Mitos Seputar Kehamilan Era Modern

Mitos seputar kehamilan - Pasangan suami istri yang telah lama menikah tapi tak kunjung hamil membuat kebahagian keluarga seakan ada yang kurang. Usaha untuk mendapat kehamilan pun dilakukan meski harus mengeluarkan banyak waktu, tenaga dan biaya. Setelah kehamilan yang telah lama dinanti muncul, kebahagiaan pun turut mengiringi kehidupan, bahkan kebahagiaan yang amat sangat begitu dalam. Namun, kebahagian tersebut  bukannya tanpa ujian, hari - hari akan dilalui dengan begitu berat. Belum lagi banyaknya mitos tentang kehamilan yang membuat hati merasa takut.

Beberapa mitos untuk ibu hamil sampai sekarang masih ada, bahkan mitos tersebut tersebar luas secara turun temurun kepada anak cucu. Lalu, apa sikap kita terhadap mitos - mitos tersebut ? Apakah mitos bagi ibu hamil itu memang benar adanya ? Berikut ini ulasannya.

Mitos Seputar Kehamilan

Mitos Seputar Kehamilan dan Faktanya


Beberapa mitos kehamilan yang sampai saat ini masih tersebar luas di masyarakat umum diantaranya adalah tersebut dibawah ini :

1. Mitos Tidak Boleh Mandi Air Panas


Wanita hamil tidak boleh mandi air panas itu ternyata bukan hanya mitos belaka, tapi memang ibu hamil harus menghindari mandi air panas yang memiliki suhu 38 derajat celcius keatas.  Ada seorang peneliti kesehatan yang menyatakan bahwa mandi air panas bisa mengakibatkan suhu tubuh ibu hamil meningkat dan berakibat buruk pada perkembangan sel janin, terutama pada saat usia kandungan trimester awal.

2. Mitos Tidak Boleh Memelihara Kucing


Sebenarnya memelihara kucing saat hamil itu bukanlah sebuah larangan mutlak, namun merupakan sebuah langkah hati - hati agar ibu hamil terhindar dari virus tokoplasma yang terkandung di dalam kotoran kucing. Dengan demikian jelas bahwa memelihara kucing itu sebenarnya boleh asalkan tetap bisa menjaga efek buruk dari virus dalam kotorannya. Untuk itu pastikan kucing peliharaan Anda mendapatkan vaksinasi dan negative virus.

3. Mitos Tidak Boleh Berlebihan Menggunakan Handphone


Larangan untuk tidak menggunakan handphone bagi ibu hamil sebenarnya tidak ada. Akan tetapi, pancaran radiasi dari handphone sangatlah membahayakan kesehatan janin. Banyak peneliti kesehatan yang menghimbau kepada ibu hamil agartidak menggunakan handphone dengan berlebihan karena pancaran radiasinya bisa mengakibatkan gangguan perkembangan otak janin.

4. Mitos Morning Sickness Berhubungan dengan IQ Janin


Banyak kabar yang tersebar bahwa morning sickness / mual saat hamil itu berkaitan dengan IQ bayi. Tidak ada bukti nyata yang menguatkan mitos tersebut, namun sebuah peneliti kesehatan di sebuah rumah sakit anak di Totonto menyatakan bahwa mual saat hamil / morning sickness sangat berpengaruh pada iQ bayi.

5. Mitos Dilarang Naik Pesawat Terbang


Mitos ini sampai sekarang masih tersebar luas di masyarakat sehingga banyak ibu hamil yang mengurungkan niat bepergian dengan perjalanan udara karena takut terjadi keguguran. Sebenarnya larangan naik pesawat untuk ibu hamil itu tidak mutlak, hanya  saja pada kondisi tertentu memang tidak dianjurkan bepergian menggunakan pesawat tebang. Silahkan Anda baca ulasan kami mengenai larangan naik pesawat untuk ibu hamil di :
[ Bolehkah ibu hamil muda naik pesawat ?]

6. Mitos Bentuk Perut Menunjukkan Jenis Kelamin


Mitos yang menyatakan bahwa perut ibu hamil berbentuk tinggi berarti bayinya perempuan , sedangkan bentuk perut turun berarti bayinya laki laki, ternyata tidak ada bukti yang memperkuat. Bentuk perut ibu hamil hanya dipengaruhi oleh tonus otot dan posisi janin dalam rahim, bukan karena jenis kelamin janin.

8. Mitos Mual Muntah Hanya Terjadi di Waktu Pagi


Menurut kebanyakan orang, mual muntah yang dialami oleh ibu hamil hanya terjadi di pagi hari saja, sehingga ada istilah morning sckness. Namun faktanya tidak sedikit ibu hamil yang mengalami mual muntah tidak hanya dipagi hari saja.

