Nutrisi Kehamilan Trimester Pertama, Abaikan jika Ingin Menyesal

Nutrisi kehamilan trimester pertama - Pada saat tanda kehamilan mulai tampak dan test pack menunjukkan positif hamil, Anda harus segera memperlakukan kehamilan Anda dengan hati - hati.

Keberhasilan dalam mengemban amanat kehamilan adalah sebuah tantangan besar yang harus dilalui oleh setiap kaum hawa, maka diperlukan sebuah pengorbanan untuk itu. Salah satu perawatan kehamilan yang harus dilakukan oleh ibu hamil adalah memberi asupan nutrisi yang mencukupi kebutuhan janin, terutama pada saat usia kehamilan trimester pertama.

Pada usia kehamilan 1 sampai 3 bulan, calon bayi sangat memerlukan banyak nutrisi untuk menunjang kesempurnaan tumbuh kembangnya. Jika ibu hamil mengabaikan hal ini, penyesalan akan segera muncul di kemudian hari.

Nutrisi Kehamilan Trimester Pertama,

Nutrisi Kehamilan Trimester Pertama


Pengetahuan tentang nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil trimester pertama sangat diperlukan oleh setiap ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatan kandungan. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan kami tuliskan beberapa makanan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama saat usia kehamilan satu sampai tiga bulan (trimester pertama).

1. Sayur Sumber Nutrisi Kehamilan


Sayuran adalah sumber nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil. Apabila sebelum hamil Anda kurang suka dengan sayur, usahakan pada saat hamil tetap mengkonsumsi sayur. Kandungan nutrisi dalam sayuran sangat dibutuhkan oleh janin untuk mempercepat pertumbuhan serta dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan menjaga stamina agar tetap tegar dan bugar.

Salah satu sayuran yang baik untuk ibu hamil adlah bayam karena mengandung banyak zat besi sehingga membantu ibu hamil dalam pembentukan hemoglobin. Selain memiliki kandungan manfaat yang luar biasa, sayuran juga bermanfaat untuk mengurai rasa mual saat hamil trimester pertama.
[baca : cara mengatasi mual saat hamil muda]

2. Cukupi Nutrisi Kehamilan dengan Buah


Selain sayuran, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi buah - buahan karena buah merupakan makanan sumber nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan janin dan menjaga kesehatan ibu dari ancaman berbagai macam penyakit. Buah yang memiliki nutrisi tinggi dan baik untuk perkembangan janin adalah alpukat.

Buah ini memiliki kandungan folat yang cukup tinggi, sedangka folat itu diperlukan oleh janin untuk pembentukan dan perkembangan sel otak. Penjelasan lebih detil mengenai aneka macam buah yang disarankan untuk ibu hamil dan manfaat alpukat bisa Anda baca pada artikel sebelumnya dengan judul [buah yang baik untuk ibu hamil]  dan [manfaat alpukat untuk ibu hamil]

3. Seafood Kaya akan Nutrisi


Seafood adalah bahan makanan yang banyak mengandung protein, vitamin A dan omega 3. Selain rasanya enak, kandungan gizi dalam seafood sangat diperlukan oleh ibu hamil trimester pertama untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi. Kandungan omega 3 yang banyak terdapat pada lopster, udang, cumi dan ikan lainnya sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi ketika sudah lahir di dunia.

4. Susu Penting untuk Kehamilan Trimester Pertama


Susu dan segala macam makanan hasil dari olaha susu sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Kalsium yang banyak terkandung dalam susu sangat diperlukan oleh ibu hamil, mengingat tingginya kebutuhan ibu hamil terhadap kalsium. Kalsium selain diperlukan oleh ibu hamil juga dibutuhkan oleh janin untuk membantu dalam pembentukan otot dan tulang.

Susu memang baik untuk ibu hamil, namun jangan salah dalam memilih produk susu karena bisa berakibat kurang baik untuk kesehatan janin. Susu yang baik untuk ibu hamil itu yang bagaimana ?
[baca : susu ibu hamil muda yang bagus]

5. Lengkapi Nutrisi Kehamilan dengan Kacang Kacangan dan Sereal


Aneka jenis kacang banyak yang mengandung asam folat dan vitamin B, seperti kacang hijau dan kedelai sangat baik untuk tumbuh kembang janin. Jadikan kacang tersebut sebagai makanan camilan atau bubur agar lebih enak dinikmati. Selain kacang - kacangan, ibu hamil juga bisa memanfaatkan sareal untuk pemenuhan nutrisi, apalagi saat usia kehamilan trimester pertama ibu hamil sering merasakan mual dan muntah. Solusi agar kebutuhan tubuh tetap terpenuhi meski mual adalah dengan mengkonsumsi sareal.

Itulah nutrisi kehamilan trimester pertama yang tidak boleh diabaikan. Semoga dengan tulisan singkat ini, bunda bisa selalu menjaga kehamilan dengan mencukupi kebutuhan nutrisi.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top