Nutrisi untuk Ibu Hamil Muda Trimester 1

Nutrisi untuk ibu hamil - Asupan nutrisi dari aneka jenis makanan pada saat menjalani masa kehamilan trimester pertama (3 bulan pertama) merupakan hal sangat penting, karena pada masa itu tumbuh kembang janin memerlukan banyak asupan nutrisi. Pada saat testpack menunjukkan positif hamil, kebahagiaan pasangan suami istri terasa sempurna sehingga mereka berusaha mengumpulkan informasi - informasi penting mengenai kehamilan, termasuk informasi tentang makanan yang baik untuk ibu hamil. Diantara sekian banyak ibu hamil, masih ada yang beranggapan saat hamil perlu menambah porsi makan karena sedang mengandung bayi. Pendapat tersebut bukanlah anggapan yang tepat, adapun yang tepat adalah meningkatkan nilai gizi dari makanan yang dikonsumsi.

Kehamilan trimester pertama merupakan sebuah masa dimana ibu hamil hendaknya lebih berhati - hati dalam menjaga kandungannya, mengingat di saat itu janin belum terlalu kuat menempel di dalam rahim. Memberi asupan nutrisi yang cukup, menghindari gerakan - gerakan berbahaya, serta tidak melakukan aktifitas yang terlalu berat merupakan langkah tepat yang perlu dilakukan oleh ibu hamil selama menjalani masa hamil trimester pertama. Pada umumnya, kehamilan trimester pertama disertai dengan keadaan tubuh yang lain dengan biasanya, seperti mual, muntah, mudah lelah, nafsu makan berkurang, sering buang air dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, asupan nutrisi perlu diperhatikan agar kehamilan tidak ada masalah.

Nutrisi untuk Ibu Hamil Muda Trimester 1

Nutrisi untuk Ibu Hamil Muda


Ada beberapa jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi berkualitas baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Beberapa makanan ini perlu diatur sedemikian rupa dalam menu makan ibu hamil agar keperluan nutrisi tubuh bisa terpenuhi. Makanan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil perlu buah-buahan


Buah adalah makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda trimester pertama. Vitamin dan mineral sangat diperlukan oleh ibu hamil muda untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel - sel janin. Selain itu, buah - buahan yang banyak mengandung vitamin C juga berperan besar dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan mencegah berbagai macam penyakit. Pada masa kehamilan trimester pertama, ibu hamil biasanya mengalami mual - mual terutama di pagi hari (morning sickness), dan masalah itu bisa dikurangi dengan mengkonsumsi buah tertentu. Buah yang mengandung banyak serat sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk melancakan proses pencernaan sehingga mampu menghindarkan ibu hamil dari sembelit.

Beberapa buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain adalah jeruk, alpukat, tomat, stowbery, jambu biji,kurma dan lain - lain. Beberapa macam buah tersebut bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus. [baca : Buah yang Baik untuk Ibu Hamil]

2. Sayuran segar penting untuk ibu hamil


Sayuran segar diperlukan oleh ibu hamil muda trimester pertama sebagai sumber mineral, zat besi dan vitamin. Sayur berwarna hijau merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk pembentukan sel darah merah ibu hamil sehingga mampu mengatasi anemia (kurang darah). MOrning sickness yang dialami oleh ibu hamil menurut beberapa sumber juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi sayuran berserat tinggi. Diantara berbagai macam sayur - sayuran ada beberapa yang direkomendasikan untuk ibu hamil, antara lain brokoli. bayam,wortel, sawi, daun singkong, kentang, kacang panjang dan lain - lain. Lebih lengkapnya silahkan [baca : Sayuran Sehat untuk Ibu Hamil Muda

3. Sereal kurangi mual kehamilan


Sareal baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda sebagai sumber nutrisi yang enak, terutama di pagi hari ketika ibu hamil terasa mual. Selain kaya nutrisi, sareal bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menekan mual serta meningkatkan selera makan. Sareal memiliki kandungan karbohidrat, kalsium, vitamin B dan mineral sehingga baik untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang janin. Sareal dengan bahan baku gandum memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menambah energi ibu hamil dalam menjalani masa kehamilan. Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan.

4. Kacang-kacangan tidak boleh ditinggalkan oleh ibu hamil


Kacang kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang kaya mineral serta protein sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Protein dalam kacang kacangan diperlukan oleh tubuh guna memperbaiki sel yang rusak dan membantu dalam pembentukan sel janin. Selain itu, kacang - kacangan juga mengandung asam folat yang sangat diperlukan oleh janin untuk membentuk syaraf otak serta mencegah terjadinya cacat lahir. Beberapa jenis kacang ada yang banyak mengandung kalsium sehingga baik untuk memperkuat tulang ibu dan membantu pembentukan tulang janin. Jenis kacang - kacangan yang dianjurkan untuk ibu hamil antara lain kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai, kacang mete, kacang tanah tanah, kacang almond, dan kacang kenari.

5. Ibu hamil baik mengkonsumsi seafood


Seafood adalah jenis makanan yang memiliki kandungan protein serta omega 3 cukup tinggi. Kandungan omega3 dalam seafood diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu membentuk kecerdasan bayi. Meskipun seafood memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk janin, namun ibu hamil harus berhati - hati dalam memilih seafood yang akan dikonsumsi karena ada beberapa seafood yang mengandung merkuri, sehingga membahayakan kesehatan janin, bahkan bisa menyebabkan keguguran. Oleh karena itu, pilihlah seafood yang masih segar, terbebas dari aneka macam kuman dan terbebas dari kandungan merkuri.

6. Susu sangat penting untuk ibu hamil


Susu adalah minuman dengan kandungan nutrisi begitu lengkap, sehingga sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam susu antara lain, kalsium, protein, karbohidrat, lemak dan vitamin. Sangat disarankan ibu hamil untuk memilih produk susu yang sesuai selera serta telah dipasteurisasi. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda baca [Susu  Ibu Hamil Muda yang Bagus]

7. Air dan tambahan vitamin kehamilan


Minum banyak air putih selama hamil perlu dilakukan untuk melancarkan proses pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh serta melancarkan metobolisme tubuh. Hindari beberapa minuman yang membahayakan kehamilan, seperti minuman bersoda, minuman yang mengandung kafein serta minuman beralkohol. Selain minum air putih, ibu hamil juga perlu suplemen vitamin untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Akan tetapi, sebelum Anda mengkonsumsi suplemen vitamin, silahkan dikonsultasikan dulu pada dokter kandungan.

Selain nutrisi untuk ibu hamil muda trimester 1 diatas, Ibu hamil perlu melakukan tips kesehatan selama hamil, seperti berolah raga ringan secara rutin, istirahat cukup dan menghindari aktifitas berat. Demi menjaga kesehatan janin sebaiknya Anda lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin minimal sebulan sekali. Sekian dan terima kasih...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top