Cara Perawatan Ibu Hamil 2 Bulan agar Segar dan Bugar

Perawatan ibu hamil 2 bulan - Mengkonsumsi makanan bergizi merupakan hal penting yang harus diperhatikan ibu hamil terutama pada usia kehamilan trimester pertama. Tak semudah membalik telapak tangan untuk mengkonsumsi makanan - makanan sehat, mengingat pada awal masa kehamilan penciuman ibu hamil menjadi sangat sensitif sehingga sering mual dan muntah hanya gara - gara mencium aroma makanan tertentu.

Keadaan seperti ini sudah tidaklah asing bagi ibu hamil, mereka harus melawan mual dan muntah dengan segala macam tips agar kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan janin bisa terpenuhi dengan sempurna. Perlu diketahui bahwa, menghilangkan mual dan muntah dengan mengkonsumsi obat mual sangatlah tidak dianjurkan, kecuali telah dikonsultasikan dulu ke dokter. Untuk menghilangkan mual secara alami Anda bisa baca artikel kami berjudul
[obat mual yang aman bagi janin]

Cara Perawatan Ibu Hamil 2 Bulan

Perawatan Ibu Hamil 2 Bulan


Setelah mual teratasi, lakukan perawatan kehamilan dengan baik agar kehamilan sehat. Pada usia kehamilan trimester pertama (1-3 bulan), ibu hamil harus lebih ekstra dalam menjaga kehamilannya karena pada masa ini calon bayi masih sensitif terhadap zat tertentu dan rawan keguguran jika sampai terkena guncangan keras. Berikut ini adalah beberapa contoh cara perawatan kehamilan 2 bulan yang sering diabaikan oleh ibu hamil :

1. Ibu Hamil Perlu Konsumsi Buah dan Sayur

   
Sayur dan buah sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi diri dan calon bayinya. Sayur - sayuran yang bik untuk ibu hamil misalnya wortel, kembang kol, jagung manis, brokoli. Sedangkan buah yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah jeruk, apel, jambu biji, alpukat dan lain - lain. Info lebih lengkap mengenai buah dan sayur yang baik untuk ibu hamil telah kami tulis pada artikel sebelumnya
[buah yang baik untuk ibu hamil]

2. Minum Susu Sangat dianjurkan untuk Ibu Hamil


Susu adalah jenis makanan pelengkap yang sering diistilahkan dengan 4 sehat 5 sempurna. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam susu dan produk olahannya sangatlah baik untuk ibu hamil, terutama kalsium yang berfungsi untuk membantu dalam pembentukan tulang dan gigi. Bagi sebagian ibu hamil, minum susu itu menyenangkan, namun sebagian yang lain tidaklah mudah untuk minum susu karena faktor mual yang semakin menjadi - jadi saat minum susu. Solusinya adalah mengkonsumsi produk olahan susu, sepert keju dan yoghurt.
[baca : susu ibu hamil muda yang bagus]

3. Ibu Hamil Wajib Konsumsi Makanan kaya Protein  


Pada usia kehamilan 1 sampai 3 bulan, kebutuhan protein sangatlah banyak, karena pada masa ini calon bayi berkembang sangat cepat sehingga memerlukan banyak asupan protein. Makanan yang banyak mengandung protein antara lain adalah daging, telur, tempe, tahu dan lain - lain. Mengenai makanan - makanan yang baik untuk ibu hamil, bisa Anda temukan pada artikel kami dengan judul
[makanan sehat ibu hamil muda yang banyak diabaikan]

Tips Cara Makan Ibu hamil 2 Bulan


Setelah Anda mengetahui beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil, terutama pada usia kehamilan trimester pertama, selanjutnya Anda perlu mengatur cara makan yang baik agar perawatan kehamilan sempurna.
  • Perbanyak makan buah dan sayur agar tidak mengalami obesitas
  • Makan dalam porsi kecil tapi sering, caranya adalah 3 kali makan berat, 2 kali camilan bergizi. Contoh penyajiannya adalah sebagi berikut
Jam 07.00 sarapan pagi
Jam 10.30 makan camilan
Jam 13.00 makan siang
Jam 14.30 camilan
Jam 19.00 makanmalam
Dengan menerapkan cara makan seperti tersebut, Kehamilan agkan menjadi semakin sehat karena konsumsi makanan tidak terganggu oleh morning sickness (mual muntah) yang kadang terjadi tidak hanya di pagi hari.

Pantangan Ibu Hamil 2 Bulan


Semua pantangan kehamilan harus dihindari, mengingat pada usia kehamilan 2 bulan ini, calon bayi masih sangat lemah. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari saat hamil muda, antara lain adalah :
  • Daging setengah matang
  • seafood mengandung merkuri
  • junkfood
  • Sushi
  • Alkohol
  • minuman mengandung kafein
  • dan lain - lain
Pantangan ibu hamil secara lengkap bisa Anda baca [pantangan ibu hamil agar tidak keguguran

Perawatan ibu hamil 2 bulan memang perlu dilakukan dengan sungguh - sungguh untuk menghindari hal buruk yang menimpa calon bayi. Lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin, paling tidak sebulan sekali untuk mengetahui perkembangan janin. Dan jangan lupa terapkan pola hidup sehat,olah raga ringan serta mengkonsumsi makanan bergizi.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top