Tanda Hamil Minggu Pertama dan Kedua

Tanda hamil minggu pertama - Setiap pasangan suami istri pasti mendambakan kehadiran seorang buah hati sebagai penerus keturunanya. Kemunculan tanda hamil sangatlah ditunggu - tunggu oleh pasangan suami istri untuk melengkapi kebahagiaan dalam mengarungi rumah tangga. Kehamilan merupakan salah satu bukti bahwa pasangan suami istri memiliki kesuburan yang cukup baik. Apabila tanda hamil telah muncul, buah hati yang selama ini telah ditunggu - tunggu kedatanganya akan segera tiba.

Namun demikian, masih ada pasangan suami istri yang belum mengetahui tanda hamil terutama pada minggu - minggu awal. Diantara mereka masih ada yang belum mengetahui apakah yang dialaminya merupakan tanda hamil atau tanda akan menstruasi. Pengetahuan tentang tanda hamil merupakan hal yang cukup penting mengingat perawatan kehamilan itu harus dilakukan sejak sedini mungkin. Jika seorang wanita telah positif hamil tapi masih melakukan aktifitas yang ekstrim dan mengkonsumsi makanan - makanan penyebab keguguran maka akibatnya fatal. Selain itu, persiapan untuk menyambut kehamilan tidak bisa dilakukan dengan matang.

Tanda Hamil Minggu Pertama dan Kedua


Sebaliknya, ada banyak pasangan suami istri yang stress akibat tanda hamil tak kunjung datang, terkadang muncul seperti tanda hamil tapi ketika diperiksakan ke dokter atau bidan hasilnya negatif. Umumnya wanita mengenali kehamilan dengan terlambatnya haid atau datang bulan. Hal ini memang benar, namun bagi mereka yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur akan kesulitan jika mengenali kehamilan dengan tanda ini. Oleh karena itu, pasangan suami istri hendaknya mengenali tanda hamil yang muncul baik berupa tanda fisik maupun tanda secara psikologis. 

Tanda Hamil Minggu Pertama


Tanda kehamilan memang penting diketahui oleh pasangan suami istri guna melakukan perawatan dini. Berikut ini adalah beberapa tanda hamil yang muncul, baik secara fisik maupun secara psikologis :


1. Muncul bercak darah tanda hamil


Setelah terjadi proses ovulasi atau pembuahan ibu hamil biasanya mengeluarkan bercak darah dari kemaluan dan disertai dengan kram perut ringan. Bercak darah ini terjadi akibat terjadinya implantasi ( menempelnya embrio pada dinding rahim ). Munculnya bercak darah ini terkadang tidak disadari sebagai tanda hamil, justru dianggap sebagai menstruasi karena dibarengi kram seperti saat haid. Untuk mengetahui secara jelas tentang bercak darah tanda hamil silahkan baca :
[Bercak Darah Tanda Hamil]

2. Kehamilan ditandai mual dan muntah


Pada umumnya ibu hamil mengalami mual dan muntah pada saat awal kehamilannya. Rasa mual dan muntah tersebut terjadi akibat meningkatnya hormon kehamilan atau HCG. Rasa mual yang dialami oleh ibu hamil ini biasanya akan hilang dengan sendirinya pada masa kehamilan trimester kedua. Jika mual yang Anda alami terlalu berat sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang baik. Meskipun wanita hamil umumnya mengalami mual dan muntah, namun ada sebagian ibu hamil yang tidak merasa mual saat hamil. Apakah hal itu termasuk kelainan kehamilan ? Temukan jawabannya pada :
[Hamil Muda tidak Mual sama Sekali, Normalkah ?]

3. Ibu hamil pusing pusing


Ibu hamil sering merasakan pusing yang diakibat oleh beberapa faktor, seperti tekanan darah rendah, mual, lelah dan lain - lain. Ketika pusing tak kunjung henti segera minum obat pusing, namun perlu konsultasi ke dokter, karena obat pusing yang langsung diminum tanpa konsultasi ke dokter bisa besar kemungkinan berakibat buruk pada tumbuh kembang janin.

4. Ibu hamil pasti telat datang bulan


Tanda hamil yang paling mudah dikenali adalah terlambat datang bulan. Pada saat wanita telat haid, biasanya volume buang air kecil menjadi lebih sering karena sirkulasi darah meningkat dan tekanan kandung kemih oleh rahim yang semakin membesar. Meskipun sering buang air kecil, ibu hamil jangan sampai mengurangi minum air putih karena bisa berakibat kekurangan cairan atau dehirasi. Selain itu, ibu hamil tidak diperkenankan untuk menahan air kencing karena bisa berakibat buruk pada kesehatan.

5. Mudah Lelah di awal kehamilan


Perubahan hormonal ibu hamil mengakibatkan mudah lelah dan sering mengantuk, meskipun tidak melakukan aktifitas berat. Selain perubahan hormonal, mudah lelah juga bisa diakibatkan oleh meningkatnya kerja jantung, paru - paru dan ginjal. Oleh karena itu, jangan takut jika Anda terasa mudah lelah dan sering mengantuk karena hal tersebut umum dialami oleh ibu hamil.

6. Ibu hamil menjadi sering meludah


Peningkatan hormon esterogen ibu hamil mengakibatkan ibu hamil sebentar - sebentar ingin meludah. Hal ini biasa terjadi pada masa kehamilan trimester pertama dan akan hilang dengan sendirinya pada saat usia kandungan memasuki trimester kedua.

7. Diawal kehamilan alami sembelit


Sembelit atau susah buang besar dialami oleh ibu hamil karena meningkatnya hormon progesteron yang mengendurkan otot-otot dinding usus dan otot rahim. Untuk mengatasi sembelit, Anda bisa mengkonsumsi buah - buahan yang banyak mengandung serat.

Selain tanda hamil yang bisa terlihat secara fisik diatas, kehamilan bisa diketahui perubahan tubuh secara psikologis, antara lain adalah sebagai berikut :
  • Perubahan mood yang begitu cepat
  • Ngidam makanan tertentu
  • Dan lain - lain
Itulah tanda hamil minggu pertama dan kedua yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel singkat ini bermanfaat,, Terima kasih atas kunjungannya...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top