Tanda Kehamilan Pasti atau Palsu, Wanita Wajib Tahu

Tanda kehamilan pasti - Kehamilan adalah sebuah anugrah Tuhan bagi kaum hawa dimana pada rahimnya terdapat makhluk hidup yang senantiasa dinanti - nanti. Umur kehamilan umumnya adalah 9 bulan / 40 minggu dengan perhitungan mulai awal haid sampai melahirkan. Kehamilan memerlukan perawatan agar bisa berjalan dengan baik tanpa disertai masalah yang menghadang.

Resiko yang dihadapi selama kehamilan itu sifatnya dinamis, artinya ibu hamil terkadang menjalani kehamilan dengan baik tanpa ada masalah, namun tiba - tiba datang resiko kehamilan yang cukup tinggi. Beberapa faktor yang turut menyumbangkan semakin besarnya resiko kehamilan adalah faktor usia yang terlalu muda, terlalu tua dan faktor biologis lainnya. 

Tanda Kehamilan


Kehamilan yang mulai dialami oleh wanita, menampakkan beberapa tanda yang bisa dilihat secara lahiriyah. Tanda kehamilan ini sangat dinanti oleh pasangan suami istri, terutama yang telah lama menikah dan belum dikaruniai momongan. Terwujudnya kehamilan berarti menandakan pasangan suami istri itu adalah pasangan yang subur dan tidak mempunyai masalah reproduksi, tinggal menunggu waktu pasangan suami istri segera bisa menimang anak yang begitu dinanti.

Tanda Kehamilan Pasti atau Palsu

Meski sangat mendambakan datangnya kehamilan, namun faktanya masih banyak pasangan suami istri yang belum mengetahui tanda kehamilan secara pasti. Sebagian mereka masih ragu apakah keadaan yang dialaminya itu tanda hamil atau hanya akan haid, karena umumnya tanda hamil itu mirip dengan tanda mau menstruasi. Ketidak tahuan tentang tanda kehamilan ini sangat beresiko terjadi keguguran karena kehamilan tidak diperlakukan sebagaimana mestinya.

Disisi lain, ada pasangan keluarga yang stress gara - gara menganggap sang istri sedang hamil, namun kenyataannya tidak hamil. Melihat keadaan seperti itu, penting kiranya kami tuliskan info seputar tanda kehamilan pasti agar Anda bisa lebih jelas mengetahui tanda kehamilan yang sesungguhnya.

Tanda Kehamilan Pasti


Berikut ini adalah beberapa tanda kehamilan yang umumnya dialami oleh ibu hamil :

Mual Tanda Hamil


Dipicu oleh perubahan hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin), sekitar separo wanita hamil di dunia mengalami mual. Hormon ini mengalir pada aliran darah dan air seni, sehingga test kehamilan umunya dilakukan dengan test urine yaitu untuk melihat kadar HCG yang ada di dalam air kencing. Peningkatan hormon ini akan berdampak perih dan mual, terutama pada usia kehamilan trimester pertama.

Mual yang tetap terjadi pada usia kehamilan trimester kedua bisa dikatakan tidak wajar dan perlu mendapatkan penangan dokter agar kehamilan berjalan lancar tanpa hambatan. Meski disebut dengan istilah morning sickness, namun pada kenyataannya sebagian ibu hamil mengalami mual dan muntah tidak hanya di pagi hari, bahkan ada yang mual dan muntah tanpa mengenal waktu.

Ngidam Makanan Tertentu Saat Hamil


Pada bulan pertama kehamilan biasanya ibu hamil menginginkan makanan tertentu, inilah yang dinamakan dengan ngidam. Setiap ibu hamil ngidam jenis makanan yang berbeda - beda, namun kebanyakan mereka ngidam buah - buahan yang asam, meski sebelumnya sama sekali tidak suka dengan rasa asam. Tidak ada yang tahu secara pasti apa yang menyebabkan ibu hamil ngidam, namun sebaiknya segera turuti keinginan ibu hamil itu agar hatinya tenang.

