Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Penyebab kaki bengkak saat hamil - Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa seorang wanita yang sedang hamil akan mengalami efek samping berupa pembengkakan kaki. Wanita yang telah menjalani kehamilan lebih dari sekali pasti sudah tidak asing dengan hal ini, namun bagi mereka yang baru menjalani masa kehamilan sekali terkadang bibuat kaget dengan pembengkakan kaki yang dialaminya.

Sebenarnya pembengkakan anggota badan saat hamil itu tidak hanya terjadi pada kaki saja, namun terkadang anggota tubuh yang lain juga mengalaminya, seperti tangan, mata, leher dan muka. Namun, anggota tubuh yang paling banyak mengalami pembengkakan adalah kaki, tepatnya kaki bagian bawah dan pergelangan kaki. Pada umumnya, kaki bengkak yang dialami oleh ibu hamil, semakin terlihat jelas pada saat usia kehamilan memasuki usia 20 minggu keatas. Sebenarnya apa sih penyebab kaki bengkak tersebut ?
[baca juga : cara mengatasi susah tidur saat hamil muda ]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil


Pembengkakan pada kaki ibu hamil disebabkan oleh beberapa sebab, ada yang disebabkan karena respon kehamilan normal, dan ada juga yang disebabkan oleh respon dari suatu penyakit tertentu. Oleh karena itu, ibu hamil hendaknya mengetahui lebih dalam tentang penyebab kaki bengkak yang dialami, apakah disebabkan karena efek samping kehamilan atau karena penyakit, sehingga ibu hamil bisa menjalani masa - masa kehamilannya dengan nyaman dan tidak diselimuti rasa khawatir.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil tidak Berbahaya


Pada umumnya kaki bengkak saat hamil dialami oleh ibu hamil karena adanya penumpukan cairan dalam tubuh yang berlebihan. Cairan dalam tubuh semakin menumpuk karena hormon kehamilan menahan cairan tersebut sehingga tidak sulit keluar dari dalam tubuh. Selain karena hormon kehamilan, penumpukan caiaran dalam tubuh bisa terjadi karena kadar garam dalam tubuh terlalu tinggi sehingga zat garam tersebut mengikat kadar air dalam tubuh sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Kaki bengkak umumnya terjadi dibagian kaki, karena sifat air yang selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah. Gaya grafitasi juga menjadi salah satu penyebab mengapa pembengkakan tubuh ibu hamil umumnya terjadi pada kaki. Kaki bengkak akan terlihat semakin besar pada saat sore hari ketika ibu hamil selesai melakukan aktifitas dan ketika bangun tidur karena pada saat itu cairan tubuh banyak berkumpul pada bagian kaki.

Semakin besar usia kehamilan ibu hamil, kaki bengkak pun segera muncul, karena janin dalam perut semakin besar. Semakin besarnya janin dalam kandungan akan menghambat pembuluh darah balik sehingga cairan tubuh akan banyak berkumpul di bagian kaki, bahkan terkadang pembengkakan tersebut terjadi pada anggota tubuh yang lain yaitu muka, leher, tangan dan mata.
[baca : cara mengatasi kram perut saat hamil muda]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil Karena Penyakit


Tidak semua pembengkakan kaki yang dialami oleh ibu hamil tergolong normal, karena kaki bengkak saat hamil itu ada yang disebabkan karena efek penyakit Preeclampsia atau Eclampsia. Penyakit ini merupakan penyakit eksklusif yang hanya menyerang pada ibu hamil. Penyakit ini disebabkan karena tubuh melawan plasenta yang ada di dalam tubuh. Penyakit ini terkadang tidak dibarengi dengan gejala dan terkadang dibarengi dengan gejala yang muncul dalam tubuh. Salah satu gejala penyakit Preeclampsia atau Eclampsia adalah meningkatnya tekanan darah dan terjadi pembengkakan pada kaki, namun sulit menentukan penyakit ini jika hanya dilihat dari peningkatan tekanan darah dan pembengkakan pada kaki. Inilah salah satu penyebab betapa pentingnya memeriksakan kehamilan secara rutin agar ibu hamil segera mengetahui apabila ada masalah kehamilan yang dialami. 

Untuk mendeteksi awal penyakit ini sebelum diperiksakan ke dokter adalah dengan mengenali gejala - gejalanya. Selain peningkatan tekanan darah dan pembengkakan pada kaki, penyakit Preeclampsia atau Eclampsia memiliki beberapa gejala, antara lain :
  • Nyeri perut pada bagian kanan atas atau pada ulu hati
  • Pandangan menjadi buram dan tidak jelas
  • Sakit kepala tak kunjung hilang
  • Mual dan muntah terlalu parah
  • Kejang (apabila penyakit ini sudah terlalu parah)
Jika Anda menjumpai gejala tersebut diatas, segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat guna mendapat penanganan sedini mungkin. Jangan pernah menganggap remeh pada penyakit Preeclampsia atau Eclampsia ini, karena penyakit ini bisa saja merenggut nyawa janin maupun nyawa ibunya.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil


Sebenarnya kami telah menulis rangkuman beberapa tips untuk mengatasi kaki bengakak saat hamil, yaitu pada artikel sebelum ini dengan judul [Tips Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil], namun untuk melengkapi artikel terebut kami menambah beberapa cara untuk mengatasi kaki bengak dengan beberapa tips berikut ini :

1. Makan Seimbang untuk Mengatasi Kaki Bengkak


Menjaga pola makan seimbang adalah langkah tepat untuk mengatasi kaki bengkak. Mengapa bisa begitu ? karena dengan menjaga pola makan, yaitu mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, serat serta vitamin dan mineral yang cukup, bisa membuat tubuh terasa lebih baik dan bisa kelebihan cairan dalam tubuh akan segera teratasi.

2. Konsumsi Selada, Seledri, apel dan Jeruk untuk Atasi Kaki Bengakak


Selada adalah salah satu jenis lalapan yang berfungsi untuk membuang kelebihan cairan dalam tubuh, begitu juga seledri, buah apel dan buah jeruk. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut bisa mengurangi cairan dalam tubuh sehingga bisa mengatasi pembengkakan kaki.

3. Istirahat Cukup dan Pijat Lembut untuk Atasi Kaki Bengkak


Untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk istirahat dan jangan berdiri terlalu lama. Ketika Anda sedang duduk usahakan posisi kaki tidak menggantung, pijakkan pada lantai atau tempat pijakan yang lain, dan jangan duduk dengan posisi kaki menyilang karena bisa menghambat aliran darah sehingga memperparah pembengkakan kaki.
Selain istirahat cukup Anda juga perlu melakukan pijatan lembut pada kaki dengan menggunkan baby oil atau lotion. Jika Anda tidak mampu melakukannya sendiri, Anda bisa minta bantuan kepada orang lain untuk melakukannya.

4. Berenang untuk Atasi Kaki Bengkak


Olahraga secara teratur adalah aktifitas yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil guna menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan janin dalam kandungan. Olahraga yang perlu dilakukan oleh ibu hamil bukan lah olahraga yang berat, tapi cukup olahraga yang ringan saja. Salah satu olahraga yang cocok dilakukan untuk mengatasi kaki bengkak adalah berenang karena dengan berenang otot pembuluh kaki menjadi kuat kaki bisa sempurna dalam menyalurkan cairan tubuh yang menumpuk ke jantung

Penyebab kaki bengkak saat hamil dan cara mengatasinya perlu diketahui oleh setiap ibu hamil sehingga sewaktu - waktu mengalami masalah kehamilan tersebut tidak khawatir dan takut. Sekian, terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top