Tanda Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan Normal

Tanda seminggu sebelum melahirkan - Setelah sekian lama menunggu dan menjalani masa kehamilan dengan penuh perjuangan, ada baiknya Anda ketahui beberapa tanda wanita yang akan menjalani proses persalinan.

Ibu hamil perlu mengetahui apa saja yang menjadi tanda akan melahirkan, karena dengan mengetahui tanda tersebut bisa segera mempersiapkan diri dengan sebaik - baiknya. Seminggu sebelum proses persalinan terjadi, ibu hamil akan merasakan beberapa tanda, mulai dari gerakan bayi yang semakin aktif dalam perut sampai perubahan fisik yang ibu hamil itu sendiri.

Tidak perlu kaget jika menjelang proses persalinan ibu hamil mendapati dirinya tidak seperti sedia kala, bahkan banyak menjumpai keanehan- keanehan. Sebenarnya apa saja yang menjadi tanda menjelang persalinan itu ??
[baca juga :  tanda bayi meninggal dalam kandungan]

Tanda Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan Normal
source of pixabay.com

Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan


Persalinan adalah proses keluarnya bayi dari rahim ibu melalui jalan lahir secara normal. Dengan mengetahui tanda sebelum persalinan, Anda bisa lebih mempersiapkan diri dalam menghadapinya. Persiapan yang utama adalah mental, kekuatan dan beberapa persiapan lain yang menunjang lancarnya proses persalinan itu. Berikut ini adalah tanda seminggu sebelum melahirkan secara normal

Menjelang lahir janin turun ke panggul


Sekitar seminggu sebelum proses persalinan, janin akan turun ke ruang panggul. Turunnya bayi ke ruang panggul ini berfariasi, ada yang 4 hari sebelum persalinan, ada yang seminggu, dan ada yang 2 minggu sebelum persalinan.

Turunnya janin ke ruang panggul bisa dirasakan oleh ibu hamil dengan perut yang terlihat sedikit mengecil, nafas semakin longgar dan terkadang ibu hamil merasakan nyeri di area panggul.
[baca juga :  tips atasi kaki bengkak saat hamil]

Sering buang air kecil jelang melahirkan


Semakin besarnya janin dalam rahim membuat kandung kemih semakin tertekan, akibatnya ibu hamil merasa sering ingin pipis, walaupun air seni yang dikeluarkan hanya sedikit - sedikit. Meski terasa kurang nyaman, namun ibu hamil jangan pernah menahan pipis, karena bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yaitu infeksi saluran kencing.

Sebelum melahirkan jadi semangat


Berbeda dengan kehamilan muda yang umumnya hari - hari dilalui dengan rasa letih, lelah dan tidak bersemangat, kehamilan tua jelang persalinan akan terasa lebih bertenaga dan semangat berkobar. Keadaan ini terjadi karena pengaruh perubahan kadar dan komposisi hormon yang ada di dalam tubuh ibu hamil menjelang proses persalinan.
[baca juga :  tips hamil sehat dan bugar secara alami]

Sebelum melahirkan ibu hamil mengalami nyeri pinggang dan punggung


Turunnya janin ke rongga panggul mengakibatkan nyeri punggung dan pinggang ibu hamil. Keadaan ini terjadi karena kepala bayi sudah turun ke ruang panggul dan menekan otot disekitar panggul. Dengan keadaan ini, menjelang proses persalinan ibu hamil akan merasa tidak nyaman terutama diarea perut bagian bawah dekat panggul.

Mengalami kontraksi palsu sebelum melahirkan


Kontraksi palsu atau Braxton-Hicks akan segera dialami oleh ibu hamil menjelang melahirkan. Braxton-Hicks terjadi untuk menipiskan serviks serta pemanasan sebelum mengalami kontraksi yang sesungguhnya. Kontraksi ini akan datang dan pergi dengan interval waktu yang teratur, berbeda dengan kontraksi asli.

Diare menjelang melahirkan


Salah satu perubahan yang terjadi pada ibu hamil seminggu sebelum melahirkan adalah sering diare. Berbeda ketika masih hamil muda, ibu hamil mengalami sembelit atau susah buang besar, menjelang persalinan ibu hamil justru mengalami diare. Hal ini terjadi karena menjelang melahirkan pencernaan ibu hamil bekerja lebih cepat.

Sebelum melahirkan keluar lend!r kental


Lend!r kental bercampur darah akan keluar dari jalan lahir menjelang proses persalinan.  Lend!r kental ini sebelumnya berguna untuk menyumbat pintu rahim, namun setelah waktu persalinan tiba lend!r tersebut akan keluar dikarenakan menipisnya serviks dan turunnya janin ke ruang panggul.

Lend!r ini konsestansinya berbeda - beda, ada yang kental, sangat kental, tebal bahkan ada yang kenyal. Lend!r ini biasanya keluar dengan disertai bercak darah. Jika ternyata darah yang keluar cukup banyak dan berupa darah segar segera lakukan pemerikasaan ke dokter.
[baca juga : flek coklat tanda hamil berapa lama ?]

Kontraksi jelang melahirkan


Inilah tanda menjelang persalinan yang paling bisa dikenali oleh ibu hamil. Kontraksi ini berbeda dengan Braxton-Hicks yang hanya datang sebentar lalu pergi. Kontraksi ini memiliki ciri :
  • Kontraksi terjadi secara konsisten
  • Diawali dengan kontraksi yang cukup lama, yaitu sekitar 30 menit
  • Semakin lama, kontraksi semakin kuat
  • Semakin lama kontraksi terjadi, intervalnya semakin pendek
  • Kontraksi ini terjadi dengan rasa kram perut dan pinggang
  • Biasanya kontraksi ini menghilang jika digunakan untuk jalan - jalan.
Itulah tanda seminggu sebelum melahirkan normal yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui tanda tersebut Anda bisa segera mengetahui apabila ternyata ada kelainan kehamilan meski telah diambang kehamilan. Jika ternyata Anda menjumpai suatu kejanggalan dalam kehamilan segera konsultasikan ke dokter terdekat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top