Tanda Tanda Umum Kehamilan Asli atau Palsu

Tanda umum kehamilan - Apakah Anda yakin saat ini sedang hamil ? Silahkan saja lakukan test kehamilan untuk mendapatkan kepastiannya. Bukti paling nyata Anda sedang hamil adalah alat test menunjukkan positif hamil.

Seakan tak mungkin jika seorang wanita tahu - tahu melakukan test kehamilan tanpa ada tanda yang muncul sebelumnya. Biasanya sang istri mulai menguji kehamilan dengan testpacak apabila ada tanda - tanda kehamilan yang mulai muncul pada dirinya. Tanda kehamilan yang biasa digunakan sebagai acuan hamil dan tidaknya sang istri adalah terlambat datang bulan.

Sebenarnya terlambat datang bulan adalah sebuah patokan yang menunjukkan kehamilan seseorang, sebab telat haid itu bisa jadi dikarenakan oleh faktor lain.  Untuk itu, pada kesempatan kali ini, akan kita bahas sedikit ulasan mengenai tanda kehamilan yang biasa dijumpai oleh ibu hamil.

Tanda Tanda Umum Kehamilan
source of pixabay.com

Tanda Umum Kehamilan


Jika setelah berumah tangga kok ternyata Anda menjumpai beberapa hal aneh, seperti mual, muntah, kepala pusing, sering buang air kecil dan lain - lain, bisa jadi itu adalah tanda hamil. Tanda umum kehamilan tidak hanya telat datang bulan, melainkan ada beberapa hal, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Morning Sickness (mual muntah saat hamil)


Pada usia kehamilan trimester pertama (3 bulan pertama), ibu hamil akan mengalami mual dan muntah terutama di pagi hari. Banyak pendapat yang menyatakan bahwa mual dan muntah ini terjadi karena adanya perubahan peningkatan hormon pada tubuh ibu hamil. Mual dan mntah ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh ibu jika tidak dilakukan penanganan dengan benar.
[baca : cara atasi mual saat hamil muda]

2. Wanita Hamil menjadi cepat lelah


Jangan heran jika pada usia kehamilan awal, Amda mengalami rasa capek, letih lelah yang berlebih meski hanya melakukan aktifitas ringan. Meningkatnya hormon progesteron membuat Anda mengantuk dan terasa malas untuk melakukan aktifitas, inginnya cuma bermalas - mlasan di tempat tidur saja. Meski demikian Anda harus tetap semangat, lakukan berbagaimacam tips kesehatan agar rasa lelah tersebut bisa hilang tanpa membahayakan kandungan.
[baca : tips hamil sehat dan bugar secara alami]

3. Ibu hamil sering uang air kecil


Tanda kehamilan lainnya adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil meski tidak banyak minum air putih. Hal ini memang banyak dialami oleh ibu hamil karena kandung kemih mereka semakin tertekan oleh rahim seiring dengan bertambah besarnya rahim. Sebagai saran kesehatan, sebaiknya Anda tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh meskipun sering terasa ingin buang air kecil, karena kekurangan cairan tubuh bisa mengancam kesehatan ibu dan bayi.

4. Kehamilan ditandai dengan telat haid


Tanda kehamilan yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, betapa tidak, hampir semua pasangan suami istri menyadari kehamilan telah merujuk pada telat datang bulan. Bagi wanita dengan siklus haid teratur mungkin tidak lah sulit untuk mengenali kehamilan dengan mengacu pada telat haid, namun bagi mereka yang memiliki siklus haid tidak teratur pasti sulit untuk memastikan dia telat haid atau tidak.

Tanda Kehamilan yang Lain


Selain tanda kehamilan yang telah tertulis diatas, masih ada beberapa tanda - tanda yang dipercaya sebagai tanda wanita hamil. Beberapa tanda tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

a. Ibu hamil ngidam makanan tertentu


Inilah salah satu tanda kehmailan yang bisa dikatakan unik dan aneh namun nyata. Betapa tidak, seorang wanita yang sedang hamil terkadang mengidamkan makanan tertentu yang aneh dan sulit didapat, bahkan ada yang mengidamkan makanana tertentu yang dulu sebelum hamil merupakan makanan paling ia benci.

b. Saat hamil penciuman lebih sensitif


Berbeda dengan hari - hari sebelum hamil, wanita hamil akan menjumpai keadaan dimana indra penciumannya menjadi sangat sensitif terhadap bau yang menyengat. Keadaan ini terdengar biasa, namun bagi ibu hamil cukup berat karena kesensitifan indra penciuman ibu hamil bisa mengakibatkan semakin parahnya mual dan muntah (morning sickness)

c. Keluar darah hamil


Darah hamil yang dikeluarkan oleh ibu hamil melalui miss V ini terjadi karena proses implantation bleeding, yaitu proses menempelnya embrio pada dinding rahim. Pendarahan ini normal dan tidak berbahaya selama masih dalam batas normal, yaitu jika darah yang dikeluarkan tidak banyak dan tidak disertai dengan kram perut hebat. Lebih jelas mengenai bercak darah kehamilan silahkan baca [bercak darah tanda hamil berapa lama dan berapa banyak ?]

d. Ibu hami mengalami pusing - pusing


Tidak hanya mual muntah dan mudah lelah, ibu hamil juga sering mengalami sakit kepala (pusing) secara mendadak. JIka pusing datang, sebaiknya hilangkan dengan istirahat cukup, jangan mudah minum obat penghilang pusing tanpa resep dokter karena bisa mengakibatkan ganggunan kesehatan janin.

Tanda umum kehamilan diatas bukanlah tanda yang menunjukkan positif hamil, silahkan lakukan test kehamilan dengan testpack guna mendapatkan kepastian kehamilan Anda. Atau lakukan pemeriksaan ke dokter setempat sekaligus bisa berkonsultasi mengenai kesehatan kandungan dan minta petunjuk mengenai apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil.  

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top