Cara Tidur untuk Ibu Mengandung yang Aman

Cara tidur untuk ibu mengandung memang perlu  diperhatikan oleh ibu hamil karena posisi tidur yang salah bisa mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan seperti nyeri otot, tekanan darah tidak stabil, kaki bengkak dan lain - lain. Selain itu posisi tidur ibu hamil yang salah bisa mengakibatkan masalah keamanan janin.

Meskipun hanya terdengar sepele, ibu hamil tidak boleh sembrono dalam memposisikan diri jelang tidur. Ibu hamil hendaknya bisa bekerja sama dengan sang suami untuk bisa menjaga kehamilan dengan sebaik - baiknya sebab jika kehamilan mengalami masalah tidak hanya istri yang susah tapi suami juga ikut panik untuk menanganinya.

Tidur yang baik untuk ibu hamil adalah tidur yang tidak membahayakan ibu dan aman bagi janin. Pada intinya perut ibu jangan sampai tertekan dan jangan sampai ada anggota tubuh yang terjepit sehingga peredaran darah tidak berjalan dengan lancar. Untuk itu, silakan simak penjelasan berikut ini agar posisi tidur Anda tidak salah.
Cara Tidur untuk Ibu Mengandung yang Aman
source of pixabay

Cara Tidur Ibu Mengandung yang Aman


Berikut ini adalah beberapa posisi tidur ibu hamil yang aman bagi janin dan tidak banyak mengakibatkan masalah kesehatan ibu.

Tidak Tidur Terlentang


Ketika usia kehamilan telah memasuki 4 bulan sebaiknya ibu hamil tidak tidur dengan posisi terlentang. Mengapa tidak boleh tidur terlentang ? karena tidur terlentang bisa meningkatkan tekanan vena cava infrator dan tekanan pembuluh darah utama. Apabila tekanan pembuluh darah vena cava infrator dan tekanan darah utama meningkat akibatnya peredaran darah ibu hamil menjadi tidak lancar.

Selain menghambat peredaran darah, meningkatnya tekanan vena cava infrator bisa mengakibatkan membengkaknya bagian tubuh tertentu yang sering disebut dengan edema. Vena cava infrator merupakan pembuluh darah balik yang bertugas untuk menyalurkan darah kotor manusia dari anggota tubuh bagian bawah menuju ke jantung.

Posisi Tidur Menyamping ke Kiri


Banyak pakar kesehatan yang menganjurkan ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring ke kiri dengan tujuan agar sirkulasi darah dalam tubuh ibu hamil berjalan dengan lancar. Selain memperlancar sirkulasi darah, tidur dengan posisi menyamping ke kiri bisa membuat ibu hamil lebih nyaman dalam tidur karena, organ hati ibu yang terletak di bagian kanan tidak tertekan oleh badan.

Tidak hanya itu, tidur dengan posisi miring ke kiri mampu mengurangi resiko pembengkakan anggota tubuh saat hamil baik di bagian kaki, tangan, maupun pergelangan tangan. Mengapa bisa begitu ? karena posisi  tidur miring ke kiri dapat membantu kerja ginjal sehingga ginjal tidak menahan zat sisa cairan tubuh yang bisa mengakibatkan pembengkakan anggotan tubuh.
[baca : tips atasi kaki bengkak saat hamil]

Tidur dengan bantal khusus


Sebaiknya ibu hamil memakai bantal yang nyaman untuk tidur agar tidur terasa lebih nyaman dan nyenyak. Sekarang ini banyak toko yang menyediakan bantal khusus ibu hamil yang telah di desain khusus agar  posisi tidur ibu hamil menjadi lebih nyaman. Jika ibu hamil merasa sesak nafas ambil bantal dan letakkan pada bawah samping agar sesak nafas segera hilang.

Apabila ibu hamil merasa nyeri ulu hati letakkan bantal di bagian atas sehingga posisi menjadi lebih tinggi. Dengan demikian sakit di bagian ulu hati akan segera teratasi. Agar posisi tidur Anda bisa selalu miring ke kiri Anda bisa menggunakan bantal untuk menyangga badan bagian punggung dan perut sehingga posisi tidur menjadi lebih nyaman.

Ibu hamil harus berusaha semaksimal mungkin untuk tidur dengan nyaman dan nyenyak sebab meningkatnya hormon kehamilan mengakibatkan ibu hamil susah tidur, padahal jika ibu hamil sampai kurang tidur keluhan kehamilan akan muncul silih berganti. Beberapa hal yang membuat ibu hamil sulit tidur antara lain adalah mual, sakit kepala, sering buang air kecil dan stress.
[baca juga : susah tidur saat hamil, atasi dengan ini]

Aktifitas Agar Tidur Ibu Mengandung Nyenyak


Selain menerapkan posisi tidur yang benar ibu hamil perlu melakukan beberapa aktifitas yang bisa menunjang sempurnanya istirahat malam. Beberapa aktifitas itu antara lain adalah sebagai berikut :

  • Bangun tidur dalam waktu yang sama setiap hari, umpama bangun jam setengah lima ya setengah lima terus
  • Jangan berolahraga menjelang tidur
  • Minum segelas susu menjelang tidur
  • Jangan minum minuman berkafein sebelum tidur seperti kopi dan teh
  • Lakukan olahraga ibu hamil secara rutin seperti senam kehamilan, senam yoga dan sejenisnya

Cara tidur untuk ibu mengandung pada intinya adalah agar tidur ibu hamil nyenyak dan berkualitas sehingga Anda bisa tidur dengan posisi selain yang tertulis di atas asalkan nyaman dan tidak menekan bagian perut. Selain tidur dengan posisi yang baik Anda harus melengkapi nutrisi kehamilan dengan banyak mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi agar kehamilan bisa Anda jalani dengan baik tanpa ada masalah yang serius. Demikian informasi yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top