Definisi Ibu Hamil Menurut Para Ahli

Definisi ibu hamil - Istilah "hamil" bagi penduduk Indonesia terasa sudah tak asing lagi, namun banyak diantara mereka yang belum bisa menjelaskan secara rinci apa yang dimaksud dengan "kehamilan". Untuk itu kali ini akan sedikit kami ulas mengenai definisi / pengertian kehamilan menurut para ahli.

Apa sebenarnya definisi dari kehamilan itu ? Jawaban akan segera Anda ketahui setelah membaca artikel ini hingga selesai. Berikut ini adalah beberapa pernyataan para ahli dalam mengartikan istilah kehamilan.

Definisi Ibu Hamil
source of pixabay.com

Definisi Kehamilan


Orang awam mengartikan bahwa kehamilan itu adalah seorang wanita yang telah mengandung anak dalam perutnya. Akan tetapi pengertian tersebut  menurut para ahli tidak sepenuhnya benar. Ada sedikit perbedaan arti kehamilan menurut beberapa ahli, karena mereka mengartikan kehamilan dari sudut pandang yang berbeda. Apa saja pengertian kehamilan menurut para ahli ?

Definisi Ibu Hamil Menurut Wikipedia


Pengguna internet pasti kenal dengan situs raksasa wikipedia. Hampir seluruh pengguna internet kenal dengan wikipedia sebagai tempat rujukan dalam mencari berbagai macam informasi bermanfaat, termasuk info mengenai pengertian istilah - istilah rumit. Menurut wikipedia kehamilan adalah suatu keadaan yang dialami oleh wanita dimana dia sedang membawa embrio atau fetus dalam perutnya.

Definisi Kehamilan Menurut BKKBN


BKKBN adalah singkatan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Badan ini didirikan oleh pemerintah Indonesia yang bertugas untuk melaksanakan tugas Pemerintah dalam bidang keluarga berencana dan kesejahteraan keluarga. Menurutnya kehamilan adalah sebuah proses dimana sel telur wanita yang telah matang di saluran telur bertemu dengan sp*rm@ laki - laki kemudian keduanya bercampur hingga terbentuk sel  baru yang bisa berkembang dan tumbuh di dalam rahim.

Definisi Kehamilan Menurut Sebagian Ahli


Ada juga ahli bahasa yang menjelaskan bahwa kehamilan adalah suatu proses dimana sp*rm@ lelaki berhasil menembus ovum sehingga terjadilah fertilisasi dan konsepsi dalam waktu tertentu dan berakhir dengan lahirnya janin. Kehamilan normal terjadi selama kurang lebih 9 bulan atau 40 minggu atau 280 hari.

Dari penjelasan tersebut diatas jelas bahwa proses kehamilan itu diawali dengan bertemunya sel telur yang telah matang dengan sel sp%rm@ lelaki. Dalam menjalani kehamilan sang ibu perlu berjuang keras agar tidak ada gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin. Selama 40 minggu / 9 bulan sang ibu harus terus membawa janin kemapun pergi tanpa bisa meletakkannya dengan harapan suatu hari nanti akan terlahir sang buah hati yang bisa melengkapi kebahagiaan rumah tangga.

Untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin, ibu hamil harus memperhatikan pola hidup sehat dan asupan gizi yang cukup. Hal itu perlu dilakukan oleh ibu hamil mengingat janin dalam kandungan ibu masih sangat sensitif dan memerlukan banyak asupan nutrisi. Ketika tanda hamil telah muncul, perjuangan ibu dimulai, banyak rintangan yang harus dihadapi dengan penuh kesabaran. Kehamilan bisa terjadi pasti ada sebabnya, berikut ini adalah sebab terjadinya kehamilan

Penyebab Ibu Hamil


Seorang wanita dikatakan hamil apabila dalam perutya telah ada makhluk baru yang berawal dari proses pembuahan. Proses pembuahan terjadi ketika sel telur yang telah matang berhasil dibuahi oleh sel sp*rm@. Apabila sp*rm@ berhasil membuahi sel telur yang telah matang, selanjutnya sel telur berjalan menuju uterus dan menempel di dalamnya. Seiring dengan menempelnya sel telur pada uterus, ibu hamil akan mulai memproduksi hormon kehamilan dan mulai menunjukkan tanda - tanda kehamilan.

Tanda kehamilan setelah pembuahan akan segera terlihat, diantaranya adalah :
  • Morning sickness (mual dan muntah)
  • Letih dan lelah
  • Keluar bercak darah
  • Perubahan mood
  • Terjadi perubahan bentuk anggota tubuh tertentu
  • Sering buang air kecil
  • Telat datang bulan
  • Ngidam makanan tertentu
  • Indra penciuman menjadil lebih sensitif
  • Pusing dan lain - lain

Kehamilan yang terjadi selama kurang lebih 9 bulan oleh medis dikelompokkan menjadi 3, yaitu trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga / trimester akhir. Usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil masih dalam tahap penyesuaian sehingga tanda kehamilan yang tertulis diatas masih sering muncul mengiringi perjalanan kehamilannya.

Trimester kedua kehamilan, ibu telah bisa menyesuaikan diri sehingga tanda kehamilan tidak lagi muncul meski sebagian masih ada yang muncul. Pada usia kehamilan trimester kedua janin telah berkembang dengan cepat, bahkan telah memilki bentuk tubuh yang hampir sempurna dilengkapi dengan sistem indra dan fungsi organ dalam yang telah berkembang pesat.

Sedangkan pada usia kehamilan trimester ketiga janin semakin sempurna dan pada usia 9 bulan telah siap dilahirkan kedunia. Untuk menjaga kehamilan tetap sehat sampai persalinan terjadi ibu hamil harus hati - hati dalam melakukan aktifitas, mengkonsumsi makanan sehat, mempraktekkan pola hidup sehat dan melakukan tips hamil sehat dan bugar secara alami.

Definisi ibu hamil menurut para ahli dan penjelasan terkait kehamilan diatas bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam melengkapi informasi tentang kehamilan. Selama kehamilan berlangsung supaya tetap semangat dan jangan pernah meremehkan kejadian aneh dalam kehamilan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top