Tanda Tanda Hamil Sebelum Menstruasi

Tanda hamil sebelum telat menstruasi - Salah satu tanda wanita yang sedang hamil adalah terlambant datang bulan, namun kenyataannya banyak diantara pasangan suami istri yang segera ingin mengetahui kehamilannya sebelum telat menstruasi. Keinginan untuk segera mengetahui kehamilan sebelum telat datang bulan ternyata bisa terwujud, karena ada banyak tanda permulaan kehamilan yang muncul pada diri ibu meski usia kehamilan belum genap satu bulan.

Tanda hamil yang muncul sebelum menstruasi datang itu terjadi karena hormon kehamilan sang ibu telah mengalami perubahan sejak minggu pertama kehamilan terjadi. Ciri hamil tersebut telah muncul meski ternyata testpack belum menunjukkan positif hamil. Pengetahuan tentang tanda kehamilan sejak dini memang peting dilakukan oleh ibu hamil, mengingat perawatan kehamilan seharusnya segera dilakukan sejak sedini mungkin.

Oleh sebab itulah, pada kesempatan kali ini kami akan coba ulas mengenai tanda kehamilan awal yaitu sebelum telat menstruasi. Beberapa tanda yang akan kami tulis ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi pasangan suami istri yang sudah pernah hamil, namun bagi pasangan suami istri yang baru akan hamil pertama kali info ini sangat diperlukan.

Tanda Tanda Hamil Sebelum Menstruasi
source of flickr.com

Tanda Hamil Sebelum Menstruasi


Pada umumnya pasangan suami istri mulai menyadari kehamilannya setelah telat datang bulan, namun jika Anda ingin segera tahu apakah sedang hamil atau tidak, tanda kehamilan awal sebenarnya telah muncul meski sebelum telat haid. Beberapa tanda kehamilan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kehamilan ditandai dengan kesensitifan indra penciuman

Salah satu perubahan yang terjadi pada saat kehamilan awal adalah perubahan indra penciuman sang ibu. Penciuman ibu hamil menjadi sangat sensitif terhadap aroma tertentu, terutama aroma yang makanan menyengat meski sebelumnya makanan itu sangat disukai. Banyak pendapat yang menjelaskan tentang penyebab keadaan ini, namun pendapat yang paling banyak dikatakan oleh para ahli mengenai penyebab ini adalah karena adanya peningkatan hormon progesteron ibu hamil.

2. Kram perut di awal kehamilan


Sebelum telat menstruasi, kehamilan ditandai dengan kram perut ringan yang datang dalam waktu tidak terlalu lama. Kram perut ini terjadi karena terjadinya proses implantasi ( menempelnya embrio pada dinding rahim). Proses implantasi ini terjadi sekitar satu minggu setelah proses pembuahan berlangsung. Kram perut ini rasanya mirip dengan kram menjelang haid, oleh karena itu untuk memastikan kram ini terjadi akibat hamil atau haid silahkan lakukan  pengetesan kehamilan.
[baca : kram perut tanda hamil atau haid ?]

3. Keluar bercak darah kehamilan


Selain kram perut, kehamilan awal juga ditandai dengan keluarnya bercak darah. Keluarnya bercak darah ini terjadi karena proses implantation bleeding (menempelnya embrio pada rahim). Kram perut dan keluarnya bercak darah adalah dua tanda kehamilan yang muncul beriringan. Perlu anda ketahui bahwa bercak darah ini keluar hanya dalam waktu beberapa hari saja dan volumenya tidak terlalu banyak. Apabila bercak darah yang keluar cukup banyak dan tak segera berakhir, sebaiknya konsultasikan ke dokter.
[baca : bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?]

4. Morning sickness


Tanda hamil sebelum telat menstruasi berikutnya adalah morning sickness (mual dan muntah). Morning sickness dialami oleh hampir semua ibu hamil, terutama di waktu pagi meski ada sebagian yang mengeluhkan mual dan muntah tidak hanya di pagi hari. Untuk memastikan mual dan muntah tersebut terjadi karena masuk angin atau karena kehamilan, silahkan lakukan pengetesan kehamilan dengan menggunakan testpack. Jika ternyata mual dan muntah itu sebagai tanda hamil, jangan hilangkan mual dan muntah dengan obat penghilang mual tanpa resep dokter karena bisa membahayakan keselamatan calon bayi.

5. Frekuensi buang air kecil ibu hamil meningkat


Pada awal kehamilan, ibu hamil akan menjumpai keadaan dimana frekuensi buang air kecil meningkat begitu drastis. Hal ini terjadi karena perubahan hormon ibu hamil membuat aliran darah ke ginjal meningkat. Keadaan tersebut akhirnya membuat kandung kemih terisi cairan lebih cepat sehingga mau tidak mau cairan tersebut harus dikeluarkan. Frekuensi buang air kecil akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, karena semakin besarnya rahim bisa menekan kandung kemih yang membuat ibu hamil terasa lebih sering buang air kecil.

6. Ibu hamil mudah lelah


Salah satu tanda hamil sebelum telat menstruasi berikutnya adalah mudah lelah. Rasa letih dan lelah yang dialami oleh ibu hamil ini terjadi karena perubahan hormon progesteron yang meningkat drastis. Lelah yang dialami ibu hamil ini tidak seperti biasa, yaitu ibu hamil merasakan tubuh begitu lelah meski tidak melakukan aktifitas berat. Jika keadaan ini menimpa diri Anda, coba lakukan pengetesan kehamilan barangkali saja Anda sedang hamil muda.

7. Pusing


Sakit kepala (pusing) yang dialami oleh wanita disebabkan oleh banyak hal salah satunya adalah karena sedang hamil muda. Pembuluh darah yang membesar dan tekanan darah rendah yang dialami oleh ibu hamil menyebabkan dirinya mengalami sakit kepala. Ibu hamil yang memiliki tekanan dara rendah dan kadar gula darah yang rendah terkadang tidak hanya pusing yang didapat, tapi bisa sampai pingsan.

Demikianlah tanda tanda hamil sebelum menstruasi yang bisa kami ulas. Semoga dengan tulisan ringkas diatas semakin membuat faham para pembaca dalam mengenali kehamilan sejak dini.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top