Ciri Keputihan Tanda Hamil atau Menstruasi

Keputihan tanda hamil - Di kalangan masyarakat umum banyak kabar yang tersebar bahwa keputihan merupakan tanda kehamilan. Apakah kabar tersebut benar ? ataukah hanya kabar angin yang tak jelas kebenarannya ? Kabar yang menjelaskan bahwa keputihan merupakan salah satu tanda kehamilan bisa dikatakan benar, tapi juga bisa dikatakan salah. Keputihan yang dialami oleh perempuan memang terkadang menjadi tanda awal kehamilan, namun tidak semua keputihan menjadi ciri dan tanda hamil. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa tanda keputihan biasa atau keputihan tanda hamil.

Keputihan bisa dikatakan sebagai tanda kehamilan perempuan yang mestinya dibarengi dengan beberapa tanda kehamilan yang lain, seperti terlambat datang bulan, mual, muntah, pusing, mudah lelah dan lain sebagainya. Keputihan yang menjadi tanda hamil memiliki ciri khusus, berbeda dengan keputihan biasa. Lebih jelasnya silahkan lanjutkan baca artikel ini sampai selesai

Ciri Keputihan Tanda Hamil atau Menstruasi


Ciri Keputihan Tanda Hamil


Hal mendasar yang membedakan antara keputihan biasa dengan keputihan tanda hamil terletak pada warna cairannya. Perbedaan tersebut adalah sebagai berikut :
  • Keputihan tanda hamil mempuyai warna yang berbeda dengan cairan keputihan biasa yang umumnya berwarna bening. Cairan keputihan saat menjalani masa awal kehamilan berwarna lebih kental mirip dengan air susu. Keputihan yang terjadi saat hamil dengan warna kekuningan perlu Anda waspadai karena bisa jadi sebagai tanda kehamilan bermasalah
[baca : Tanda tanda keguguran hamil muda]
  • Keputihan tanda hamil juga bisa dikenali dengan waktu keluar yang tak kunjung henti. Keputihan yang terjadi saat hamil biasanya akan terus keluar selama masa kehamilan berlangsung. Meskipun keputihan tersebut tak segera hilang, namun Anda tak perlu was - was karena keputihan tersebut tidak berbahaya.
  • Keputihan tanda hamil dibarengi dengan ciri kehamilan yang lain, antara lain sebagai berikut :

Tanda Hamil Muda


Beberapa tanda kehamilan yang bisa dilihat dengan jelas adalah sebagai berikut :

1. Mual dan muntah

Tanda kehamilan yang paling umum dialami oleh ibu hamil adalah mual dan muntah terutama di waktu pagi. Rasa mual (morning sickness) yang dialami oleh ibu hamil akan hilang dengan sendirinya setelah memasuki kehamilan trimester kedua. Meskipun umum dialami oleh wanita hamil, namun ada juga wanita yang tidak mual muntah saat hamil muda. Apakah hal tersebut berbahaya ? temukan jawabannya pada [Hamil Muda tidak Mual Sama Sekali, Normalkah ?]

2. Keluarnya Bercak

Di awal kehamilan, biasanya ibu hamil mengeluarkan bercak darah yang mirip seperti darah menstruasi. Tak jarang wanita yang menganggap bercak darah itu sebagai darah haid, meskipun sebenarnya berbeda. Bercak darah yang kelua di awal kehamilan itu terjadi karena terjadinya implantasi bleeding, yaitu menempelnya sel telur yang telah dibuahi di dinding rahim.

3. Ngidam dan Mudah Lelah

Tanda hamil berikutnya adalah ngidam makanan tertentu dan tubuh terasa mudah lelah. Meskipun tidak melakukan banyak aktifitas, ibu hamil terasa lemas, lelah dan ngantuk. Hal ini terjadi karena perubahan hormon kehamilan yang cenderung meningkat. Selain itu, suhu tubuh ibu hamil meningkat seiring dengan kehamilan yang dialami.

Sekarang, jika Anda bertanya apakah keputihan itu sebagai tanda hamil ? pasti Anda tahu jawabannya. Biasanya keputihan itu terjadi sangat berhubungan erat dengan menstruasi, karena perubahan hormon saat akan haid meningkat. Akan tetapi, penjelasan diatas telah jelas menerangkn bahwa keputihan sangat mungkin terjadi saat hamil dikarenakan meningkatnya hormon saat hamil. Adapun langkah tepat untuk memastikan kehamilan adalah dengan melakukan test air seni atau periksa ke dokter / bidan.

Salah satu faktor yang menyebabkan Wanita hamil mengalami keputihan adalah karena di awal kehamilan v#g!na memproduksi cairan  lebih banyak, dan alirannya tertuju pada area kewanitaan. Cairan itulah yang sering disebut dengan keputihan. Meskipun keputihan itu umum dialami oleh wanita hamil, namun tidak jarang wanita yang merasa tidak nyaman dengan cairan keputihan yang keluar terus - terusan tak kunjung henti. Oleh sebab itu, perlu Anda ketahui beberapa tips untuk mengurangi keputihan saat hamil

Tips Mengatasi Keputihan Tanda Hamil


Ada beberapa tips yang manjur untuk mengurangi keputihan baik saat mau haid maupun keputihan saat hamil. Tips tersebut adalah sebagai berikut :

1. Jangan Sering Berendam di Air Hangat


Berendam di air hangat memang asyik, namun jangan melakukannya terlalu sering, karena bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur di area kewanitaan. Jamur inilah yang akhirnya menyebabkan wanita mengalami keputihan. Jika Anda gemar melakukan aktifitas ini, sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering.

2. Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Area kewanitaan adalah tempat yang mudah lembab dan mudah sekali ditumbuhi jamur. Kurangnya kebersihan pada area kewanitaan bisa memicu terjadinya keputihan. Dengan menjaga kebersihan daerah kewanitaan, tumbuhnya jamur bisa dikurangi sehingga mengurangi resiko terjadinya keputihan.

Itulah ciri keputihan tanda hamil yang secara ringkas bisa kami tulis. Namun demikian, lakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan untuk lebih memastikan kehamilan sehingga dapat segera merawat kehamilan dengan sebaik - baiknya. Demikian, terima kasih atas kunjungannya dan semoga artikel ini bermanfaat...

17 komentar

Saya wanita berusia 45 tahun. Sdh 1 bulan saya blm mentruasi. Saat ini saya menggunakan alat kontrasepsi iud sejak 10 tahun. Saat ini yang saya rasakan adalah perut terasa mual dan keluar cairan putih kental spt susu. Yg ingin saya tanyakan,apakan saya tergolong hamil atau pra menopause? Mohon penjelasannya. Trims.

tanda pra menopouse ada banyak bun,, misalnya menstruasi tidak teratur, V@g!na mengering, emosi tidak stabil, gangguan tidur dll..
Berbeda dengan tanda hamil yang penjelasannya bisa Anda lihat pada artikel kami berjudul tanda hamil setelah berh#b#ngan..
Untuk memastikan silahkan lakukan test kehamilan dengan testpack

Dok mau tanya apakah hamil muda pagi siang hari saya keluar cairan seprti darah kecoklatan pas malamnya tidak ada keluar darah seperti itu lagi dan perut seperti kembung gitu dok?

Coba perhatikan ada tanda kehamilan lainnya atau tidak mbak..

dok saya wanita usia 20 tahun, saya masih gadis tetapi saya telat datang bulan 1 bulan dan keputihan terus menerus, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebabnya bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan medis mbak,,
Silakan langsung periksa ke dokter terdekat

Bulan kemarin saya tidak haid (telat) namun saya merasakan hal seperti biasa saat mau haid seperti keputihan, flek, perut kram, tapi tak juga haid, dan saya tidak mual, tidak cepat lelah itu kenapa makasih kalau mau jawab

telat haid tidak selamanya menjadi pertanda hamil tapi bisa juga disebabkan oleh faktor lain mbak,,
Untuk memastikan hamil atau tidak, silakan ditest aja

Dok kalo tdk ada tanda tqnda seperti diatas hanya keputihan saja dan blm haid itu kenapa ya dok , biasanyaa saya di tnggal 6 kmren tapi tanggal 7 ini blm haid dok .... mohon diberi penjelasan dok

telat haid disebabkan oleh beberapa faktor mbak, tidak karena sedang hamil saja..
Terlalu lelah dan pikiran stress juga bisa menyebabkan haid tidak teratur

Saya sudah keputihan sudah 1mggu an memang seperti santan dan gatal, tapi gatalnya saat keputihan itu keluar, dan ini saya baru telat mens 3 hari. Apa keputihan ini bisa mmpengaruhi siklus mens sya dok??

Dok, sy mens biasanya awal bln tp sampe skrg blom mens jg. Gejala2 hamil jg ada, Sy mau tes tkut kcewa cz 6bln kmrin kuret. Apa sy hamil...??

kalau boleh saya kasih saran,
lakukan tes aja, gak usah ada pikiran yang macam2, insya@ itu langkah yang terbaik..

Dok saya telat haid 1 bulan . Memang jadwal haid saya tidak menentu . Tapi ini sudah 1 bulan tidak datang juga . Biasa nya kalo tidak di awal , akhir bulan atau pertengahan bulan . ini tidak sama sekali dok .. dan lagi saya slalu keputihan . Keputihan memang tidak banyak . Hanya sedikit tapi sering dok .. tanda2 hamil diatas juga tidak ada dok .
Bagaimana ???

Terlambat haid bisa saja disebabkan oleh faktor lain seperti kelelahan, pikiran stress, dan lain - lain. Jika merasa tidak nyaman dengan keadaan yang sekarang sedang Anda alami, kami sarankan untuk datang ke dokter untuk mendapatkan pemerikasaan

Salaam Dr.saya Vivian dari Kuala Lumpur msia.period saya pada 13.4.17. Pada 11.5.17 mlm saya ada krluar Bercak coklat keesokannya keluar darah sedikit berapa period berlangsung 3 hari tapi kuantiti sedikit.check upt-tve pd 30.05.17. Bln June tak ada period di mana ia sepatutnya keluar pd 13hb. Sejak 2 hari ini sering saya terasa kepala berpusing , mual Dan muntah sekali.keluar keputihan berupa susu kental seminggu sblm jangkaan period date june tu. Adakah saya hamil atau period lewat? Khuathir sangat��. Tlg jelaskn

Silakan periksakan keadaan ibu ke dokter untuk memastikan apakah keadaan yang Anda alami adalah tanda hamil atau bukan..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top