Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Paling Enak

Sayur sehat ibu hamil- Seorang wanita yang telah positif hamil, mau tidak mau harus mencukupi nutrisi tubuh demi kesehatan janin. Salah satu cara yang dilakukan untuk memenuhi nutrisi tubuh adalah dengan mengkonsumsi sayuran kaya vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral sangat diperlukan ibu hamil guna menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kesehatan janin serta membantu menormalkan pertumbuhan janin. Pada dasarnya hampir semua sayuran baik dikonsumsi oleh ibu hamil, namun ada beberapa sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral sehingga cocok sekali dikonsumsi ibu hamil.

Diantara aneka macam sayuran yang banyak dijual di pasaran, ada beberapa macam sayur yang perlu Anda miliki pada saat menjalani masa kehamilan. Sayuran tersebut bukanlah sayur yang mahal dan istimewa, tapi sayuran sederhana dengan harganya relatif murah. Jika dibandingkan antara harga sayuran dan manfaat yang bisa diperoleh akan sangat jauh berbeda, meski harganya murah tapi manfaat sayuran untuk ibu hamil ternyata sangat luar biasa. 
[baca : Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil]

Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Paling Enak

Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil


Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai beberapa sayur yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Silahkan dibaca dengan cermat agar tidak ada yang terlewatkan.

1. Kedelai Jepang


Kedelai jepang adalah sayuran yang sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil karena banyak mengandung kandungan bermanfaat. Kedelai jepang sarat akan kandungan gizi, antara lain fospor, protein, zat besi, kalsium, vitamin C, vitamin K dan riboflavin. Perlu dicatat bahwa kedelai jepang merupakan salah satu sayuran dengan kandungan protein sangat tinggi, bahkan bisa membandingi kandungan protein pada daging, ayam dan ikan. Selain itu kedelai jepang juga mengandung senyawa fitoestrogen yang terbukti membantu daam proses penyembuhan osteoporosis.

2. Labu siam


Siap yang tidak mengenal dengan sayuran ini, pasti semua kenal. Labu siam adalah sayuran yang banyak dijumpai di Indonesia, mulai dari pelosok pedesaan sampai perkotaan. Harga yang cukup murah bukanlah sebagai tolok ukur akan kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Untuk ibu hamil, labu siam memilki manfaat tak terkira karena mengandung asam folat cukup tinggi. Asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga kesehatan bayi serta mencegah kelahiran bayi cacat.
[selengkapnya baca : Beberapa Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi]

Selain tinggi kandungan asam folat, labu siam juga banyak mengandung serat sehingga membantu melancarkan pencernaan. Pada umumnya ibu hamil mengalami gangguan pencernaan dan sembelit, maka perbanyaklah makan sayur labu siam untuk mengatasi masalah tersebut. Ibu hamil juga bisa memanfaatkan labu siam sebagai penurun tekanan darah dan mensuply kebutuhan kalsium tubuh.

Tidak hanya itu, labu siam juga memiliki kandungan karbohidrat sehingga mampu membuat kenyang meskipun tidak makan nasi. Ibu hamil yang mengalami mual dan muntah, biasanya semakin menjadi - jadi setiap habis makan nasi, sehingga ibu hamil perlu mencari makanan alternatif pengganti nasi. Disinilah, labu siam hadir sebagai sayuran sehat yang menggantikan nasi.

3. Daun Katuk


Daun katuk juga masuk dalam kategori sayur sehat ibu hamil, karena banyak mengandung zat besi, protein, kalsium, fospor, seskuiterna, sterol, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Tidak hanya itu, daun katuk telah dipercaya sejak dulu sebagai sayuran yang bisa membantu melancarkan air susu ibu (ASI)

4. Kentang


Sayuran yang satu ini adalah jenis sayur yang luwes atau cocok untuk dibuat berbagai macam masakan. Dibuat sayur bisa, dioseng - oseng bisa, dibuat perkedel bisa dan masih banyak olahan kentang yang lain. Dibalik masakan lezat berbahan kentang, ternyata manfaatnya juga sangat banyak. Kandungan karbohidrat pada kentang ternyata sangat baik digunakan untuk menurunkan berat badan. Ibu hamil yang mengalami obesitas (kelebihan berat badan), biasanya disarankan oleh dokter untuk melakukan diet dan kentang adalah solusinya. Makanlah kentang sebagai pengganti nasi dalam melakukan program diet selama kehamilan.

Tekstur kentang yang cukup lembut, sangat baik untuk melancarkan pencernaan ibu hamil, sebab kentang bisa dicerna oleh organ pencernaan dengan cepat. Ibu hamil yang sedang mengalami sembelit (susah buang air besar) diatasi dengan mengkonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Selain itu, kentang juga banyak mengandung serat alami yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dan menurunkan kolesterol. Disamping itu, kandungan vitamin B dan C dalam kentang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Kacang Hijau


Kacang hijau juga termasuk sayur yang baik untuk ibu hamil, karena banyak mengandung fospor, magnesium, asam folat, kalsium, protein, mangan, vitamin B1 dan tiamin. Kandungan gizi cukup lengkap itulah yang membuat kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat membantu mencegah bayi lahir cacat serta membantu perkembangan syaraf janin. Kalsium diperlukan untuk membantu dalam pembentukan tulang janin. Kekurangan asam folat dan kalsium berdampak buruk bagi tumbuh kembang janin.   

Itulah sayuran sehat untuk ibu hamil yang tidak boleh anda abaikan.   Semoga informasi singkat ini bermanfaat


==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top