Kram Perut Saat Hamil 4 Bulan, Berbahayakah ?

Kram perut saat hamil 4 bulan - Ketika ibu hamil memasuki masa kehamilan 4 bulan, tanda kehamilan yang tampak mulai berbeda dengan bulan - bulan sebelumnya. Rasa mual dan muntah yang sebelumnya terjadi dan terasa sangat mengganggu dalam menjalani hari demi hari, kini mulai hilang. Namun seiring dengan hilangnya mual dan muntah tersebut, muncul lah tanda kehamilan yang lain, diantaranya adalah seperti tersebut dibawah ini :
 

Perubahan Fisik Saat Hamil 4 Bulan


Pada usia kehamilan 4 bulan, ibu hamil akan melihat beberapa perubahan fisik yang tampak berbeda dengan hari - hari sebelumnya. Perubahan fisik tersebut bukanlah suatu hal yang berbahaya, justru menjadi sebuah tanda sehat dan normalnya kehamilan. Diantara beberapa perubahan fisik tersebut antara lain adalah sebagai berikut  :

Kram Perut Saat Hamil 4 Bulan


1. Ukuran Perut Semakin Membesar


Seiring dengan tumbuh kembang janin dalam rahim yang semakin besar, perut ibu hamil pun semakin hari kian membesar. Semakin tambah besarnya perut ini memang terasa kurang nyaman bagi ibu hamil, namun ibu hamil justru bersyukur karena dengan bertambah besarnya perut pada usia kehamilan trimester kedua ini berarti sebagai pertanda bahwa janin dalam kandungan mengalami pertumbuhan yang baik.

2. Kepala Pening dan Badan Lelah


Ketika usia kehamilan masuk pada usia 4 bulan, badan terasa mudah lelah dan terkadang dibarengi dengan kepala pusing. Hal ini disebabkan karena melebarnya pembuluh darah akibat perubahan hormon dalam tubuh, sehingga kerja jantung menjadi lebih keras dalam memompa darah. Dianjurkan bagi ibu hamil yang sering mengalami pusing - pusing untuk melakukan tips berikut ini :
  • Tidak berdiri terlalu lama
  • Hindari duduk yang terlalu lama
  • Ketika beranjak dari duduk, lakukan dengan pelan dan santai

3. Saat Hamil 4 Bulan P#yud#ra Semakin Membesar


Anda tidak perlu kaget karena menjumpai p#yud#ra terlihat semakin besar saat usia kehamilan memasuki trimester kedua. P#yud#ra yang semakin besar ini dipengaruhi karena adanya peningkatan hormon esterogen dan progesteron dalam tubuh. Perubahan ukuran p#yud#ra ini diperkirakan menambah ukuran cup  menjadi 2 kali lipat dari ukuran biasa.

4. kontraksi Perut Bawah


Kontraksi perut bagian bawah dialami oleh ibu hamil untuk memperkuat rahim. Kontraksi pada perut bagia bawah ini akan datang sewaktu - waktu tanpa bisa diketahui secara pasti kapan waktu terjadinya. Biasanya kontraksi ini tidak menimbulkan rasa sakit yang berarti, namun jika pada kenyataannya Anda mengalami rasa sakit yang tak kunjung reda dan datangnya terlalu sering, ada baiknya Anda segera hubungi dokter untuk mengkonsultasikan keadaan tersebut.

5. Perubahan Warna Kulit


Meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh ibu hamil akan membuat tubuh terasa lebih sehat dan dibarengi dengan warna kulit yang menjadi lebih segar. Perubahan warna kulit tersebut terlihat jelas terutama pada bagian wajah, sekitar pusar dan pinggang. Selain itu area sekitar puting susu (areola) juga terjadi perubahan warna menjadi lbih gelap.

6. Kram Kaki


Kram kaki terkadang juga menyerang ibu hamil pada usia 4 bulan keatas yang diakibatkan kurang lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh. Untuk mengurasi kram kaki ini, Anda bisa mengurutnya pelan - pelan dengan menggunakan baby oil atau lotion. Anda bisa menyuruh orang lain untuk melakukan pengurutan ini agar Anda bisa lebih nyaman dan rilex.

7. Sakit perut (kembung)


Semakin besar usia kehamilan, proses pencernaan menjadi lebih lambat sehingga nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil bisa diserap oleh tubuh dengan lebih sempurna, namun hal ini bisa membuat perut ibu hamil terasa kurang nyaman dan kembung. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini :
  • Mengurangi porsi makan, namun frekuensi makan ditambah (makan sedikit tapi sering).
  • Makan makanan yang lebih banyak mengandung serat
  • Minum air yang cukup

8. Napas Pendek


Bersamaan dengan kontraksi otot jantung, paru - paru ibu hamil akan lebih cepat dalam bekerja guna mensuply oksigen lebih banyak kedalam tubuh. Hal ini lah yang membuat napas ibu hamil terasa lebih pendek daripada biasanya.

Perubahan Emosi Saat Hamil 4 Bulan


Selain perubahan fisik, dalam usia kehamilan trimester kedua ini ibu hamil akan mengalami perubahan psikologis atau perubahan emosi. Pada usia kehamilan ini ibu hamil mulai banyak memikirkan beberapa hal yang berkaitan dengan bayi yang dikandungnya, misalnya : memikirkan baju bayi, nama bayi dan segala macam kebutuhan bayi yang lain. Dalam urusan bercinta, ibu hamil usia 4 bulan terkadang merasa takut karena mengkhawatirkan keselamatan bayinya. Untuk lebih menentramkan pikiran, sebaiknya cari informasi seputar perawatan kehamilan dan perawatan bayi. Anda juga sudah bisa memulai bermusyawarah dengan pasangan untuk menentukan dokter kehamilan Anda dan merencanakan dimana tempat persalinan.
[Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Hamil]

Pada usia kehamilan trimester kedua ada ibu hamil yang mengaku libidonya naik dan ada juga yang mengeluhkan libidonya turun drastis. Dalam mengahadapi hal ini, sebaiknya ibu hamil tidak malu - malu dalam mengkomunikasikan hal ini pada pasangan agar pikiran menjadi lebih tentram. Ketika Anda merasa kurang mood dalam melayani pasangan, katakan saja, jangan disimpan sendiri. Begitu juga ketika libido Anda meningkat, katakan pada sang suami agar pikiran Anda menjadi lebih tenang dan tentram. Semua ini dilakukan demi menjaga kesehatan dan keselamatan bayi dengan sebaik - baiknya.

Selama menjalani masa kehamilan, lakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter dengan rutin dan teratur guna mengetahui perkembangan janin dalam kandungan. Dalam pemeriksaan dokter akan mengecek tekanan darah ibu hamil, berat badan, menginformasikan ukuran dan berat badan bayi, mendengarkan suara detak jantung bayi dengan alat khusus dan beberapa pemeriksaan yang lain.

Kram perut saat hamil 4 bulan berbahayakah ? jawaban bisa Anda temukan pada penjelasan kami diatas. yang pasti, kram perut saat hamil itu umum dialami oleh ibu hamil, terutama pada usia kehamilan tua. Namun jika kram perut tersebut terasa sangat sakit dan tak kunjung reda serta sering terjadi, maka segera konsultasikan keadaan ini kepada dokter.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top