Mengetahui Tanda Awal Kehamilan Minggu Pertama

Mengetahui tanda awal kehamilan diperlukan oleh setiap pasangan suami istri untuk bisa merawat kehamilannya sesegera mungkin. Telat haid bukanlah sebuah tanda pasti seorang perempuan mengalami positif hamil karena terkadang wanita terlambat datang bulan itu dikarenakan perubahan hormon tubuh yang tidak menentu.

Setelah berhubungan, seorang wanita yang subur akan mudah hamil, terutama jikadilakukan pada masa - masa subur. Masa subur bisa diketahui dengan mudah apabila seorang wanita mempunyai siklus haid teratur, yaitu hari ke 12 samapi hari ke 16 dihitung sejak hari pertama haid. Namun bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, mengetahui masa subur bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain adalah sebagai berikut :
  • Mengetahui masa subur dengan lendir serviks
  • Mengetahui masa subur dengan termometer digital
  • Melakukan pemeriksaan ke dokter untuk menentukan kapan terjadi masa subur
NB : Penjelasan lebih lengkap tentang masa subur silahkan baca artikel kami dengan judul [Cara Cepat Hamil Setelah Haid]

Mengetahui Tanda Awal Kehamilan Minggu Pertama

Setelah melakukan hubungan badan, seorang wanita bisa segera diketahui kehamilannya melalu beberapa tan - tanda yang muncul, diantaranya adalah sebagaimana tertulis pada uraian dibawah ini.

Mengetahui Tanda Awal Kehamilan Melalui Perubahan Fisik


Wanita hamil akan segera diketahui kehamilannya melalui beberapa ciri yang muncul, yaitu perubahan fisik dan perubahan psikis. Perubahan fisik yang dialami oleh ibu hamil adalah sebagai berikut :

Awal kehamilan mengalami Pendarahan Kecil


Mengetahui awal kehamilan seseorang bisa juga diamati melalui munculnya pendarahan kecil dari vagina. Pendarahan ini terjadi karena menempelnya embrio pada dinding rahim, proses ini biasa diistilahkan dengan implantasi bleeding. Umumnya pendarahan ini terjadi pada awal kehamilan trimester pertama dengan volume kecil. Apabila pendarahan yang Anda alami cukup banyak dan lama, silahkan segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab pendarahan tersebut.

Awal Kehamilan Identik dengan Morning Sickness


Morning sickness adalah mual disertai muntah yang biasa dialami oleh ibu hamil pada pagi hari. Penyebab mual dan muntah ini tidak diketahui secara pasti, namun kebanyakan orang berpendapat bahwa mual muntah ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh ibu hamil. Apakah ada orang hamil yang tidak mengalami morning sickness ?? jawabnya : Ada, tapi jarang. Normalkah kehamilan yang tidak disertai dengan morning sickness ??? Temukan jawabannya pada artikel berjudul
[hamil muda tidak mual sama sekali, normalkah ?]

Wanita hamil Sering Pipis


Jangan heran ketika sedang hamil, Anda merasa lebih sering buang air kecil dibanding hari - hari sebelumnya. Hal ini umum dialami oleh ibu hamil karena meningkatnya cairan tubuh saat hamil serta tekanan rahim terhadap kandung kemih seiring dengan semakin membesarnya rahim. Meski sering pipis, Ibu hamil sebaiknya tidak menahan pipis karena bisa mengakibatkan hal buruk bagi kesehatan.

Ibu Hamil Semakin Sensitif Terhadap Bau


Sebagai tanda kehamilan awal, penciuman ibu hamil menjadi semakin sensitif terhadap aroma tertentu. Terkadang aroma yang dulu paling disuka, setelah hamil menjadi aroma paling dibenci sehingga membuat dirinya menjadi semakin terasa mual dan muntah. Hal ini terjadi dimungkinkan karena efek samping dari perubahan hormon saat menjalani kehamilan.

Awal Kehamilan Mudah Lelah


Tanpa melakukan aktivitas berat pun, wanita hamil akan merasa lelah dan mudah ngantuk. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil perlu istirahat cukup namun tidak berlebihan. Jika istirahat berlebihan justru bisa membuat badan semakin lelah dan tidak bersemangat. Agar Anda bisa melawan kelelahan tersebut dengan aman dan nyaman, silahkan baca artikel yang telah kami tulis dengan judul
[tips hamil sehat dan bugar secara alami]

Mengetahui Tanda Awal Kehamilan Melalui Perubahan Psikis


Selain perubahan fisik, kehamilan bisa diketahui dengan perubahan psikis wanita, yaitu terjadinya perubahan mood yang terlalu cepat. Wanita hamil mengalami perubahan emosi dengan cepat, misalnya bahagia berubah dengan cepat menjadi marah, susah berubah dengan cepat menjadi gembira dan lain sebagainya. Sebagai suami, kami sarankan untuk selalu menjadi pendamping yang baik bagi istri tercintanya saat hamil meski banyak terjadi perubahan pada fisik dan psikisnya.

Cara Lain untuk Mengetahui Awal Kehamilan


Selain cara tersebut diatas, kehamilan bisa diketahui dengan melakukan beberapa cara berikut ini :

  • Menggunakan alat test kehamilan (testpack) yang bisa dibeli di apotik terdekat
  • Mengukur suhu basal tubuh, yaitu suhu tubuh selalu tinggi dalam kurun waktu 18 hari berturut - turut
  • Lihat siklus haid, terlambat datang bulan atau tidak

Itulah cara mengetahui awal kehamilan  dengan mudah. Silahkan lakukan pemeriksaan kehamilan ketika ciri tersebut diatas muncul pada diri Anda. Mengetahui awal kehamilan akan lebih baik untuk penanganan kehamilan selanjutnya. Semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top