Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat pisang bagi ibu hamil - Untuk menjaga janin tetap sehat dan normal, ibu hamil perlu memperhatikan pola makan dan pola hidup yang baik. Selama kehamilan berlangsung hindari konsumsi makanan dan minuman yang membahayakan janin  serta obat - obatan tanpa resep dari dokter. Selama kehamilan berlangsung konsumsi makanan bergizi sangat dianjurkan, tak terkecuali buah dan sayur. Salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah pisang, karena buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup padat.

Ibu hamil yang tidak memiliki alergi terhadap buah pisang, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya selama hamil karena buah pisang mampu menyumbangkan beberapa dampak baik bagi ibu hamil. Beberapa manfaat pisang tersebut antara lai  adalah sebagai berikut :

Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil dan Janin


Buah pisang sangat bermanfaat untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan badan dan janin. Beberapa manfaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut  :

Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil dan Janin
source of pixabay.com

1. Pisang Mengandung Vitamin B6

Selain baik untuk ibu hamil  pisang juga bermanfaat untuk janin, karena pisang banyak mengandung  semua jenis vitamin, termasuk vitamin B komplek dan B6. Vitamin B kompleks bermanfaat bagi janin untuk membantu perkembangannya, sedangkan vitamin B6 membantu perkembangan sistem syaraf janin dan membantu pendistribusian oksigen dari tubuh ibu kepada janin. Satu buah pisang mengandung vitamin B6 mencapai 0,4 miligram; sedangkan kebutuhan vitamin B6 yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah sekitar 1,9 miligram.

2. Pisang mengandung banyak  kalium


Dalam menjalani masa kehamilan, ibu hamil sangat memerlukan banyak kalium minimal 4.700 miligram per harinya. Buah pisang berukuran sedang kandungan kaliumnya bisa mencapai 425 miligram atau sekitar 9 persen dari kebutuhan kalium. Selain tinggi kalium, pisang juga mengandung mineral cukup banyak  yang mampu membantu meringankan beberapa masalah yang dialami oleh ibu bamil seperti kaki bengkak dan kram kaki. Jika pembengkakan tubuh terjadi secara tiba - tiba dan cukup parah sebaiknya segera periksa ke dokter karena pembengkakan tubuh ibu hamil itu ada yang berbahaya, yaitu preklamsia.

3. Pisang mampu melancarkan BAB


Pada usia kehamilan muda, ibu hamil biasanya mengalami susah BAB karena perubahan hormon tubuh. Kandungan serat yang terdapat pada buah pisang sangat baik untuk membantu mengatasi susah BAB ibu hamil. Serat yang terdapat pada buah pisang adalah serat larut yang  sangat bermanfaat untuk mengontrol kelebihan air dalam tubuh sehingga bisa melancarkan pencernaan, melancarkan BAB dan mengatasi diare.

4. Pisang bermanfaat untuk menjaga gula darah dan kolesterol


Bagi ibu hamil yang menderita diabetes menjaga gula darah dan kolesterol tetap stabil adalah hal yang sangat penting. Jika gula darah dan kolesterol tidak lagi bisa terkontrol bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan tubuh ibu maupun janin. Dengan menkonsumsi pisang secara teratur, gula darah dan kolesterol bisa terkontrol dengan baik.

Walaupun kaya akan manfaat, namun ibu hamil juga perlu waspada sebelum mengkonsumsi buah pisang. Bagi Anda yang menderita alergi getah buah, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah pisang selama hamil karena pisang mengandung zat alergen utama yang terkait dengan sindrom getah buah.

Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil Muda


Secara rinci manfaat pisang untuk ibu hamil diklasifikasikan menjadi dua, yaitu untuk ibu hamil muda dan ibu hamil tua. Manfaat pisang untuk ibu hamil muda antara lain adalah sebagai berikut :

1. Mengatasi anemia ibu hamil


Ibu hamil usia muda sangat rawan terkena anemia / kurang darah yang diakibatkan karena menurunnya nafsu makan setelah mengalami mual dan muntah (morning sickness). Salah satu cara untuk mengatasi anemia adalah mensuply tubuh dengan makanan yang banyak  zat besi, salah satunya adalah buah pisang. Buah pisang mengandung banyak zat besi sehingga mampu menghasilkan hemoglobin untuk membantu meringankan anemia.

2. Mengatasi sembelit saat hamil


Sembelit atau susah buang air besar adalah salah satu keluhan yang dialami oleh ibu hamil mulai awal kehamilan terjadi. Kandungan serat yang cukup tinggi yaitu 6 gram/buah mampu membantu melancarkan pencernaan ibu dan mengatasi perut kembung. Dengan konsumsi buah pisang sembelit ibu hamil akan segera berakhir.

3. Meringankan mules kehamilan


Hamil muda perut mules seperti mau BAB sering dialami oleh kebanyakan wanita akibat gangguan pencernaan. Jika keadaan itu dibiarkan tentu membuat ibu tidak nyaman dan perkembangan janin terganggu. Pisang bermanfaat untuk mengatasi masalah ini karena mengandung antacid yang akan menekan sekresi asam dan mengandung pectin yang berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dalam menormalkan mortilitas usus.

4. Pisang sebagai antioksidan


Pisang adalah buah yang kaya  vitamin C sehingga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan vitamin C tersebut, pisang bisa membantu ibu hamil dan janin dalam melawan berbagai macam jnis penyakit. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam buah pisang juga sangat baik untuk menjaga kulit tetap segar, kencang dan melawan penuaan dini.

