Bahaya Makan Jeruk Saat Hamil Muda

Makan jeruk saat hamil muda- Sebagai seorang wanita yang tengah hamil, ibu hamil pasti memiliki harapan kehamilannya berjalan sempurna sehingga nanti bayi bisa terlahir dengan sehat dan kuat. Banyak ibu hamil yang mulai menggali informasi seputar perawatan kehamilan baik dari media cetak, media elektronik dan media informasi lainnya.

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul dari kalangan ibu hamil adalah pertanyaan mengenai buah jeruk adalah  "apakah buah jeruk itu aman dikonsumsi oleh ibu hamil atau tidak ?" Jika sekilas Anda membaca judul artikel ini seakan jeruk membahayakan ibu hamil, tapi jangan tergesa - gesa menyimpulkan sebelum membaca artikel ini sampai selesai.

Bahaya makan jeruk saat hamil muda itu apa sih ? Jawabnya : tidak ada, justru buah jeruk sangat bermnafaat  untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil tetap tegar dan bugar. Mengapa demikian ? karena buah jeruk banyak mengandung vitamin C dan vitamin vitamin lain yang diperlukan oleh tubuh manusia tak terkecuali ibu hamil.

Makan Jeruk Saat Hamil Muda
source of pixabay

Manfaat Jeruk Bagi Ibu Hamil Muda


Berikut akan kami tuliskan beberapa manfaat buah jeruk untuk ibu hamil muda agar Anda semakin yakin kalau buah jeruk tidak membahayakan kesehatan tubuh ibu hamil maupun janin :

1. Sebagai Sumber Antioksidan


Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa buah jeruk itu memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk antioksidan atau menjaga daya tahan tubuh. Salah satu badan peneliti gizi makanan menyatakan bahwa buah jeruk berukuran sedang mampu menghasilkan vitamin C hingga 70mg. Berarti kebutuhan vitamin C ibu hamil tiap hari hampir terpenuhi dengan mengkonsumsi satu buah jeruk saja, sebab kebutuhan vitamin C ibu hamil per hari hanyalah 86mg. 

2. Sumber Kandungan Folat


Ibu hamil sangat membutuhkan banyak folat selama hamil, karena folat merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh janin untuk membantu pembentukan dan pengembangan sistem syaraf. Apabila janin sampai kekurangan folat maka sangat beresiko terlahir dalam keadaan cacat. Jeruk adalah salah satu buah yang mampu menyumbangkan folat hingga 46 mikrogram, sedangkan kebutuhan ibu hamil terhadap folat kurang lebih 600 mikrogram.
[baca : makanan yang mengandung folat tinggi]

3. Membantu Memelihara Tekanan Darah


Tak dapat dipungkiri bahwa umumnya ibu hamil mengalami masalah tekanan darah, ada yang mempunyai tekanan darah rendah dan ada yang darah tinggi. Ibu hamil yang memiliki tekanan darah rendah, terutama pada usia kehamilan trimester pertama akan memperburuk keadaan lemes dan lelah bahkan bisa sampai pingsan. Sedangkan ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi cukup berbahaya di saat jelang persalinan. Salah satu solusi yang bisa diterapkan untuk memelihara tekanan darah tetap stabil adalah dengan mengkonsumsi buah jeruk karena buah jeruk mengandung banyak kalsium.

4. Mengatasi Dehidrasi


Ibu hamil muda sangat rentan terhadap dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) sebab pada usia kehamilan muda ibu hamil umumnya mengalami mual dan muntah. Kandungan vitamin C dan air dalam buah jeruk bisa membantu mengatasi masalah dehidrasi ibu hamil dengan cara dijuss atau langsung dimakan. Selain mengkonsumsi buah jeruk sebaiknya ibu hamil juga memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari.

5. Melawan Infeksi


Beberapa jenis kuman yang ada di dalam makanan bisa membuat ibu hamil terserang infeksi. Jika tidak segera mendapat pertolongan, infeksi tersebut bisa mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin bahkan bisa mengakibatkan keguguran. Salah satu manfaat buah jeruk adalah melawan infeksi yang menyerang ibu hamil dengan kandungan senyawa polifenol di dalamnya.

6. Mencegah Sembelit


Ibu hamil muda seakan tak bisa terlepas pada masalah yang satu ini, yaitu susah buang air besar. Kandungan serat dalam buah jeruk cukup efektif untuk membantu mengatasi masalah sembelit. Kandungan serat buah jeruk adalah serat yang larut dalam air yang telah terbukti mampu melancarkan pencernaan.

Hamil Banyak Makan Jeruk, Amankah ?


Ibu hamil banyak mengkonsumsi jeruk apakah aman ?
Aman - aman saja selama tidak dikonsumsi dalam jumlah melampaui batas wajar. Meski kandungan nutrisinya sangat baik untuk ibu hamil tapi jika konsumsi jeruk dilakukan dengan berlebihan juga kurang baik. Konsumsi jeruk dalam jumlah wajar sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena ibu hamil banyak mengandung vitamin dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti :
  • Folat 40 mcg ==> kebutuhan ibu hamil 600 mcg
  • Vitamin B2 0,057 mg ==> kebutuhan per  hari 1,4 mg
  • Vitamin B1 0,115 mg ==> kebutuhan per hari 1,4 mg
  • Vitamin C 67,9 mg ==> kebutuhan per hari 85 mg
  • Vitamin A 295 IU ==> kebutuhan per hari 2526 IU
  • Zat besi 0,14 mg ==> kebutuhan per hari 27 mg
  • Kalium 338 mg ==> kebutuhan per hari 4700 mg
  • Magnesium 14 mg ==> kebutuhan per hari 350 mg
  • Fosfor 19 mg ==> kebutuhan per hari 700 mg
  • Kalsium 55 mg ==> kebutuhan per hari 1000 mg
Dari daftar kandungan buah jeruk di atas telah jelas bahwa buah jeruk sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena kandungan nutrisinya cukup komplit.

Jenis Jeruk yang Baik untuk Ibu Hamil


Sebenarnya jenis jeruk apa sih yang baik dikonsumsi oleh ibu hail itu ?
Jenis jeruk yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jenis jeruk yang banyak kita jumpai disekitar kita, antara lain adalah sebagai berikut :
  • Oranges
  • Lemon
  • Jeruk Nipis
  • Jeruk Bali
  • Jeruk Mandarin
  • dan jenis jeruk lainnya

Intinya makan jeruk saat hamil muda itu sangat bagus dan tidak membahayakan janin. Mohon maaf jika judul artikel ini seakan memberi gambaran bahwa buah jeruk berbahaya bagi ibu hamil muda. Judul artikel sengaja kami buat begitu dengan tujuan agar ibu hamil yang masih takut mengkonsumsi buah jeruk mau mengunjungi artikel ini dan segera mengetahui manfaat buah jeruk bagi dirinya. Demikian semoga artikel ini bermanfaat


==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top