiton di saat itu menyebar, dan ketika waktu sore telah hilang maka biarkan mereka keluar rumah...alhadits"
(HR. Muslim no : 2012)
Dalam hadits diatas telah jelas bahwa larangan keluar rumah itu sebenarnya diperuntukkan bagi anak - anak dan waktunya hanya diawal malam atau waktu sore saja. Adapun mitos larangan ibu hamil keluar saat malam itu merupakan langkah waspada karena janin yang masih dalam rahim itu juga termasuk anak.

Ibu Hamil tidak Boleh Keluar Malam Menurut Pendapat Ilmuan


Dalam sebuah buku ilmiah keagamaan karya Prof. DR. Ir. H. Osly Rachman, MS berjudul The Science Of Shalat yang diterbitkan Qultummedia telah dijelaskan bahwa pada saat awal malam, menjelang waktu maghrib alam akan berubah menjadi spektrum warna merah yang sangat selaras dengan frekuensi jin dan syetan, sehingga jin dan syetan menjadi sangat kuat sebab mempunyai resonansi bersamaan dengan warna alam. Itulah sebabnya mengapa mereka melarang wanita hamil untuk keluar malam terutama diwaktu maghrib.

Lalu bagaimana sikap kita ? perlu takutkah kita dengan mitos tersebut ?
Jawabnya terserah Anda, karena setiap orang memiliki kepercayaan dan keyakinan masing - masing.
Adapun bagi umat Islam sudah sepantasnya mengikuti arahan dari Rosululloh SAW karena sabda Beliau bukan hanya sekedar omongan biasa melainkan sebuah sabda yang penuh dengan kandungan hikmah.
(baca juga : Mules Saat Hamil Muda dan Tips Mengatasinya)

Itulah sekelumit info mengenai Mitos ibu hamil tidak boleh keluar malam. Jika Anda mempunyai info mengenai hal tersebut silahkan tulis di kotak komentar. Terima kasih atas kunjungannya...

1 komentar:

Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang waktu jin keluar saat magrib berikut artikel yang terkait tersebut di WAKTU YANG DISUKAI JIN DAN SETAN UNTUK BERKELIARAN

NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top