Bolehkah Ibu Menyusui Diet ? Berbahayakah ?

Bolehkan ibu menyusui diet ? Pertanyaan ini kerap terlontar dari kalangan ibu menyusui karena selama menjalani masa kehamilan tubuhnya bertambah besar. Namun ibu menyusui juga merasa khawatir jangan jangan jika melakukan diet nanti berpengaruh pada kualitas dan kuantitas air susu yang dihasilkan.

Sebenarnya program diet itu aman dilakukan oleh semua orang asalkan menerapkan cara diet yang aman dan sehat. Pada intinya program diet dilakukan dengan maksud agar lemak dalam tubuh berkurang sehingga tubuh menjadi lebih menarik dan sedap dipandang. Mengenai boleh dan tidaknya ibu menyusui melakukan diet itu tergantung dari dietnya, apakah membahayakan bayi atau tidak.
[baca : tips sehat ibu hamil]

Sebelum melakukan program diet ibu hamil perlu mempertimbangkan kesehatan bayi. Jangan asal melakukan program diet yang bisa berakibat perkembangan bayi terhambat. Apalagi diet menggunakan obat yang bisa kurus dalam waktu singkat, itu sangat beresiko. Jika Anda benar - benar ingin melakukan diet saat menyusui silakan baca artikel ini sampai selesai untuk menemukan petunjuknya.

Bolehkah Ibu Menyusui Diet
source of pixabay

Aturan Diet Ibu Menyusui


Jika Anda termasuk ibu menyusui yang ingin melakukan program diet silakan lakukan beberapa aturan berikut ini agar bayi tetap sehat dan berkembang dengan baik.

1. Bayi sudah berumur 2 bulan


Apabila Anda ingin melakukan diet pada saat menyusui usahakan usia bayi minimal 2 bulan. Jangan sampai membatasi asupan kalori pada bulan pertama menyusui karena saat itu tubuh ibu hamil belum bisa beradaptasi dengan baik dalam perawatan anak. Setelah usia kehamilan memasuki bulan kedua, tubuh ibu hamil akan bekerja dengan sendirinya untuk menghasilkan banyak ASI sebagai sumber nutrisi utama sang buah hati.

2. Menyusui bayi tanpa pembatasan


Perlu Anda tahu bahwa menyusui anak bisa juga dijadikan sebagai salah satu cara menguruskan badan karena menyusui bayi itu bisa membakar kalori ibu hingga 500 kalori per hari. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa menyusui bayi dalam kurun waktu minimal setengah tahun terbukti mampu menurunkan berat badan ibu.

3. Cukupi kebutuhan kalori


Diet identik dengan mengurangi asupan kalori dalam tubuh karena kalori bisa membuat tubuh ibu semakin gemuk. Namun bagi ibu menyusui hendaknya jangan terlalu membatasi asupan kalori tubuh karena bisa berefek negatif bagi kesehatan. Konsumsi makanan penyumbang kalori minimal 1500 kalori per hari agar tubuh tetap sehat dan bayi berkembang dengan baik. Meskipun kebutuhan kalori harus tetap dicukupi namun untuk mensukseskan program diet sebaiknya asupan kalori dikurangi sedikit demi sedikit. Jangan mengurangi asupan kalori secara langsung karena bisa menyebabkan menurunnya produksi ASI.

4. Hindari penurunan berat badan terlalu


Dalam melakukan program diet ibu menyusui hendaknya ibu jangan menargetkan penurunan berat badan yang terlalu banyak. Usahakan program diet yang dilakukan berhasil mengurangi berat badan kurang dari 750 gram per minggu. Jika ibu hamil hanya menargetkan penurunan berat badan sekitar 750 gram per minggu maka diet tersebut aman bagi janin dan ibu.

5. Hindari diet kilat


Yang kami maksud dengan diet kilat adalah diet instan yaitu program diet dengan menggunakan obat tertentu. meski mujarab dan manjur sebaiknya diet dengan cara instan dihindari agar tidak ada masalah dengan bayi.

Ibu Menyusui BB Menurun Amankah ?


Ibu menyusui yang memilih untuk melakukan program diet terkadang membuat berat badannya turun secara cepat. Hal ini apakah aman bagi ibu dan bayi ? Ternyata kurang aman bagi kesehatan bayi karena seiring dengan merosotnya berat badan produksi ASI ibu menyusui juga ikut merosot. Ada sebuah saran yang diutarakan oleh salah satu pakar kesehatan, yaitu ibu menyusui hendaknya jangan terlalu membatasi asupan kalori sebab bisa membuat produksi ASI ibu menyusui berkurang. Adapun kalori yang dibutuhkan oleh manusia minimal adalah 1500 kalori .
[baca : program diet sehat ibu hamil]

Tips Diet Ibu Menyusui


Agar program diet yang Anda lakukan selama menyusui aman dan nyaman silakan lakukan beberapa tips berikut ini :
  • Kurangi asupan kalori tapi jangan sampai kekurangan kalori
  • Makan dalam porsi kecil tapi sering
  • Lakukan olahraga secara rutin dan teratur
  • Jangan lakukan diet di bulan pertama menyusui
  • Jangan menggunakan obat kimia sebagai sarana diet

Bolehkah ibu menyusui diet ? jawabnya : boleh asal tetap memperhatikan kesehatan bayi dan melakukan beberapa tips di atas. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi Anda


==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top