Tanda Bayi Sehat dan Normal dalam Kandungan

Tanda bayi sehat - Tak dipungkiri lagi bahwa seorang istri yang sedang hamil pasti selalu mengkhawatirkan si jabang bayi kalau kalau mengalami sesuatu yang tidak diharapkan, terlebih lagi bagi pasangan suami istri yang telah lama belum mendapat kehamilan. Kecemasan sang ibu atas kasehatan janin bisa dikatakan wajar karena janin tidak bisa dilihat dari luar kandungan.

Ibu hamil yang berfikiran "anak saya sehat atau tidak ya ?, perkembangannya baik atau tidak ya ?" dan fikiran lain sejenis itu perlu mendapatkan kejelasan kesehatan janinnya, karena jika suasana hati selalu diselimuti kekhawatiran bisa berakibat kurang baik. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan kami tuliskan beberapa hal yang berkaitan dengan tanda bayi sehat dalam kandungan.

Sebelum kami lanjutkan, kami sarankan Anda untuk selalu menata hati, hilangkan suudzon  (fikiran - fikiran jelek), karena fikiran tersebut membuat hati galau dan mengganggu kenyamanan. Yakinkan hati bahwa janin yang sedang Anda kandung dalam keadaan sehat dan berkembang dengan baik. Lakukan perawatan kehamilan dengan sebaik - baiknya dan hindari semua hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Selanjutnya silakan baca penjelasan berikut ini untuk memastikan kesehatan bayi.

Tanda Bayi Sehat dan Normal
source of pixabay.com

Tanda Bayi Sehat dalam Kandungan


Apabila Anda ingin mengetahui lebih detil tentang kesehatan janin silakan datang ke dokter untuk melakukan segenap pemeriksaan. Biasanya dokter melakukan pemeriksaan dengan USG untuk mengetahui kesehatan janin mulai dari jenis kelamin, organ tubuh, detak jantung, kesehatan paru - paru, berat badan janin dan lain - lain. Jika Anda ingin selalu mengetahui perkembangan janin jelas silahkan lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter atau bidan minimal sebulan sekali.

Sebenarnya tanpa melakukan  pemeriksaan USG pun, ibu hamil bisa memprediksi kesehatan  janin dengan mengenali tanda janin sehat. Tanda tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Berat badan ibu hamil meningkat


Seiring dengan bertambahnya usia kandungan, berat badan ibu hamil juga akan meningkat. Meningkatnya berat badan ibu menjadi salah satu pertanda  bahwa janin dalam kandungan tumbuh dan berkembang dengan sehat. Sebaliknya, jika ternyata berat badan ibu tidak meningkat meski usia kandungan semakin bertambah, ibu hamil hendaknya segera memeriksakan kandungan ke dokter guna memastikan kesehatan janin. Tidak bertambahnya berat badan ibu bisa diakibatkan karena banyak hal, seperti perkembangan janin tidak normal, janin tidak berkembang dan lain - lain. Pada umumnya selama kehamilan, berat badan ibu hamil meningkat hingga 10 sampai 15kg. Agar perkembangan janin bisa diketahui dengan segera, silahkan lakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter atau bidan secara rutin paling tidak sebulan sekali.

2. Perut ibu hamil semakin membesar


Bayi dalam kandungan yang sehat dan berkembang  baik pasti dibarengi dengan semakin membesarnya perut ibu sesuai dengan usia kandungan. Pada umumnya dokter dan bidan memeriksa ukuran rahim pada saat ibu hamil memeriksakan kandungannya. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah ukuran rahim ibu hamil sesuai dengan usia kandungan atau tidak. Besarnya rahim ibu hamil bisa diperkirakan oleh ahli medis dengan menggunakan alat khusus atau dengan cara meraba bagian perut. Pada usia kandungan 20 minggu umumnya rahim ibu telah membesar sampai setinggi pusar.
[baca : bentuk perut hamil 2 bulan seperti apa ?]

3. Detak jantung bayi normal


Termasuk tanda bayi sehat dalam kandungan adalah adanya detak jantung bayi yang berdenyut dengan normal. Untuk mengetahui detak jantung janin, ibu hamil tidak bisa melakukannya sendiri, tapi perlu bantuan orang lain yang punya keahlian dibidang itu. Detak jantung janin bisa diketahui dengan alat USG atau doppler. Dengan kedua alat tersebut detak jantung janin bisa diketahui dengan jelas baik suara maupun jumlahnya. Detak jantung janin yang normal berkisar antara 110-160 kali per menit. Jika ternyata detak jantung janin sampai 100 kali per menit atau bahkan tidak terdengar sama sekali maka Anda perlu waspada, karena ada kemungkinan terjadi kelainan.

4. Bayi dalam kandungan bergerak


Janin sehat pasti bergerak, namun gerakan tersebut baru mulai dirasakan menginjak usia kehamilan trimester kedua. Ibu hamil akan merasakan gerakan janin hingga sepuluh kali per hari. Gerakan janin akan semakin bertambah kuat seiring dengan bertambahnya usia kandungan, yaitu gerakan memukul, menggeliat, menendang dan gerakan - gerakan yang lain. Jangan kaget jika pada usia kehamilan 6 bulanan gerakan janin justru malah menurun. Memang pada umumnya seperti itu , karena di usia itu ruang gerak janin menjadi semakin sempit.
[baca : perkembangan janin 6 bulan lengkap]

5. Bayi berkembang normal


Perkembangan bayi secara normal bisa diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter atau bidan. Dengan menggunakan alat USG, dokter atau bidan bisa melihat perkembangan janin mulai dari berat janin, panjang janin, perkiraan lahir, detak jantung dan perkembangan janin lainnya. Selain itu, dengan alat USG janin sudah bisa diprediksi memiliki jenis kelamin laki atau perempuan. Oleh karena itu usahakan untuk rutin melakukan pemeriksaan kehamilan agar Anda bisa segera tahu jika ada kelainan pada janin.

Itulah tanda bayi sehat dan normal dalam kandungan. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat melengkapi informasi seputar kehamilan yang sedang Anda cari.


==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top