Tips Saat Hamil agar ASI Banyak dan Melimpah

Tips saat hamil agar ASI banyak - ASI merupakan asupan makanan yang sangat diperlukan oleh bayi. Kandungan gizi dan nutrisi di dalam air susu ibu sangatlah penting bagi bayi guna menjaga kesehatan dan tumbuh kembangnya. Mempersiapkan ASI sejak hamil agar selepas melahirkan ASI keluar banyak dan deras perlu dilakukan agar nanti  bayi yang lahir segera mendapat makanan utamanya yaitu ASI (air susu ibu). 

Tak jarang wanita yang habis melahirkan putranya mengalami kesulitan dalam pemberian ASI kepada anaknya. Hal ini disebabkan karena ASI hanya keluar sedikit dan bahkan tidak keluar sama sekali. Akibatnya, bayi tidak segera mendapat asupan nutrisi dari ASI dan diberi susu formula sebagai penggantinya. Perlu diingat bahwa, pemberian susu formula untuk bayi sebagai ganti ASI itu hanyalah sebagai alteratif terakhir karena kandungan gizi susu formula tentu tidak bisa membandingi air susu ibu. Jelasnya, pemberian ASI harus tetap dilakukan paling tidak sampai bayi berumur 6 bulan.

Tips Saat Hamil agar ASI Banyak dan Melimpah

Tips Saat Hamil agar ASI Banyak


Mengingat sangat pentingnya ASI untuk bayi, maka perlu persiapan sejak hamil untuk melakukan tips - tips agar ASI bisa keluar banyak selepas melahirkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan selama hamil agar ASI keluar deras sehabis melahirkan :

1. Bersihkan Area P#t!ng

Ibu hamil perlu menjalani perawatan p#yud#ra selama masa kehamilan agar nantinya ASI keluar deras. Perawatan p#yud#ra yang pertama adalah dengan membersihkan area p#t!ng dengan rutin dan teratur. Penumpukan kotoran pada area p#t!ng bisa mengakibatkan air susu ibu tersumbat dan tidak bisa keluar. Oleh sebab itu bersihkan area p#t!ng secara rutin dan teratur dengan menggunakan baby oil untuk menghindari penumpukan kotoran penyebab penyumbatan ASI.

2. Memijat P#yud#ra

Memijat p#yud#ra dengan pijatan yang lembut mampu merangsang derasnya air susu ibu sebab pijatan tersebut membuat otot - otot p#yud#ra menjadi lebih nyaman dan rileks. Untuk melakukan pemijatan p#yud#ra Anda perlu menggunakan baby oil agar p#yud#ra tidak sakit dan lakukan pemijatan tersebut dengan hati - hati.

3. Kurangi Konsumsi Kafein

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung kafein perlu dikurangi selama masa kehamilan. Banyak pendapat yang menyatakan bahwa konsumsi kafein, alkohol dan minuman bersoda selama masa kehamilan bisa membahayakan kehamilan dan bisa menghambat keluarnya ASI pasca melahirkan.
[baca : Makanan Penyebab Keguguran Kandungan]

4. Mengkonsumsi makanan Tertentu

Mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa meningkatkan produksi ASI juga perlu dilakukan, misalnya dengan mengkonsumsi daun katuk. Daun katuk sudah sejak dulu telah dipercaya oleh masyarakat luas sebagai bahan makanan yang bia meningkatkan produksi air susu ibu. Daun katuk bisa dikonsumsi dengan cara dibuat sayur, ditumis atau langsung dimakan sebagai lalapan. Tidak hanya daun katuk, makanan yang dipercaya bisa meningkatkan air susu ibu bisa dijumpai pada daun murbei, akar jombang, kubis hijau, bunga dandelion, jagung dan lain - lain.

5. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat selama kehamilan selain baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang janin, juga berpengaruh pada banyaknya produksi air susu ibu. Pola hidup yang sehat mampu meningkatkan produksi ASI, sebaliknya pola hidup yang tidak sehat bisa menghambat lancarnya produksi air susu ibu. Selama hamil lakukan pola hidup sehat seperti berolah raga ringan secara teratur, senam ringan, tidak merokok, minum alkohol, tidak menggunakan obat - obatan terlarang dan lain - lain.
[baca : Pantangan Hamil Muda Agar Tidak Keguguran]

6. Tidak Menggunakan Bra Yang Ketat

Salah satu perubahan fisik ibu hamil sebagai tanda kehamilan adalah perubahan ukuran p#yud#ra. Penggunaan bra yang terlalu ketat sangat tidak baik untuk kesehatan p#yud#ra. Bra yang terlalu ketat selain bisa membuatp#yud#ra terasa sakit juga mengakibatkan rasa sakit pada punggung dan bahu. Produksi ASI akan terhambat jika p#yud#ra mengalami masalah kesehatan, maka hindari pemakaian bra yang ketat sejak sedini mungkin.
[baca : Ciri Fisik Wanita Hamil Usia 1 Minggu]

Itulah tips saat hamil agar ASI banyak dan melimpah yang bisa Anda praktekkan dengan mudah. Sebagai ibu hamil, tentu sangat mengharapkan kesehatan dan kebaikan buah hatinya. Oleh karena itu lakukan tips diatas agar setelah melahirkan sang buah hati bisa segera mendapat asupan ASI sebagai makanan terbaik untuknya.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top