Cara Menghilangkan Garis Hitam diperut Saat Hamil

Garis hitam diperut saat hamil yang sering kali muncul meski tidak diharapkan kedatangannya. Beberapa masalah kulit yang banyak menyerang ibu hamil antara lain linea nigra, stretch mark dan gatal - gatal. Sebenarnya masalah kulit tersebut bukanlah masalah yang serius, namun bisa mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Pada kesempatan kali ini, blog "tanda hamil" akan sedikit menjelaskan tentang masalah kulit yang sering dialami oleh ibu hamil dan cara mengatasinya secara alami. Diantara beberapa masalah kulit itu ada yang berupa garis hitam diperut dan terasa gatal. Untuk lebih jelasnya Anda bisa ikuti uraian penjelasan berikut ini.

Cara Menghilangkan Garis Hitam diperut Saat Hamil
source of pixabay.com

Beberapa masalah kulit dan garis hitam saat hamil 


Masalah kulit yang biasa dialami oleh ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Garis Putih (Stretch mark)


Stretch mark adalah masalah kulit yang berupa guratan garis putih yang muncul dibagian tubuh tertentu seperti pinggul, perut, paha, bokong, p#yud#ra dan lengan atas. Stretch mark biasanya dialami oleh ibu hamil ketika kehamilan telah berusia empat bulan dengan diawali guratan berwarna kemerahan.

Ketika Stretch mark masih berupa guratan merah masih bisa disembuhkan, namun jika guratan itu telah berwarna putih maka tidak bisa disembuhkan, hanya bisa disamarkan dengan menggunakan produk tertentu.
[baca juga : flek saat hamil muda]

Stretch mark dialami oleh ibu hamil karena pengaruh melarnya kulit saat hamil, yaitu terjadinya peregangan kulit dengan cepat sehingga merusak jaringan kulit. Pada mulanya Stretch mark menyerang ibu hamil berupa guratan merah dan berangsur - angsur menjadi guratan berwarna putih. Stretch mark menyerang ibu hamil terutam pada bagian perut, namun tak jarang yang bagian lain terkena Stretch mark ini.

2. Garis Bergelombang (Selulit)


Selulit adalah masalah kulit yang dialami oleh ibu hamil, yaitu kulit menjadi bergelombang, teksturnya seperti keju dan memiliki rongga seperti kulit jeruk. Selulit menyerang ibu hamil dengan tingkat keparahan yang berfariasi, ada yang ringan, sedang dan parah. Selulit yang terjadi dalam tingkat parah sampai terlihat begitu bergelombang seperti gunung lembah.

Selulit terjadi karena penumpukan jaringan kulit dan sel lemak yang berlebih sehingga kulit menjadi bergelombang dan tidak rata. Peningkatan hormon progesteron dan esterogen pada tubuh ibu hamil bisa mengakibatkan penumpukan lemak yang memicu terjadinya Selulit. Anggota tubuh ibu hamil yang biasa terserang selulit adalah lengan, paha, pinggul, betis, perut, bokong dan anggota tubuh lain yang kurang beraktifitas.

3. Garis hitam / Linea nigra


Linea nigra adalah salah satu masalah kulit yang biasanya menyerang ibu hamil.  Garis hitam ini biasanya menyerang pada perut di area pusar sampai tulang pubiz. Munculnya garis hitam saat hamil biasanya muncul ketika usia kehamilan memasuki usia empat bulan yang diakibatkan karena perubahan hormon yang membuat produksi melanin meningkat.
[baca : kram perut di awal kehamilan, berbahayah ?]

4. Kulit Gatal saat Hamil


Seiring dengan bertanbahnya usia kehamilan, ibu hamil banyak yang mengalami masalah gatal - gatal pada area perut, sekitar pusar dan p#yud#ra. Ketika gatal menyerang, sebaiknya jangan digaruk - garuk karena bisa meninggalkan bekas hitam yang kurang enak dipandang. Orang tua zaman dulu ada yang mengatakan bahwa gatal diperut saat hamil itu menandakan tumbuhnya rambut janin, namun itu cuma mitos, tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.

Setelah anda mengetahui beberapa masalah kulit saat hamil, mulai dari guratan putih, guratan merah, garis hitam dan gatal - gatal, pasti Anda ingin tahu juga bagaimana solusi dalam menghadapi masalah itu. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi masalah kulit saat hamil.

Cara menghilangkan garis hitam diperut dan masalah kulit yang lain saat hamil


Beberapa cara yang patut Anda coba untuk menghilangkan dan mencegah munculnya masalah kulit saat hamil antara lain adalah sebagai berikut :
  • Oleskan pelembab pada perut, bokong, p#yud#ra dan pinggul secara teratur untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit
  • Oleskan lotion atau krim secara teratur ke seluruh tubuh setelah mandi minimal dua kali sehari
  • Pilihlah lotion yang mengandung kolagen yang bermanfaat untuk tetap menjaga dan mengembalikan elastisitas kulit.
  • Olah raga ringan secara teratur untuk menghindari penumpukan lemak penyebab masalah kulit
  • Terapkan pola hidup sehat dengan pola makan yang baik
  • Minum air putih cukup
  • Jangan banyak mengkonsumsi makanan berlemak tinggi
Garis hitam diperut saat hamil dan masalah kulit yang lain sering kali membuat ibu hamil bertanya - tanya apakah berbahaya atau tidak ? bagaimana menghilangkannya ? dan lain - lain. Pada intinya masalah kulit tersebut tidaklah terlalu membahayakan kesehatan janin maupun ibu, hanya membuat ibu hamil merasa kurang nyaman. Adapun cara menghilangkannya adalah dengan menggunakan krim penyembuh masalah kulit yang banyak dijual di apotik atau menerapkan beberapa tips diatas

2 komentar

Dok saya mau tanya apakah garis hitam diperut itu tanda hamil.. Tp saya baru menstruasi 3minggu yang lalu.. Saya sudah menikah

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top