5. Mengatasi mual dan muntah ibu hamil


Ketika usia kehamilan baru memasuki trimester pertama, kebanyakan ibu hamil mengalami mual dan muntah terutama di pagi hari (morning sickness). Untuk mengatasi mual dan muntah diperlukan beberapa tips, termasuk dengan mengkonsumsi buah sehat. Pisang adalah salah satu buah yang sangat efektif untuk mengurangi rasa mual di waktu hamil.

6. Pisang sebagai sumber energi ibu hamil


Pada usia kehamilan muda, tenaga ibu hamil seakan terkuras habis karena saking beratnya melawan mual dan muntah. Solusi tepat untuk mengatasi hal itu adalah dengan mengkonsumsi buah pisang dan minum susu. Kandungan gula pada buah pisang sangat tinggi, yaitu 28 gram gula disetiap 225 gramnya, sehingga bisa digunakan sebagai tambahan sumber energi bagi ibu hamil. Gula yang terkandung dalam buah pisang itu sendiri tidak hanya terdiri dari satu jenis melainkan tiga jenis gula, yaitu glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Kesemua zat gula tersebut sangat mudah dicerna sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mensuply energi bagi ibu hamil. Selain itu, buah pisang juga banyak mengandung karbohidrat cukup banyak, yaitu 51 gram karbohidrat setiap 225 gramnya. Dengan demikian pisang sangat baik digunakan sebagai sumber energi.

Manfaat Pisang Bagi Hamil  Tua 7 Bulan


Selain memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil muda, pisang juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil usia 7 bulan keatas. Beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil tua tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Pisang bermanfaat untuk membantu perkembangan syaraf janin


Pisang adalah salah satu jenis makanan yang memilki kandungan asam folat cukup tinggi. Asam folat sangat diperlukan oleh janin untuk membantu perkembangan sistem syaraf dan tulang belakang. Jika janin sampai kekurangan asam folat, resiko terlahir cacat sangatlah besar. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu hamil memperbanyak makanan yang banyak mengandung asam folat, termasuk buah pisang.
[baca : makanan yang mengandung asam folat tinggi]

2. Pisang membantu mengatasi anemia ibu hamil


Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada buah pisang sangat bermanfaat untuk ibu hamil untuk mengatasi anemia / kurang darah. Anemia yag dialami oleh ibu hamil tidak bisa dianggap remeh, terlebih bagi ibu hamil menjelang persalinan. Kurang darah / anemia yang tak kunjung teratasi bisa menyebabkan komplikasi pada tahap akhir kehamilan.

3. Pisang sebagai sumber Kalsium


Kebutuhan kalsium sangatlah penting bagi ibu hamil terutama saat usia kandungan telah memasuki trimester kedua sampai akhir kehamilan. Kalsium berguna untuk membantu perkembangan sistem rangka janin, memperkuat tulang dan memperlancar neurotransmitter dalam proses kontraksi otot janin. Buah pisang memiliki kandungan kalsium sekitar 10 mg dari pisang seberat 200gram.

4. pisang sumber protein


Kebutuhan ibu hamil dan janin akan protein sangatlah banyak, yaitu untuk membentuk antibodi dan sebagai sumber kalori. Janin yang kekurangan protein sangat rentan terhadap beberapa jenis penyakit. Oleh karena itu, ibu hamil perlu memperbanyak makanan berprotein tinggi, salah satunya adalah buah pisang. Buah ini, mampu menyumbangkan 2,5 gram protein setiap 225 gramnya.

5. Pisang sebagai penyeimbang darah


Tekanan darah tinggi pada ibu hamil sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi darah tinggi adalah dengan melakukan diet sehat, salah satunya adalah dengan dengan mengkonsumsi buah pisang. Kandungan kalium dan mineral pada buah pisang sangat baik untuk ibu hamil sebagai penyeimbang darah.

Jenis Pisang untuk Ibu Hamil


Jenis pisang apa saja yang baik untuk ibu hamil itu ?
Sebenarnya semua jenis pisang itu memiliki kandungan manfaat yang sangat banyak untuk ibu hamil, namun menurut penuturan beberapa pakar gizi, jenis pisang yang paling banyak mengandung gizi adalah pisang ambon. Ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwa pisang ambon berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan bisa menyebabkan keguguran kandungan. Untuk membuktikan benar dan tidaknya mitos tersebut, para ahli makanan melakukan kajian ilmiah dan ternyata hasilnya adalah...

mitos tersebut tidaklah benar. Berdasarkan kajian ilmiah yang tertuang dalam berbagai buku kesehatan dan gizi makanan, pisang tidak memiliki kandungan zat yang membahayakan pertumbuhan dan kesehatan janin, justru pisang ambon memiliki kandungan nutrisi yang banyak diperlukan oleh janin, seperti kalsium, protein, asam folat, Vitamin B6, serat dan lain - lain. Hanya saja, bagi Anda yang memiliki elergi terhadap getah buah, sebaiknya menghindari makan buah pisang selama masa kehamilan demi menjaga kesehatan kandungan.

Itulah manfaat pisang untuk ibu hamil dan beberapa informasi terkait lain yang perlu Anda ketahui dalam rangka meraawat dan menjaga kesehatan kandungan. Semoga dengan membaca tulisan singkat ini, Pengetahuan Anda mengenai perawatan kehamilan semakin lengkap sehingga kehamilan bisa Anda jalani dengan baik, aman, nyaman dan bayi berhasil terlahir dengan baik pada saatnya nanti.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top