Gizi Ibu Hamil Trimester Pertama yang Harus dipenuhi

Gizi ibu hamil trimester pertama - Usia kehamilan trimester adalah saat yang sangat menentukan perkembangan calon bayi, sehingga perlu memilih makanan yang banyak mengandung gizi untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi.

Pada awal masa kehamilan, biasanya ibu hamil sangat rajin mencari info mengenai perawatan kehamilan, termasuk info seputar makanan yang baik untuk dikonsumsinya. Ada sebuah pendapat yang menyatakan bahwa ibu hamil harus makan dua kali lipat dari biasanya, sebab dirinya telah berbadan dua. Pendapat ini tentu kurang tepat, sebab yang dibutuhkan ibu hamil itu adalah peningkatan gizi, bukan peningkatan porsi makan. 

Pada usia kehamilan trimester pertama, calon bayi belum begitu kuat menempel pada rahim, maka ibu hamil perlu menjaga kehamilannya dengan sungguh - sungguh. Dalam beraktifitas, ibu hamil hendaknya tidak melakukan aktifitas berat yang bisa mengganggu kesehatan janin. Sedangkan dalam mengkonsumsi makanan, ibu hamil harus memperhatikan kandungan nilai gizi guna memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi.

Gizi Ibu Hamil Trimester Pertama
source of pixabay.com

Jenis Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil Trimester Pertama


Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil, hendaknya memiliki kualitas yang tinggi, artinya makanan tersebut mengandung bayak nutrisi bermanfaat untuk ibu dan janin. Selain bergizi tinggi, makanan tersebut supaya dikonsumsi dengan cara yang benar agar gizi yang terkandung didalamnya terserap oleh tubuh dengan sempurna. Beberapa jenis makanan bergizi yang dianjurkan untuk ibu hamil trimester awal adalah sebagai berikut :

Buah - buahan Untuk Ibu Hamil


Buah sangat diperlukan oleh ibu hamil karena banyak mengandung vitamin dan mineral, terutama bagi ibu hamil trimester pertama. Vitamin dan mineral sangat diperlukan oleh janin dalam rangka mewujudkan pertumbuhan dan perkembangannya dengan sempurna. Selain bermanfaat untuk janin, buah juga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil yang biasanya mengalami banyak keluahan di usia kehamilan awal.

Mual dan muntah (morning sickness) bisa berkurang dengan mengkonsumsi buah - buahan tertentu. Ibu hamil yang biasanya mengalami gangguan pencernaan bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat.
[baca: obat mual hamil muda yang aman bagi janin]

Buah - buahan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama antara lain jambu biji, mangga, apel, jeruk, strowberry, kurma, melon, buah naga, tomat dan lain - lain. Sebelum mengkonsumsi buah, sebaiknya cuci dulu sampai bersih sehingga buah yang dikonsumsi terbebas dari bakteri dan kuman. Adapun cara mengkonsumsi buah tersebut bisa dilakukan dengan cara dijus atau langsung dimakan. Buah yang baik untuk ibu hamil  secara detil bisa Anda baca pada artikel berjudul
[buah yang baik untuk ibu hamil trimester pertama]

Lengkapi Gizi Ibu Hamil dengan Sayuran


Selain buah, ibu hamil trimester pertama juga perlu mengkonsumsi sayuran, karena sayuran merupakan sumber makanan yang kaya mineral dan vitamin. Ibu hamil trimester pertama banyak menjumpai keluhan, seperti mual, muntah, mudah lelah, pusing dan lain -lain. Beberapa keluhan tersebut bisa membuat ibu hamil mengalami anemia (kurang darah), oleh sebab itu ibu hamil perlu mengkonsumsi sayuran hijau guna menghindarinya. Jenis sayuran yang dianjurkan untuk ibu hamil antara lain adlaah brokoli, wortel, sawi, katuk, seledri, labu siam, bayam dan lain - lain.

Sareal Mengandung Gizi yang diperlukan Ibu Hamil


Pada usia kehamilan 3 bulan pertama, ibu hamil umumnya mengalami morning sickness yaitu mual muntah dipagi hari. Jika ibu hamil memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan justru bisa berakibat mual semakin parah. Untuk itu, ibu hamil perlu sareal untuk sarapan pagi karena sareal banyak mengandung karbohidrat, vitamin B. kalsium, dan berbagai jenis mineral penting. Selain sebagai sumber energi, sareal dari gandum memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Ibu Hamil Perlu Kacang Kacangan


Usia kehamilan trimester pertama memang memerlukan banyak asupan gizi, salah satunya adalah protein dan mineral yang banyak terdapat pada kacang - kacangan. Beberapa jenis kacang mengandung lemak tak jenuh yang berguna sebagai sumber energi dan memperlancar proses metabolisme tubuh. Protein dalam kacang perperan dalam memperbaiki sel yang rusak dan membantu pertumbuhan sel janin.

Selain mengandung protein dan mineral, beberapa jenis kacang juga mengandung asam folat yang sangat penting bagi perkembangan janin. Kekurangan asam folat bisa berakibat buruk bagi janin. Beberapa jenis kacang yang banyak mengandung asam folat bisa Anda lihat pada artikel kami berjudul [makanan yang mengandung asam folat tinggi]

Seafood Mengandung Gizi untuk Ibu Hamil


Seafood mengandung banyak protein dan omega 3 yang sangat diperlukan ibu hamil terutama pada usia kehamilan trimester pertama. Omega 3 diperlukan oleh janin untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Meski baik untuk ibu hamil, namun Anda harus berhati - hati dalam memilih seafood yang akan dikonsumsi. Jangan konsumsi ikan laut yang mengandung merkuri, karena menyebabkan tumbuhnya sel kanker pada janin dan ibunya. Seafood yang aman dikonsumsi oleh ibu hail antara lain adalah cumi -cumi, udang, ikan  tuna, ikan salmon, lopster, ikan kakap, ikan teri dan tiram.

Sempurnakan Gizi Ibu Hamil dengan Susu


Minum susu sangat dianjurkan untuk ibu hamil, mulai kehamilan trimester pertama sampai dengan melahirkan. Kandungan nutrisi pada susu sangat lengkap, yaitu karbohidrat, protein, lemak, aneka vitamin, dan berbagai mineral penting. Jika Anda merasa tambah mual jika mencium aroma susu, pilihlah produk susu yang telah diberi aroma buah atau yang lain. Jangan sembarangan memilih produk susu karena ada sebagian produk susu yang kurang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.
[baca : susu yang bagus untuk ibu hamil]

Lengkapi Gizi Ibu Hamil dengan Air dan Tambahan Vitamin


Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan air tubuh, jangan sampai kekurangan cairan, karena ibu hamil yang kekurangan cairan tubuh bisa membahayakan kesehatan. Minum air putih yang cukup sangat baik untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan bugar secara alami. Jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein. Selain air, ibu hamil perlu mengkonsumsi suplemen vitamin atas resep dokter untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat dalam menjalani kehamilan.

Gizi ibu hamil trimester pertama harus dipenuhi dengan mengkonsumsi sumber makanan yang telah tertulis diatas. Datanglah ke dokter untuk mengkonsultasikan perkembangan kehamilan dan jangan lupa untuk selalu aktif bertanya seputar keluhan kehamilan yang sedang Anda alami. Tetap semangat dan semoga kehamilan berjalan dengan lancar sehingga sang buah hati lahir dengan sempurna.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top