Gejala Orang Hamil 1 Minggu dan 2 Minggu

Gejala orang hamil pada minggu pertama dan kedua masih belum begitu tampak. Meski secara medis, kehamilan dihitung sejak minggu pertama terlambat haid, namun sebenarnya jauh hari sebelumnya tubuh ibu hamil sudah menampakkan adanya gejala kehamilan.

Memastikan kehamilan pada minggu pertama memang sulit kecuali atas bantuan medis, namun dengan melihat perubahan fisik maupun emosi, gejala kehamilan akan bisa diketahui sejak awal. Beberapa perubahan fisik tanda kehamilan akan segera muncul setelah proses pembuahan terjadi, yaitu setelah pasangan suami istri melakukan hubungan badan.

Jika Anda penasaran ingin segera mengetahui gejala kehamilan pada minggu awal, yaitu usia 1 dan 2 minggu silahkan baca uraian singkat berikut ini

Gejala Orang Hamil 1 Minggu dan 2 Minggu
source of flickr.com

Gejala Orang Hamil 1 Minggu


Kehamilan diusia 1 dan 2 minggu masih belum begitu kelihatan, namun bisa dikenali dengan melihat perubahan fisik dan emosi ibu, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Keluar bercak darah kehamilan


Salah satu gejala kehamilan yang banyak dialami oleh ibu hamil di awal kehamilannya adalah keluar bercak darah (implantation bleeding). Pendarahan ini terjadi akibat menempelnya embrio pada dinding rahim sehingga pendarahan ini dikategorikan sebagai gejala orang hamil normal. Bercak darah / pendarahan implantasi ini hanya mengeluarkan darah dalam jumlah kecil dan tidak terlalu lama.
[baca : bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?]

2. Orang hamil mengalami kram perut


Menempelnya embrio pada dinding rahim tidak hanya berefek keluarnya bercak darah, namun juga dibarengi dengan kram perut. Kram perut akibat implantasi ini dialami oleh ibu hamil dengan rasa nyeri yang tidak terlalu sakit sehingga kram perut ini juga dikategorikan gejala kehamilan normal. Namun jika ternyata yang dijumpai adalah kram hebat, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

3. Morning sickness sebagai gejala awal kehamilan


Mual muntah yang sering disebut dengan morning sickness adalah salah satu gejala orang hamil yang paling umum terjadi. Pada mulanya, ibu hamil terasa mual saat mencium aroma tertentu, namun akhirnya tanpa mencium aroma apapun mual dan  muntah selalu menghiasi hari hari kehamilannya, terutama di waktu pagi.
[baca : hamil muda tidak mual sama sekali, normalkah ?]

4. Sering buang air kecil saat sedang hamil


Pada awal masa kehamilan, ibu hamil telah mengalami banyak perubahan, termasuk meningkatnya frekuensi buang air kecil. Semakin besarnya usia kehamilan membuat ibu hamil semakin sering pipis meski minumnya tidak terlalu banyak.

5. "Awak lungkrah" sebagai gejala hamil


"awak lungkrah" adalah istilah orang jawa yang maksudnya tubuh terasa lelah meski tidak habis melakukan aktifitas berat. Kondisi ini akan menjadi semakin parah jika ibu hamil memiliki tekanan darah rendah, bahkan bisa menyebabkan pingsan.
[baca : tips ibu hamil sehat dan cantik]

Itulah gejala orang hamil minggu pertama dan kedua yang umumnya dialami oleh ibu hamil. Semoga dengan tulisan ini Anda semakin mengenali gejala kehamilan sehingga bisa lebih cepat merawat kehamilan dengan baik.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top