Telur Buat Ibu Hamil, bermanfaat atau bahaya ?

Telur buat ibu hamil - Selama menjalani masa kehamilan ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan gizi seimbang agar kondisi tubuh tetap sehat dan janin dalam kandungan bisa tumbuh berkembang dengan baik. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, berarti ibu hamil telah melakukan langkah tepat dalam menjaga kesehatan janin.

Menu makanan sehat adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh ibu hamil agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan. Perkembangan janin dalam kandungan memerlukan banyak nutrisi, vitamin dan mineral. Satu - satunya orang yang bisa mensuply kebutuhan tersebut hanyalah sang ibu, maka tidak berlebihan jika ibu hamil selalu diwanti - wanti agar menjaga kehamilan dengan sebaik - baiknya.

Menu sehat ibu hamil yang pasti adalah menu makanan dengan kadar lemak dan kadar gula yang rendah. Perbanyak mengkonsumsi sayur - mayur dan buah - buahan selama kehamilan juga sangat baik untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi. Bagaimana jika ibu hamil mengkonsumsi telur  ? berbahaya atau justru malah bermanfaat ? Silahkan simak ulasan berikut ini

Telur Buat Ibu Hamil
source of pixabay.com

Telur Buat Ibu Hamil


Satu hal yang sangat penting untuk diketahui ibu hamil, yaitu ibu hamil mengalami perubahan kekebalan tubuh yang diakibatkan oleh peningkatan hormon kehamilan. Padahal janin dalam kandungan sangat memerlukan perlindungan selama mengalami pertumbuhan dalam rahim. Oleh sebab itu, mau tidak mau ibu hamil harus berjuang keras untuk tetap menjaga kesehatan dan fungsi kekebalan tubuhnya.

Telur adalah salah satu bahan lauk yang banyak mengandung nutrisi, yaitu protein, vitamin D, vitamin A, lemak dan mineral. Nutrisi yang terkandung dalam telur sebenarnya sangat dibutuhkan oleh janin dalam menunjang tumbuh kembangnya. Akan tetapi, kita perlu menggali informasi dulu, apakah telur itu benar - benar bermanfaat untuk ibu hamil atau justru malah berbahaya.

Manfaat Telur Buat Ibu Hamil


Banyak ahli gizi yang menuturkan bahwa telur adalah salah satu makanan yang padat gizi dan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Manfaat telur bagi ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :
  • Telur mengandung kolin yang berguna untuk menurunkan resiko stress dan penyakit kronis dikemudian hari
  • Telur mengandung nutrisi penting bagi ibu hamil seperti protein, mineral dan zat besi
  • Telur mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan janin untuk membantu perkembangan sistem syaraf
  • Telur mengandung mikro-nutrisi yang disebut lutein yag sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh
  • dan lain - lain
Meskipun banyak manfaat, bukan berarti telur seratus persen aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika ibu hamil salah dalam mengkonsumsi telur justru bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan janin, bahkan bisa menjadi salah satu makanan penyebab keguguran kandungan

Bahaya Telur Buat Ibu Hamil


Konsumsi telur yang salah bisa menimbulkan resiko buruk yang tak diinginkan. Bahaya makan telur tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
  • Jika dimakan mentah telur bisa membahayaka kehamilan karena megandung bakteri salmonella. Bakteri ini bisa menyebabkan ibu sakit kepala, diare, dehidrasi, suhu tubuh tinggi dan lain - lain.
  • Jika ibu hamil menderita kolesterol tinggi, telur kurang baik dikonsumsi karena bisa meningkatka kolesterol tubuh
Untuk itu, sebelum Anda mengkonsumsi telur pastikan dulu bahwa telur yang akan Anda konsumsi adalah telur yang benar - benar matang dan Anda sendiri tidak menderita penyakit yang bisa semakin parah bila mengkonsumsi telur.

Tips Konsmsi Telur Buat Ibu Hamil


Untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh konsumsi telur, Anda bisa melakukan tips berikut ini :
  • Jangan mengkonsumsi telur yang telah dimasak dan didiamkan pada suhu kamar selama 2 jam keatas
  • Telur harus dimasak sampai benar - benar matang, tidak boleh hanya setengah matang
  • Simpan telur dalam lemari es
  • Penyimpanan telur daam lemari es tidak boleh lebih dari 3 hari
  • Telur dengan cangkang kotor dan rusak sebaiknya ditinggalkan
  • Ibu hamil hendaknya mencuci tangan setelah memegang telur
  • Hati - hati saat mau memasak telur, jangan sampai tercampur dengan bahan makanan lain

Telur buat ibu hamil aman dan bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin asalkan dikonsumsi dengan benar. Jangan malas untuk mengkonsultasikan segala keluhan kehamilan yang Anda alami agar kehamilan tetap terjaga dengan baik. Semoga sang buah hati sehat selalu dan bisa lahir dengan lancar pada saat waktu persalinan telah tiba.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top