Tanda Kehamilan Bulan Pertama yang Jarang diketahui

Tanda kehamilan bulan pertama - Setelah menjalani bahtera rumah tangga, satu hal yang pasti diinginkan oleh pasangan suami istri, yaitu mempunyai anak sang penerus keluarga. Banyak diantara mereka yang ingin segera punya anak, namun dikala kehamilan telah didapat justru tidak segera dilakukan perawatan dengan baik karena tidak tahu kalau dirinya sedang mengandung.

Bagi wanita yang tidak suka dengan aktifitas extreem dan selalu menerapkan pola hidup sehat, ketidak tahuan tentang kehamilan yang dialami mungkin tidak begitu masalah karena janin tetap terjaga kesehatannya. Namun bagi mereka yang suka dengan aktifitas extreem dan kurang bisa menerapkan pola hidup sehat, ketidak tahuan tentang kehamilan yang dialami bisa berakibat fatal, bahkan bisa terjadi keguguran.

Oleh sebab itu, pengetahuan tentang tanda kehamilan sangatlah penting bagi pasangan suami istri guna menjaga janin tetap sehat dan tumbuh berkembang dengan baik. Kali ini, kami akan tuliskan beberapa tanda kehamilan yang muncul pada bulan pertama agar Anda semakin faham dengan kehamilan yang sedang Anda jalani.

Tanda Kehamilan Bulan Pertama
source of pixabay

Tanda Kehamilan Bulan Pertama


Untuk mengobati rasa penasaran Anda tentang apa saja yang menjadi tanda kehamilan itu, maka segera akan kami ulas tanda hamil yang umum dialami oleh seorang wanita. Berikut tanda - tandanya :

1. Bercak darah tanda kehamilan disertai kram perut


Pada bulan pertama kehamilan, ibu hamil akan menjumpai bercak darah yang keluar dari jalan lahir dengan disertai kram perut ringan. Bercak darah tanda kehamilan ini warnanya merah muda atau coklat, berbeda dengan darah haid. Bercak darah ini terjadi karena proses implantation bleeding (pendarahan implantasi), yaitu proses menempelnya embrio pada dinding rahim (uterus). Bercak darah yang keluar dari jalan lahir perempuan itu tidak selamanya sebagai tanda hamil, tapi ada banyak jenis bercak darah, ada yang berbahaya dan ada yang tidak bahaya. Oleh sebab itu segera lakukan pengetesan kehamilan atau pemeriksaan ke dokter jika bercak darah keluar dari jalan lahir Anda. Mengenai berapa banyak dan berapa lama bercak darah tanda kehamilan muncul, silahkan baca artikel kami dengan judul [bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?]

2. Kehamilan ditandai dengan mudah lelah


Perubahan hormon pada tubuh ibu hamil membuatnya jadi mudah lelah meski tidak habis melakukan aktifitas berat. Keadaan ini terjadi mulai usia kehamilan awal sampai usia kehamilan trimester pertama berakhir. Untuk itu, jika Anda menjumpai keadaan lelah yang tidak seperti biasa, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan kehamilan dengan testpack untuk memastikan apakan Anda positif hamil atau tidak. Selain perubahan hormon, letih dan lelah yang dialami ibu hamil ini terjadi karena pengeruh strees, tegang, pola makan jelek, kurang tidur, depresi dan lain - lain.

3. Sering pipis mulai kehamilan bulan pertama


Perempuan yang sedang hamil akan mengalami peningkatan cairan tubuh melebihi hari - hari sebelum dia hamil. Banyaknya cairan tubuh dengan disertai tekanan kandung kemih oleh rahim yang semakin membesar membuat ibu hamil menjadi sering buang air kecil. Jika keadaan ini sedang Anda alami, jangan ragu untuk segera melakukan test kehamilan, barang kali saja ini sebagai pertanda awal kehamilan bulan pertama. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, frekuensi buang air kecil ibu hamil menjadi semakin meningkat karena kandung kemih semakin terdesak oleh rahim yang semakin membesar.

4. Kehamilan diiringi dengan perubahan  bentuk tubuh


Ada beberapa anggota tubuh yang mulai berubah dikala kehamilan telah tiba, yaitu perut, paha, bokong, dada dan lengan. Pembengkakan tersebut terjadi karena peningkatan hormon kehamilan yang berpengaruh pada perubahan bentuk anggota tubuh tertentu. Jangan takutkan hal ini karena umumnya ibu hamil mengalami keadaan ini.

5. Sembelit saat hamil


Sembelit atau susah buang air besar sering dikaitkan dengan tanda kehamilan. Secara medis susah BAB memang kerap dialami oleh ibu hamil karena peningkatan hormon progesteron berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga ibu hamil menjadi tidak lancar dalam BAB. Meski dirasa kurang nyaman namun susah BAB pada ibu hamil ini ada manfaatnya, yaitu memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan yang telah dikonsumsi oleh ibu hamil.

6. Kehamilan ditandai dengan morning sickness


Hampir seluruh ibu hamil mengalami yang namanya morning sickness, yaitu mual disertai muntah yang sering terjadi di pagi hari. Mual dan muntah ini memang sangat mengganggu kenyamanan ibu, bahkan bisa nafsu makan menurun drastis, namun Anda tidak perlu takut karena Anda bisa melakukan beberapa tips sehat untuk menghilangkan mual dan muntah. Bagaimana caranya ? Silakan baca ulasan penjelasan kami dengan judul obat mual hamil muda yang aman bagi janin.

Itulah tanda kehamilan bulan pertama yang umum dialami oleh ibu hamil. Jangan pernah malas untuk mengecek kepastian kehamilan karena jika kehamilan sampai terlambat diketahui bisa berakibat fatal. Setelah testpack menunjukkan positif hamil jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, pola makan sehat, olah raga ringan teratur dan selalu periksakan kehamilan ke dokter atau bidan terdekat agar selalu bisa mengetahui pertumbuhan dan perkembangan janin.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top