Tanda Tanda Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

Tanda akan melahirkan - Setiap kaum hawa pasti berharap untuk bisa hamil dan melahirkan anak sebagai buah cintanya. Setelah menjalani kehamilan selama kurang lebih 9 bulan, hati ibu berdebar - debar untuk mempersiapkan diri dalam menjalani persalinan. Secara medis definisi persalinan adalah proses terdorongnya janin dari rahim menuju keluar melalui jalan lahir. Sebelum persalinan terjadi, akan muncul beberapa tanda yang dialami oleh ibu hamil.

Tanda Tanda Akan Melahirkan

Tanda wanita akan melahirkan perlu diketahui oleh pasangan suami istri agar bisa persiapan sebelumnya. Kram perut yang dialami oleh ibu hamil terkadang dikira sebagai tanda menjelang persalinan, namun pada kenyataannya belum tentu demikian. Untuk lebih jelasnya, kami akan menuliskan beberapa tanda menjelang persalinan.
[baca juga : bolehkah ibu hamil naik pesawat terbang ?]

Tanda tanda Wanita Akan Melahirkan


Wanita hamil akan mengalami beberapa tanda yang menunjukkan dia akan melahirkan dalam waktu dekat. Beberapa tanda tersebut antara lain adalah sebaai berikut : 

Menjelang Melahirkan terjadi Kontraksi Braxton Hicks


Kontraksi adalah nyeri perut / mules yang terjadi hanya sebentar serta interval waktu yang teratur. Terjadinya kontraksi sebelum persalinan bertujuan untuk menipiskan kulit rahim dan pematangan proses persalinan. Kontraksi rahim biasanya muncul jauh hari sebelum melahirkan, yaitu mulai menginjak umur kehamilan trimester ketiga, namun semakin dekat dengan persalinan kontraksi akan semakin sering terjadi.

Ketika Anda merasakan kontraksi jangan gunakan untuk berdiam diri, lakukan gerakan kecil seperti jalan - jalan dan gerakan lain yang bisa mengurangi rasa nyeri. Apabila kontraksi ini datang di malam hari dan Anda tidak sanggup untuk melakukan gerakan gerakan kecil, silahkan berbaring dengan posisi miring ke kanan dan perbanyak minum air putih.
[baca juga : kram perut saat hamil 4 bulan amankah ?]

Menjelang Melahirkan Janin Turun


Ketika usia kehamilan sudah mencapai ambang persalinan, akan terlihat tanda dimana janin turun kedalam rongga panggul. Turunnya janin ke rongga panggul memang tidak bisa dilihat, namun bisa diketahui melalui cirinya, yaitu :
  • Ibu hamil merasakan beban yang lebih berat dari biasanya
  • Sering merasa ingin pipis
Dengan turunnya janin ke rongga panggul, ibu hamil lebih terasa lega karena paru - paru punya sedikit ruang daripada sebelumnya

Menjelang Melahirkan terjadi Pembukaan (dilatasi)


Menjelang persalinan ibu hamil akan mengalami Pembukaan (dilatasi) yang diawali dengan memendeknya mulut rahim. Pembukaan ini biasanya ditandai dengan keluarnya cairan lend!r berwarna kemerahan atau berwarna coklat. Lend!r ini sebelum proses persalinan terjadi berfungsi untuk menyumbat mulut rahim, namun setelah tiba waktunya persalinan, cairan lend!r ini akan keluar melalui jalan lahir.
[baca juga : flek saat hamil muda, berbahayakah ?]

Itulah tanda akan melahirkan dalam waktu dekat. Semoga dengan membaca artikel ini Anda bisa lebih mengenali kehamilan Anda dan bisa melakukan penanganan dengan semestinya.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top