Buah untuk Ibu Melahirkan agar ASI Lancar

Buah untuk ibu melahirkan - Setelah kelar menjalani  masa kehamilan selama kurang lebih 9 bulan, perjuangan ibu masih belum selesai, justru memulai perjuangan baru dalam merawat bayi. Saat hamil, seorang wanita harus menjaga asupan nutrisi agar janin sehat dan tumbuh berkembang dengan baik, begitu juga setelah lahir, sang ibu harus tetap menjaga asupan nutrisi agar ASI yang dihasilkan berkualitas dan bayi tumbuh dengan baik.

Bagi kita penduduk Negara Indonesia tentu sudah tidak asing dengan program pemerintah tentang pencanangan ASI eksklusif. Program ASI eksklusif adalah program pemerintah yang ditujukan kepada seluruh ibu di Indonesia supaya memberikan ASI kepada bayi pada usia 6 bulan pertama tanpa diberi makanan yang lain.

Kebutuhan bayi akan ASI di usai 6 bulan pertama memang perlu diperhatikan oleh setiap pasangan suami istri mengingat ASI adalah makanan terbaik dengan kandungan gizi lengkap bagi bayi. Untuk itu, cukupi asupan nutrisi agar ASI yang dihasilkan melimpah dan berkualitas. Bagaimana caranya ? Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah - buahan tertentu.

Buah untuk Ibu Melahirkan
source of pixabay

Buah untuk Ibu Melahirkan 


Setelah melahirkan badan terasa loyo dan tenaga habis padahal bayi yang baru dilahirkan sangat memerlukan ASI. Jika tidak segera mendapat asupan nutrisi yang tepat ibu melahirkan tidak segera bisa merawat bayinya. Oleh karena itu, untuk segera memulihkan tenaga sebaiknya ibu hamil mulai mengkonsumsi makanan bergizi, sayur dan buah - buahan.

Hasil penelitian dari pakar kesehatan menyebutkan bahwa  ibu yang mengkonsumsi buah secara rutin mampu memberikan efek baik bagi bayinya, yaitu bayi yang dirawat kelak setelah dewasa juga senang dengan buah - buahan. Tentunya itu sangat baik bagi kesehatan karena kandungan nutrisi dalam buah - buahan sangat lengkap dan banyak diperlukan oleh tubuh. Berikut ini adalah daftar buah - buahan yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui :

Buah Jeruk


Buah jeruk adalah buah yang banyak mengandung vitamin C sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi ibu melahirkan, mengapa ? karena ibu melahirkan memerlukan asupan vitamin C yang lebih banyak dibandingkan ketika masih hamil. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengkonsumsi jeruk tiap hari, silakan minum perasan air jeruk asli yang banyak dijual di pasaran. Semua jenis jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga Anda boleh mengkonsumsi aneka jenis jeruk sesuka hati. Jika saat ini Anda masih hamil, silakan membaca artikel kami dengan judul [bahaya makan jeruk saat hamil] sebelum mengkonsumsi buah jeruk agar tidak menyesal di kemudian hari.

Buah Pepaya


Buah pepaya sangat baik dikonsumsi oleh ibu melahirkan karena banyak mengandung serat dan vitamin. Buah pepaya yang dianjurkan untuk ibu melahirkan bukanlah buah pepaya yang telah matang tapi buah pepaya yang masih kemampo (setengah matang) atau pepaya muda. Kandungan serat yang terdapat pada buah pepaya sangat bermanfaat untuk melancarkan penceranaan dan mengatasi susah buang air besar. Selain kaya serat buah pepaya juga banyak mengandung vitamin diantaranya adalah vitamin A, B, C, D dan E.

Buah Blueberry


Blueberry juga termasuk buah yang dianjurkan untuk ibu melahirkan karena banyak mengandung mineral, vitamin dan antioksidan. Sebenarnya tidak hanya blueberry yang baik untuk ibu melahirkan tetapi semua jenis buah berry seperti strawberry dan raspberry. Dengan mengkonsumsi buah tersebut tubuh ibu dan bayi akan tetap terjaga kesehatannya.

Buah Apricot, Korma dan Kismis


Sebagaimana telah kami terangkan di atas bahwa ASI adalah sumber makanan paling baik untuk bayi maka ibu harus berusaha menghasilkan banyak ASI dan meningkatkan kualitas ASInya. Salah satu cara meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI adalah dengan mengkonsumsi buah Apricot, Korma dan Kismis. Ketiga buah ini memiliki kandungan kalsium cukup tinggi dan mampu membantu meningkatkan produksi ASI (air susu ibu).

Buah Kelapa Muda


Kelapa muda adalah salah satu buah yang sangat lengkap komponen gizinya, mulai dari air sampai daging buahnya. Selain menyegarkan, kelapa muda mempunyai manfaat sangat banyak untuk ibu melahirkan yaitu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan sebagai antioksidan. Daging buah kelapa menurut penuturan dari beberapa ahli gizi bermanfaat untuk membantu melancarkan produksi ASI.
[baca juga : bolehkah ibu hamil minum es kelapa muda ?]

Makanan untuk Ibu Melahirkan


Selain buah - buahan ibu melahirkan juga perlu mengkonsumsi makanan tertentu agar tenaga segera pulih dan produk asi lancar. Pola makan sehat sebaiknya tetap diterapkan oleh ibu melahirkan untuk menjaga kesehatan badannya. Selain itu konsumsilah makanan berikut ini untuk mencukupi kebutuhan nutrisi.

Produk olahan susu rendah lemak


Selain mengkonsumsi buah tersebut di atas, ada baiknya ibu hamil mengkonsumsi aneka jenis olahan susu berlemak rendah. Beberapa produk olahan susu bisa Anda dapatkan dengan mudah dan harga terjangkau seperti keju, susu dan yogurt. Semua produk olahan susu ini sangat penting bagi ibu melahirkan karena banyak mengandung vitamin B, vitamin D dan kalsium.

Daging


Walaupun kehamilan telah terlewati bukan berarti ibu melahirkan tidak memerlukan zat besi. Untuk memberi asupan zat besi ibu melahirkan diperbolehkan mengkonsumsi daging merah. Usahakan daging yang akan dikonsumsi adalah daging tanpa lemak agar terhindar dari efek negatifnya. Jika ibu melahirkan kurang asupan zat besi tubuh menjadi mudah lelah terutama ketika habis menyusui anaknya.

Sayuran Hijau


Sayuran hijau cukup baik dikonsumsi oleh ibu melahirkan karena banyak mengandung vitamin A. Beberapa sayuran hijau tersebut antara lain adalah brokoli, bayam, sawi, caisim dan lain - lain. Tidak hanya mengandung vitamin, sayuran hijau ternyata juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Buah untuk ibu melahirkan dan beberapa makanan yang telah kami tulis di atas bisa Anda gunakan untuk mensuply nutrisi tubuh. Meski telah berhasil menjalani kehamilan dengan lancar namun perjuangan ibu hamil untuk merawat dan membesarkan anak justru baru dimulai. Lakukan yang terbaik untuk buah hati agar kelak menjadi orang yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top