9. Mitos Morning sickness Merupakan Tanda Jenis Kelamin Bayi


Mitos mengenai jenis kelamin bayi yang bisa dideteksi dengan morning sickness merupakan mitos yang mendekati kebenaran, dokter pun banyak yang mempercayainya. Hal ini dipengaruhi oleh hormon relaxin tubuh yang berbeda antara ibu hamil yang sedang menjalani hamil bayi perempuan dan ibu yang mengandung bayi laki - laki. Mitos yang berkembang adalah morning sickness yang parah menunjukkkan bayi perempuan sedangkan morning sikness yang tidak terlalu  parah menunjukkan bayi perempuan. Meski banyak dokter yang mempercayai, namun kebenaran akan hal ini tidak 100% akurat, karena banyak juga ibu hamil dengan morning sikness tidak parah tapi bayi yang dilahirkan ternyata perempuan.

10. Kehamilan Pertama Biasanya Terlambat


Mitos tersebut memang banyak tersebar luas di masyarakat, benarkah mitos tersebut ?
Fakta dari mitos tersebut tidaklah sepenuhnya benar, namun pada umumnya memang mengalami hal itu. Sekitar 60% ibu hamil pertama memang mengalami terlambat lahir, 35% lahir lebih cepat dari tanggal perkiraan dan 5% sesaui dengan tanggal perkiraan.

11. Sakit Pinggang saat Hamil Bisa dihindari


Salah satu tanda kehamilan adalah sakit di bagian pinggang. Meskipun hal ini umum dialami oleh ibu hamil, namun bisa dihindari dengan melakukan beberapa cara seperti tidak membungkuk untuk mengambil barang dilantai, tidak menggunakan sandal atau sepatu berhak tinggi, melakukan peregangan otot di daerah pinggul dan lain - lain.

12. Mitos Makan Pedas Cepat Lahir


Makan makanan pedas bagi ibu hamil memang kurang baik karena bisa membuat perut mules, namun tidak berpengaruh pada janin. Tidak ada bukti yang menguatkan bahwa makan makanan pedas bisa membuat bayi cepat lahir. Adapun perut mules yang dialami oleh ibu hamil setelah makan pedas  itu bukan karena kontraksi rahim, melainkan karena iritasi lambung


13. Mitos Tidak Boleh Nyemir Rambut


Larangan nyemir rambut saat hamil itu dikarenakan zat kimia yang terkandung di dalam obat semir rambut. Zat kimia tersebt bisa meresap kedalam tubuh ibu hamil melalui pori - pori kulit kepala, sehingga kurang baik untuk kesehatan. Namun demikian, apabila penggunaan semir rambut tersebut tidak berlebihan maka tidak berbahaya. Untuk lebih amannya, jika Anda ingin menggunakan semir rambut saat hamil maka gunakan obat semir yang ada izin dari dinas kesehatan dan lakukan penyemiran rambut diluar ruangan.

14. Mitos Selera Makan Manis Menunjukkan Perempuan, Asin Menunjukkan Laki - Laki


Mitos ini adalah anggapan yang salah karena tidak ada bukti yang membenarkannya. Lagi pula, wajar kan jika ibu hamil menginginkan makanan tertentu terutama yang manis atau asin. Jadi, tidak lah ada hubungan antara makanan manis dengan jenis kelamin janin wanita dan asin dengan jenis kelamin janin laki - laki.

15. Mitos Ibu Hamil Tidur Miring Kiri


Posisi tidur yang baik bagi ibu hamil adalah posisi tidur yang nyaman dan aman bagi ibu dan janin. Anjuran posisi tidur miring ke sebelah kiri bagi ibu hamil sering disampaikan oleh beberapa dokter karena tidur dengan posisi itu bisa membantu meningkatkan aliran darah ke plasenta dan uterus.

16. Mitos Suami Mengalami Perubahan Hormon Saat Istri Hamil


Perubahan hormon pada suami saat istri hamil nampaknya bukan hanya mitos belaka, pasalnya banyak suami yang mengalami couvades syndrome saat istri hamil. Perubahan hormon tersebut membuat suami terasa mual, ngidam, dan mengalami sakit pinggang.

17. Mitos Mudah dan Sulitnya Melahirkan Merupakan Faktor Keturunan


Lancar dan tidaknya Ibu hamil dalam menjalani masa persalinan bukanlah dikarenakan faktor keturunan, melainkan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain : posisi bayi, besar dan berat bayi serta gaya hidup ibu hamil.

18. Mitos Suka Daging Berarti Laki - Laki, Sedangkan Suka Sayur berarti Perempuan


Tidak ada hubungan antara kesukaan jenis makanan tertentu dengan jenis kelamin bayi, tidak ada bukti nyata yang memperkuat mitos tersebut. Adapun cara untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang paling akurat adalah dengan USG.

19. Mitos Ukuran Sepatu Bertambah


Tampaknya betambahnya ukuran sepatu saat hamil bukanlah sebuah mitos belaka, namun umumnya memang seperti itu. Bukan hanya ukuran sepatu yang bertambah, beberapa anggota tubuh ibu hamil akan mengalami banyak perubahan.

Itulah Mitos seputar kehamilan yang bisa kami share. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga artikel singkat ini bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top