Tanda Tanda Perut Hamil Muda

Tanda perut hamil - Seorang wanita telah dikodratkan oleh Tuhan untuk bisa hamil sehingga Tuhan juga membekali para wanita segala hal yang berkaitan dengan persiapan kehamilan. Rahim yang elastis adalah salah satu pemberian Tuhan terkait dengan lancarnya proses kehamilan, sehingga dengan demikian perut ibu hamil semakin membuncit seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Pengetahuan tentang ciri orang hamil adalah salah satu hal penting yang tidak boleh diabaikan oleh pasangan suami istri, karena dengan pengetahuan tersebut, pasangan suami istri dapat segera memperlakukan kehamilan dengan baik. Salah satu tanda kehamilan yang banyak dipertanyakan oleh pasangan suami istri adalah bentuk perut ibu hamil muda. Kira - kira bentuknya bagaimana ya ?

Tanda Tanda Perut Hamil Muda
source of pixabay

Tanda Perut Hamil Muda


Tanda kehamilan sebenarnya cukup banyak, namun masih ada yang penasaran mengenai bentuk perut ibu hamil muda itu bagaimana. Secara medis, yang dikatakan hamil muda adalah kehamilan tiga bulan pertama (trimester pertama). Pada bulan pertama bentuk perut ibu hamil masih biasa - biasa saja, belum kelaihatan terjadi perubahan.

Sedangkan bentuk perut ibu hamil 2 bulan antara ibu hamil satu dan yang lain tidak sama, namun pada umumnya perut masih kecil. Sebagian dari ibu hamil merasakan perutnya terasa ngganjel saat usia kehamilan telah memasuki usia dua bulan, dan sebagian yang lain masih belum merasakan apa - apa, perut masih berbentuk seperti sebelum hamil.

Pada usia kehamilan tiga bulan, bentuk perut ibu hamil sudah mulai terlihat membesar. Hal ini terjadi karena janin telah berkembang dengan cepat sehingga rahim ibu menyesuaikan dengan besarnya janin. Jika pada usia ini masih belum melihat tanda - tanda perut membuncit, Anda tidak perlu panik, segera saja konsultasikan ke dokter guna mendapat penjelasan yang lebih detil.

Selain melihat perubahan bentuk perut, kehamilan normal juga bisa dirasakan dengan gerakan janin di perut ibu. Sayangnya, gerakan janin di usia kehamilan muda itu belum terlalu bisa dirasakan karena janin masih jarang bergerak. Janin mulai aktif bergerak biasanya pada usia kehamilan trimester kedua, yaitu mulai usia kehamilan 4 bulan.

Tanda Hamil


Untuk mengetahui kehamilan sejak sedini mungkin, Anda bisa mengenali kehamilan dengan mengetahui tanda - tandanya. Beberapa gejala, tanda dan ciri kehamilan yang biasa dialami oleh ibu hamil Antara lain adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil telat haid


Salah satu tanda kehamilan yang paling umum diketahui oleh pasangan suami istri adalah telat haid. Mengenali kehamilan dengan telat haid ini sulit dilakukan oleh wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur dan keakuratannya tidak bisa dipastikan karena telat haid itu bisa terjadi karena banyak sebab, kehamilan hanyalah salah satunya saja. Saat wanita telat datang bulan, biasanya ia segera melakukan test kehamilan guna memastikan kehamilan yang dialami.

2. Mual dan Muntah mulai awal hamil


Tidak dipungkiri lagi bahwa wanita yang sedang hamil mengalami morning sickness (mual dan muntah). Morning sickness ini biasa terjadi di pagi hari meski sebagian ibu hamil ada yang mengalaminya tanpa mengenal waktu. Meski mual dan muntah terasa agak mengganggu kenyamanan, ibu hamil tidak boleh menghilangkan mual dan muntah tersebut dengan mengkonsumsi obat mual sembarangan tanpa resep dokter, karena janin dalam kandungan masih sangat rentan terhadap zat kimia.

3. Hamil badan loyo


Memang badan loyo bukan bisa dialami oleh perempuan kapan saja dan tidak mesti karena sedang hamil. Namun jika badan loyo tersebut terjadinya tidak seperti biasa, yaitu badan letih, lelah dan loyo meski tidak melakukan aktifitas apa - apa, Anda perlu segera melakukan test kehamilan untuk memastikan hamil atau tidak.

Tanda kehmailan yang lain yaitu :
  • Ngidam
  • Keluar bercak darah
  • Mengalami kram perut ringan
  • Sering buang air kecil
  • Susah BAB
  • Susah tidur
  • Dan lain - lain

Demikianlah tanda perut hamil muda dan info terkait dengan ciri kehamilan yang bisa kami tulis. Setelah melakukan test kehamilan kok ternyata Anda positif hamil, sebaiknya jaga kehamilan dengan baik, cukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan hindari pantangan kehamilan. Semoga informasi singkat ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca

2 komentar

m bertanya pada tanggal 22 sep 16 mbak saya berhubungan intim,dan di tanggal 02 oktober dia haid sampai tanggal 07 ,, kira2 dia tidak akan hamil kan dok ? soalnya dia lihat perutnya buncit tetapi tidak ada gejala/ciri2 hamil hnya payudaranya lebih besr tpi tidk snstif dan suka pipis.

silakan cek kehamilan dengan testpack atau langsung konsul ke dokter kandungan / bidan terdekat agar lebih jelas..

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top