Tubuh Lemes Bahkan Pingsan


Kadar gula darah rendah membuat ibu hamil mengalami keadaan diamana tubuh terasa letih dan lelah, tak jarang dari mereka yang samapi pingsan. Untuk itu, lakukan beberapa tips sehat untuk menghilangkan rasa lelah saat kehamilan mulai terjadi. Beberapa tips sehat tersebut telah kami ulas pada artikel sebelumnya dengan judul
[tips hamil sehat dan bugar secara alami]

Penciuman Ibu Hamil Menjadi Sensitif


Ibu hamil memiliki penciuman yang lebih sensitif dari biasanya. Mencium aroma makanan tertentu bisa membuatnya semakin mual, meskipun sebelum hamil makanan tersebut adalah makanan yang paling disuka. Dalam sebuah kajian kesehatan dinyatakan bahwa ibu hamil tidak akan suka dengan aroma daging, susu, kopi dan aroma bumbu masak yang berbau menyengat.

Ibu Hamil Sering Buang Air Kecil


Sejak awal kehamilan, ibu hamil akan menjumpai sering terasa ingin pipis. Hal ini terjadi karena ginjal ibu hamil bekerja lebih keras dan karena rahim yang semakin membuasar menekan kadung kemih. Untuk mengurangi keadaan ini, jangan minum pada jam 5 sore keatas. Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum jam 5 sore.

Telat Datang Bulan


Tak dipungkiri lagi, tanda kehamilan yang paling sering digunakan sebagai acuan kehamilan seseorang adalah terlambat datang bulan meski terkadang telat haid itu bukan karena kehamilan. Wanita yang mempunyai siklus menstruasi teratur bisa mengetahui hal ini dengan mudah, namun bagi mereka yang siklus haidnya tidak teratur akan sulit mengetahui apakah dia telat datang bulan atau tidak. Terkadang wanita hamil mengeluarkan darah mirip haid yang membuat ragu atas kehamilannya, dia hamil sungguhan atau tidak. Untuk itu, kenali perbedaan antara darah haid dan darah tanda kehamilan dengan artikel berjudul
[menstruasi diawal kehamilan, mungkinkah ?]

Tanda Mungkin Hamil


Selain tanda tersebut diatas, Kehamilan bisa dikenali dengan adanya perubahan pada organ dalam wanita, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Rahim
  • Uterus membesar, dan menjadi bundar seiring bertambahnya waktu
  • Uterus menonjol dengan jelas
  • Konsistensi rahim bagian isthmus uteri menjadi lunak
2. Servik menjadi lebih lunak
3. Kontraksi Braxton hicks, yaitu mengerasnya uterus karena kontraksi saat palpasi
4. Perut Menjadi Besar, ini terjadi setelah usia kehamilan bulan ketiga
5. V#g!na dan selaput lendir vulva berubah warna menjadi ungu
6. Testpack menunjukkan hasil positif

Diferensial Diagnosa Kehamilan


Kehamilan normal adalah keadaan dimana seorang wanita benar - benar mengandung calon bayi dalam rahimnya. Beberapa kasus menunjukkan adanya penyakit yang memiliki tanda mirip hamil, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Hamil palsu === Perut semakin membesar, namun gejala kehamilan yang lain tidak dirasakan [baca : ciri hamil anggur dan penyebabnya]
  • Mioma uteri ===  Perut semakin membesar, namun terdapat benjolan benjolan pada rahim ketika diraba. Tanda kehamlan yang lain juga tidak dijumpai
  • Kistoma uteri === Perut semakin membesar, tapi uterus biasa
  • Vesika urinaria >>> Perut semakin membesar, uterus seperti biasa dan tanda kehamilan yang lain tidak muncul

Tanda kehamilan pasti dan palsu yang kami ulas diatas bisa Anda jadikan referensi tentang keadaan yang mungkin saat ini sedang Anda alami. Semoga informasi ini bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top