Ciri ciri Keguguran Tanpa Pendarahan, Penting untuk Diketahui

Ciri keguguran tanpa pendarahan - Keguguran adalah ujian berat yang dialami oleh sebagian ibu hamil dimana janin meninggal dalam kandungan dan harus dikeluarkan.

Selama menjalani masa kehamilan ibu hamil perlu menjaga kehamilannya dengan super hati - hati dan menghindari semua pantangan yang berpotensi menyebabkan keguguran. Ibu hamil perlu waspada tentang hal aneh yang dialami saat hamil, karena bisa jadi itu adalah sebagai tanda keguguran.
[baca juga : tanda bayi meniggal dalam kandungan]

Semua orang pasti tidak mau mengalami keguguran, namun jika ini terjadi maka harus dihadapi dan segera ditangani dengan benar agar ibu hamil tidak sampai terkena efek buruknya. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mengetahui tanda keguguran sehingga bisa segera mendeteksi keguguran jika suatu saat terjadi pada dirinya.

Ciri ciri Keguguran Tanpa Pendarahan
source of flickr.com

Ciri Keguguran Tanpa Pendarahan


Pada umumnya keguguran terjadi dengan disertai keluarnya darah berlebih dan kram perut ekstra berat. Jangan salah, pendarahan yang dialami ibu hamil itu tidak hanya darah akibat keguguran, namun ada juga pendarahan normal yang terjadi akibat pendarahan implantasi. Perbedaan yang mencolok antara pendarahan normal dan pendarahan keguguran adalah volume, waktu dan gejala lain yang menyertainya.

Pendarahan Normal

  • Darah yang dikeluarkan tidak terlalu banyak
  • Terjadi dalam waktu singkat, tidak terus menerus
  • Disertai dengan kram perut yang sangat hebat

Pendarahan Ciri Keguguran

  • Darah yang dikeluarkan sangat banyak
  • Tidak berhenti hanya dalam waktu singkat
  • Diseratai dengan kram perut yang sangat hebat
Selain ditengarahi dengan munculnya pendarahan yang cukup banyak, ibu hamil harus tahu juga ciri keguguran tanpa pendarahan. Hal ini penting untuk dimengerti mengingat bahaya mengancam ibu hamil jika mengalami keguguran an tidak segera mendapat perawatan. Berikut ini adalah ciri keguguran yang bisa dikenali tapa bantuan alat khusus.

1. Tidak mual dan muntah mungkin karena keguguran


Morning sickness adalah kondisi dimana ibu hamil mengalami mual dan muntah terutama pada usia kehamilan trimester pertama yang diakibatkan karena peningkatan hormon.  Jika pada kenyataannya ibu hamil tidak mengalami mual dan muntah pada usia kandungan trimester pertama maka ada dua kemungkinan yang mungkin terjadi, yaitu kehamilan normal dan keguguran.

Silahkan segera konsultasikan keadaan ini kepada dokter untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi. [baca : hamil muda tidak mual sama sekali, normalkah ?]

2. Nyeri Punggung tak tertahankan saat terjadi keguguran


Nyeri punggung memang umum dialami oleh ibu hamil karena rahim yang semakin membesar menekan punggung ke arah dalam. Nyeri punggung yang normal terjadi hanya sebentar dan rasa sakit yang masih tergolong ringan.

Berbeda jika nyeri punggung itu muncul karena terjadi keguguran, yaitu terjadi dalam waktu lama dan rasa nyeri yang tak tertahankan. Umumnya nyeri punggung ini disertai dengan keluarnya darah dari jalan lahir, namun sebagian orang ada yang mengalaminya tanpa dibarengi pendarahan.
[baca juga : kram perut saat hamil 4 bulan, berbahayakah ?]

3. Kram tanda keguguran


Kram yang dialami oleh ibu hamil secara tiba - tiba bisa jadi sebagai tanda keguguran. Beberapa anggota tubuh yang kram saat terjadi keguguran adalah bawah perut, panggul, selangkangan.  Kram tanda keguguran ini berbeda dengan kram tanda lahir, yaitu rasa sakitnya benar - benar tak bisa ditahan. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter, jangan ditunda - tunda sehingga penyebab kram segera ditemukan dan ditangani dengan benar.

Itulah ciri keguguran tanpa pendarahan yang sangat penting untuk diketahui. Menjaga kehamilan tetap sehat, tegar dan bugar adalah hal pokok yang harus selalu diperhatikan oleh setiap pasangan suami istri agar nantinya sang buah hati bisa lehir ke dunia dalam keadaan sehat, aman dan lancar.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top