Buah Buahan yang Bagus Buat Ibu Hamil

Buah yang bagus buat ibu hamil - Ketika seorang wanita sedang hamil, perawatan kehamilan harus benar - benar dilakukan dengan baik agar janin dalam kandungan tetap sehat dan tidak ada kendala. Salah satu perawatan kehamilan yang sangat penting adalah dengan mengkonsumsi buah buahan dan sayur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Ibu hamil memerlukan asupan nutrisi begitu banyak untuk membantu pertumbuhan janin dan menjaga kesehatannya. Kebutuhan nutrisi tersebut bisa dipenuhi dengan menerapkan pola makan sehat (empat sehat lima sempurna) dan menjauhi pola hidup tak sehat seperti memakai narkoba, merokok, minum minuman beralkohol dan lain - lain.

Apakah semua buah - buahan bagus untuk ibu hamil ? jawabnya tidak, bahkan ada buah yang justru memicu masalah kehamilan dan bahkan memicu keguguran. Lalu apa saja yang tergolong buah - buahan yang bagus untuk ibu hamil itu ? Jangan tergesa - gesa, silakan baca artikel ini sampai selesai dan Anda akan menemukan jawabannya.

Buah Buahan yang Bagus Buat Ibu Hamil
source of pixabay

Buah Buahan yang Bagus Buat Ibu Hamil


Sebagaimana yang telah kami tulis di atas bahwa, tidak semua buah itu baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena ada sebagian buah yang justru membahayakan janin. Berikut akan kami jelaskan secara ringkas mengenai beberapa macam buah - buahan yang banyak mengandung vitamin dan sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil

1. Buah apel


Buah apel adalah salah satu jenis buah yang cukup banyak mengandung vitamin dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Zat yang terkandung pada buah apel tidak hanya baik untuk ibu hamil tapi juga bermanfaat bagi janin yang masih dalam kandungan untuk membantu tumbuh kembangnya agar berjalan dengan baik dan normal.

2. Buah pir


Buah pir adalah salah satu jenis buah yang kaya akan air sehingga sangat baik untuk mengatasi dehidrasi (kekurangan cairan) dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh ibu hamil. Selain banyak mengandung air, buah pir juga kaya vitamin C yang bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penyakit dan menjaga kondisi tubuh tetap fit.

3. Buah Jambu air


Jambu air memiliki kandungan yang hampir sama dengan buah pir, yaitu memiliki kandungan air cukup tinggi. Kebutuhan cairan tubuh wanita saat hamil umumnya meningkat pesat sehingga akan terjadi kekurangan cairan tubuh jika tidak disuply dengan banyak minum air putih dan mengkonsumsi buah tinggi kandungan air.

4. Buah alpukat


Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil sangatlah banyak sebab buah ini banyak mengandung asam folat. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa kebutuhan ibu hamil terhadap asam folat sangatlah banyak untuk membantu janin dalam proses pembentukan jaringan syaraf janin dan pembentukan sel tulang belakang. menurut medis, kekurangan asam folat bisa mengakibatkan bayi terlahir dengan keadaan cacat.
[baca : manfaat buah alpukat untuk ibu hamil dan janin

5. Buah kiwi


Buah kiwi adalah salah satu buah yang sangat bagus untuk dikonsumsi ibu hamil karena buah kiwi banyak mengandung vitamin C. Salah satu manfaat vitamin C adalah sebagai antioksidan dan menjaga kondisi tubuh tetap fit jauh dari serangan berbagai macam penyakit.

6. Buah manggis


Buah manggis juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak sehingga tergolong buah yang bagus buat ibu hamil. Dengan memperbanyak asupan vitamin C tubuh ibu hamil mampu melawan berbagai macam penyakit yang datang sehingga ibu hamil tetap dalam keadaan sehat, segar, tegar dan bugar serta tidak mudah sakit.

7. Buah naga


Buah naga juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena banyak mengandung vitamin C. Kulit buah naga yang cukup tebal bisa melindungi buah naga dari pestisida sehingga kandungan kimia dalam buah naga sangat minim. Itulah alasan mengapa buah naga bagus dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil selama menjalani kehamilannya.

8. Buah pisang


Buah pisang memiliki kandungan asam folat yang cukup banyak sehingga baik untuk janin. Selain kaya asam folat pisang juga mempunyai banyak kandungan serat sehingga bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit (susah buang air besar). Buah pisang juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda untuk meringankan morning sickness.
[baca : manfaat buah pisang bagi ibu hamil]

9. Buah semangka


Buah semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang sangat banyak sehingga bagus dikonsumsi oleh ibu hail untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ibu hamil yang mengalami kaki bengkak juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah semangka karena kandungan nutrisinya mampu meancarkan peredaran darah. Sebagaimana buah pisag, buah semangka juga bisa Anda gunakan sebagai obat untuk mengatasi morning sickness

10. Buah pepaya


Buah pepaya yang bagus untuk ibu hamil adalah buah pepaya yang sudah benar - benar matang, karena getah pepaya yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa mengakibatkan kram perut dan keluhan kehamilan yang lain. Buah pepaya merupakan buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan ibu hamil.

Buah - buahan yang bagus buat ibu hamil sebenarnya sangat banyak namun karena keterbatasan waktu cukup kami tuliskan sepuluh poin saja. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top